Sukses

Fashion

Jokowi Kenakan Pakaian Adat Tanah Bumbu di Upacara Virtual Hari Pancasila

Fimela.com, Jakarta Upacara peringatan hari Pancasila digelar secara virtual dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi ) sebagai inspektur upacara di Istana Kepresidenan Bogor dan halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri Jakarta pada Selasa (01/6/2021).

Sedikit berbeda dari tahun lalu yang keseluruhan virtual, upacara hari Pancasila tahun ini digelar secara hybrid dengan Presiden Jokowi berada di Istana Kepresidenan Bogor, sementara peserta upacara berada di halaman gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri Jakarta. Seluruh menteri Kabinet Indonesia Maju pun hadir secara virtual.

Disiarkan melalui YouTube BPIP, Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara dengan mengenakan pakaian adat dari Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Pakaian adat yang dikenakan Jokowi ini memiliki dominan warna hitam yang dipaduka dengan inner putih dan penutup kepala berwarna hijau yang memiliki motif serupa dengan kain yang juga ia kenakan.

Dalam unggahan di instagram pribadinya, Jokowi menyebut bahwa Pancasila kini menghadapi tantangan globalisasi. Di mana menurutnya berbagai kemudahan untuk berinteraksi lintas negara bisa menjadi celah bagi ideologi trans-nasional radikal untuk merambah ke seluru pelosok Indonesia.

 

Pidato Jokowi

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

"Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif, memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju yang kita cita-citakan," ungkap Jokowi.

Di tengah suasana pandemi yang masih melanda, Jokowi juga menyebut bahwa nilai persatuan dan gotong royong dalam Pancasila dapat menjadi pegangan untuk kembali melewati masa sulit.

"Bangsa yang besar ini telah melayari pelbagai zaman dengan berpedoman kepada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Berpegangan pada nilai-nilai itu pula, dengan persatuan dan gotong royong, kita akan kembali melewati masa-masa sulit ini, dan keluar sebagai pemenangnya," kata Jokowi.

Dalam upacara tersebut, Ketua MPR Bapak Bambang Soesatyo membacakan teks Pancasila, Ketua DPR Ibu Puan Maharani membacakan teks pembukaan UUD 1945, dan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Bapak Muhadjir Effendy memimpin pembacaan doa, menjalankan tugas secara virtual dari lokasi masing-masing.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading