Sukses

Fashion

Diary Fimela: Kisah Brand Tas Lokal yang Menembus Pasar Internasional dan Berkolaborasi dengan Nagita Slavina

Fimela.com, Jakarta Brand fashion lokal kini tak kalah dengan brand-brand luar lainnya dalam segi desain kualitas. Bahkan kita tidak menyangka jika desain tersebut berasal dari produk lokal.

Salah satu brand lokal yang patut diacungi jempol ialah brand tas dan aksesori, Rounn. Dari segi desain, produknya terlihat seperti produk luar negeri. Padahal asli buatan anak bangsa yang diproduksi oleh CV ROUNN Indonesia, yang digawangi oleh Ivan Tiono & Jessica Ariella.

Jessica Creative Director ROUNN mengatakan jika brand yang telah diluncurkan di tahun 2014 ini hadir karena kegelisannya dahulu mencari tas yang tidak ingin sama dengan orang lain. Maka, mereka berdua berfikir untuk memulai bisnis tas namun menyediakan layanan custom seperti pemilihan warna dan inisial nama pada produk pesanan pelanggan, yang akhirnya menjadi personal signature.

“Perjalanan ROUNN dimulai 6 tahun lalu saat munculnya kebutuhan memiliki tas custom. Akhirnya bikin ROUNN, tas dengan design klasik dan unik yang bisa custom seperti memilih warna," ujar Jessica.

Setelah lahir Rounn, Ivan dengan latar belakangnya sebagai Arsitek, mengambil peran untuk branding & marketing ROUNN yang memiliki strategi pemasaran seperti melakukan kolaborasi dengan selebriti dan para influencer dunia fashion seperti Caren Delano, Olivia Lazuardy, Sandra Dewi, Richard Kyle, Malvava, Karla Jasmina, Michele Quann. Salah satu pencapaian teranyar adalah kolaborasi bersama Nagita Slavina

Ivan mengatakan di bulan April ini, kolaborasi ROUNN x Nagita Slavina menghadirkan koleksi GIGI TOTE BAG bertajuk Aurora. 

Strategi tersebut ternyata mampu menjaring banyak pelanggan baik dari dalam negeri sampai membuka pintu brand ini masuk ke ranah internasional seperti Singapore, Malaysia, Thailand, Taiwan, Australia, UAE, Lebanon, Italy, UK dan Amerika.

“Kami bersyukur Rounn mampu membawa produk lokal berkualitas masuk ke dalam pasar Internasional tanpa dipandang sebelah mata, dengan demikian ternyata bisa mendongkrak penjualan di dalam negeri juga, apalagi saat semangat local proud merebak belakangan ini,” Ujar Ivan.

 

Di gandrungi para pecinta fashion

Setelah perjalannya panjangnya, kini Rounn telah menjelma menjadi Brand lokal yang sangat digandrungi oleh para penggiat fashion, khususnya di kota-kota besar.

Selain memproduksi tas, juga menyediakan berbagai aksesori penunjang penampilan perempuan lainnya seperti dompet, keychain, lanyardyang trendy & stylish. Ada pula koleksi sepatu baik untuk pria dan perempuan.

“Dalam perjalanan kami selama 7 tahun, ternyata perbedaan skill dan karakter kami berdua menjadi kekuatan bagi ROUNN, kami saling melengkapi, saling belajar dan saling menutupi kelemahan masing-masing, di tengah masa yang tak mudah, ROUNN tetap kuat berdiri," papar mereka berdua.

Strategi di masa pandemi

Tak bisa dipungkiri pandemi membawa imbas terhadap industri fashion dan retail secara global termasuk Rounn. Namun inovasi akhirnya menyelamatkan eksistensi Rounn.

Berpegang pada misi untuk memberikan kualitas yang setara dengan produk internasional, Ivan dan Jessica menerapkan berbagai inovasi tidak hanya pada pengembangan produk, namun strategi pemasaran, mulai dari pengembangan sarana penjualan digital hingga strategi berkomunikasi dengan para pelanggan sehingga kepuasan pelanggan bisa terus dijaga, yang membuahkan hasil manis, para pelanggan menjadi pelanggan setia dan fanatik, yang selalu menanti produk terbaru ROUNN , termasuk inovasi pengembangan produk sepatu baik untuk perempuan dan laki-laki.

"Tim desain dan produksi kami bekerja dengan memperhatikan trend fashion global yang selalu berubah. Proses produksi pun juga sangat kami perhatikan agar hasilnya bisa memuaskan konsumen" tambah Ivan.

Semua produk bisa didapatkan dengan mengaksesnya lewat situs resmi ROUNN.com, Instagram, dan berbagai ecommerce.

 

 

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading