9 Cara Menghilangkan Noda Membandel pada Baju Warna Putih

Kezia Prasetya Christvidya04 Mar 2021, 15:35 WIB
Diperbarui 04 Mar 2021, 15:35 WIB
mencuci-kezo

Fimela.com, Jakarta Baju putih adalah baju yang sering digunakan oleh setiap orang. Baju putih adalah baju yang susah dibersihkan, jika terdapat noda yang menempel atau warnanya berubah menjadi kuning kusam.

Akan sangat menyebalkan kalau terdapat noda di baju yang berwarna putih, apalagi jika baju putih kelunturan baju warna lainnya. Sebenarnya noda atau warna lain yang melunturi baju putih ini bisa dihilangkan dengan cairan pemutih, tetapi cairan tersebut bahannya sangat keras dan akan merusak baju putih.

Agar warna baju putih bisa kembali cerah dan noda hilang, Fimela memiliki beberapa cara menghilangkan noda membandel pada baju warna putih.

 

Cara Menghilangkan Noda

ilustrasi baju putih/Dinh Ng/unsplash
ilustrasi baju putih/Dinh Ng/unsplash

1. Soda Kue

Soda kue adalah bahan dapur yang biasanya digunakan untuk mengembangkan kue. Kalau kamu memiliki baju putih yang terkena noda, rendam baju putih di larutan 2 liter air yang dicampur soda kue. peroksida dan beri cairan pencuci piring. Kemudian bilas hingga baju bersih.

2. Amonia

Kalau baju putih terkena noda membandel seperti darah, noda ini dapat dihilangkan dengan merendam baju putih dalam 2 liter air yang diberi amonia dan hidrogen peroksida. Saat merendam baju putih dengan amonia, usahakan ditaruh di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan gunakan sarung tangan.

3. Aspirin

Selanjutnya, kamu bisa menghilangkan noda membandel pada baju putih dengan menggunakan aspirin. Gunakan 2 hingga 3 butir aspirin ke dalam mesin cuci atau rendam baju putih di dalam air yang dicampur aspirin. Aspirin ini bisa membantu mengembalikan warna baju putih yang berubah menjadi warna kuning dan kusam.

 

 

Cara Menghilangkan Noda yang Selanjutnya

ilustrasi Cara Menghilangkan Noda/Tamara Bellis/unsplash
ilustrasi Cara Menghilangkan Noda/Tamara Bellis/unsplash

4. Roti Gandum Putih

Selain bisa dimakan, ternyata roti gandum putih bisa digunakan untuk menghilangkan noda membandel yang menempel di baju putih, seperti lipstik atau foundation yang menempel di baju. Roti gandum putih bisa digosokkan ke area baju yang ternoda, lalu cuci dengan deterjen sampai bersih.

5. Pembersih Kaca

Kalau ada noda spidol yang menempel pada baju putih, gunakan pembersih kaca untuk membersihkannya. Caranya dengan menyemprotkan pembersih kaca ke bagian noda, diamkan selama 5 menit dan bilas menggunakan deterjen sampai bersih.

6. Asam Borat

Keringat bisa menyebabkan baju putih berubah warna menjadi kuning. Untuk mengembalikan warna kuning tersebut, oleskan asam borat yang dilarutkan di dalam air, biarkan selama 20 menit dan bilas hingga baju bersih.

Cara Menghilangkan Noda yang Terakhir

ilustrasi baju putih/Charisse Kenion/unsplash
ilustrasi baju putih/Charisse Kenion/unsplash

7. Kapur

Kalau ada minyak yang menempel di baju putih, kamu bisa menggunakan kapur untuk menghilangkan noda tersebut. Caranya dengan menggosokkan kapur ke area noda yang menempel di baju putih, sebelum mencuci baju putih dengan deterjen, karena kapur dapat menyerap dan mengangkat minyak yang menempel di baju.

8. Bubuk Pencuci Piring

Bubuk yang biasanya digunakan untuk mencuci piring, juga bisa digunakan untuk mengembalikan baju warna putih terlihat seperti baru. Kamu bisa mencampurkan bubuk pencuci piring dengan deterjen, untuk mencuci baju yang berwarna putih.

9. Lemon

Cara menghilangkan noda memandel yang menempel di baju putih yang terakhir, yaitu menggunakan perasan air lemon. Kamu bisa merendam baju putih di dalam air lemon yang dicampur air, kemudian bilas menggunakan deterjen sampai bersih.

Lanjutkan Membaca ↓