8 Cara Merasa Cantik dan Menarik Seiring Bertambahnya Usia

Novi Nadya24 Jun 2021, 17:30 WIB
Diperbarui 24 Jun 2021, 17:30 WIB
ibu dan anak perempuan

Fimela.com, Jakarta Sebagai seorang model di era 70-an, Dr. Vivian Diller yang juga berprofesi sebagai psikolog selama lebih dari 20 tahun membagikan pengalamannya tentang apa yang membuat perempuan merasa cantik dan menarik seiring bertambahnya usia. Bukan rekomendasi skincare atau obat-obatan namun hal-hal yang benar-benar dari dalam diri yang akhirnya memancarkan kecantikan di luar.

Di era inklusif dan pergeseran makna kecantikan, ia ingin para perempuan lebih memahami diri sendiri sehingga dapat merasakan hal yang menarik dari dalam diri serta memiliki penampilan terbaik. Penulis buku "What really makes women feel attractive for life?" itu pun mendapatkan jawabannya dari hasil wawancara ratusan model perempuan, psikolog, eksekutif perusahaan, ibu rumah tangga, dan semua perempuan dari segala lapisan.

 

Jawaban dan respons mereka mengungkap sejumlah kesamaan yang mengejutkan. Berikut delapan cara merasa cantik dan menarik di segala usia dari Psikolog  Dr. Vivian Diller melansir dari Oprah;

 

 

1. Kepercayaan Diri dari Luar dan Dalam

Ibu dan Anak
Ilustrasi ibu dan anak perempuan/copyright shutterstock

Kecantikan adalah tentang kepercayaan diri. Itu jawaban paling banyak diberikan para perempuan tentang kecantikan. Hal itu juga dibenarkan Founder agensi Wilhelmina Models Wilhelmina Cooper yang mengatakan "Para model yang tampil percaya diri menarik untuk direkrut klien tak peduli penampilannya seperti apa."

Pernyataan itu juga membuktikan jika sukses menjadi model bukan tentang menjadi yang tercantik atau paling sempurna. Melainkan mengasah kepercayaan diri dan berlaku untuk semua perempuan pada usia berapa pun.

 

2. Fokus Pada yang Kita Miliki, Bukan Pada Apa yang Tidak Dimiliki  

Ilustrasi ibu dan anak
Ilustrasi ibu dan anak (Dok.Unsplash)

 

Kedengarannya berlawanan dengan intuisi, tetapi jika menyangkut perasaan cantik, penting untuk mengingat poin ini karena perempuan yang fokus pada fitur yang mereka sukai (ketimbang yang tidak disukai) menggunakannya untuk menampilkan citra diri mereka dan merasa semakin menarik. 

Lihatlah diri sendiri dan pilih salah satu fitur yang disukai. Misalnya pergelangan tangan, maka pakailah jam tangan eye catching. Rambut yang tebal? pilihlah ikat rambut menarik, dan sebagainya.

 

3. Senyum bersinar bekerja luar biasa

Ilustrasi
Ilustrasi ibu dan anak. (dok. Pexels/Elly Fairytale)

Senyuman seorang perempuan dikaitkan sebagai satu-satunya fitur fisik terpenting yang membuat dirinya dipandang menarik. Ya, perempuan yang menarik perhatian adalah karena senyum mereka yang luar biasa.

Senyuman berfungsi untuk membawa apa yang dirasakan dari dalam ke luar, tanpa memandang usia mereka. Senyuman paling tulis adalah facelift terbaik yag bisa kita miliki, plus bonus gratis dan alami.

 

4. Temukan Kembali Penampilanmu

Ibu di Inggris Buat Surat Perjanjian Bagi Teman Anaknya yang Menginap
Ilustrasi menginap. (dok. unsplash/Novi Thedora)

Fleksibilitas adalah kunci sebab perempuan yang menemukan kembali gaya mereka dapat membuatnya merasa menarik seiring bertambahnya usia. Melepaskan citra diri kita sebelumnya tidak berarti mengabaikan diri sendiri.

Sikap fleksibel terhadap kecantikan mengarah pada kemampuan untuk menyesuaikan gaya dan selera fashion. Dan merupakan kunci untuk menikmati penampilan kita pada usia berapa saja.

 

5. Sensualitas dari 16 dan 60

ibu dan anak dewasa
ilustrasi ibu dan anak/copyright by DisobeyArt (Shutterstock)

Seiring bertambahnya usia, kita mungkin mendapati kerutan di wajah atau warna gigi yang tak lagi cerah. Tapi kita tidak harus meninggalkan kemampuan untuk terhubung dengan orang lain dengan cara yang sensual.

Sensualitas bisa diartikan dengan perasaan dan penampilan menarik pada usia berapa pun. Dari usia belasan para remaha hingga paruh baya dan seterusnya. Perempuan yang merasa menarik seiring bertambahnya usia mengatakan mereka tidak pernah bisa melupakan kapasitasnya menjadi sensual dan mempertahankannya hingga usia 60-an dan seterusnya.

 

6. Tinggalkan Persaingan karena Kecantikan

ibu dan anak perempuan dewasa
ilustrasi ibu dan anak/copyright by Dragon Images (Shutterstock)

Penting untuk diingat jika kecantikan adalah tentang mencari yang terbaik seiring bertambahnya usia ketimbang bersaing dengan orang lain. Perempuan yang mengatakan jika mereka merasa menarik seiring bertambahnya usia fokus untuk merasa sehat, kuat, dan vital, bukan lebih muda 

Sebab persaingan dengan perempuan lebih muda tentu tidak akan ada habisnya. Mereka tidak fokus untuk memiliki kulit paling glowing, pinggang kecil, bibir plumpy. Karena mereka memilih keluar dari perlombaan karena tahu tidak bisa menang dan menyalurkan energi untuk mencapai yang terbaik.

 

7. Ganti Anti-aging dengan Healthy Aging

ibu dan anak perempuan dewasa
ilustrasi ibu dan anak perempuan/copyright by Krakenimages.com (Shutterstock)

Kata-kata "penuaan yang sehat" selalu lebih masuk akal ketimbang "anti-penuaan" yang awareness-nya digabung media dan industri kecantikan. Operasi plastik dan prosdur kosmetik menjadi opsi jalan pintas untuk tetap mempertahankan kulit awet muda.

Perempuan yang bicara tentang perasaan dan penampilan akan lebih menarik seiring bertambahnya usia karena lebih fokus untuk memperpanjang kesehatan tubuh dan kulit mereka daripada mencoba menghentikan waktu untuk memperbaiki diri sendiri. Mereka beradaptasi dengan perubahan dan pada akhirnya merasa menarik berdasarkan bagaimana berpenampilan.

 

8. Lihat Diri Sebagai Contoh untuk Generasi Selanjutnya

ibu dan anak
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Janon Stock

Tips terbaik yang banyak didengar dari para perempuan yang menua dengan anggun adalah mereka memposisikan diri sebagai panutan atau contoh bagi generasi berikutnya. Mereka merasa bertanggung jawab menunjukkan jika menjadi menarik di usia berapa pun bukan sebuah kemungkinan, tapi makna cantik dapat diperluas dan diperdalam seiring pertambahan umur.

Mereka tidak panik saat penampilannya berubah, sehingga tubuh dan wajah mereka terlihat lebih tenang dan santai. Pada pertemuan sosial dan profesional, mereka menunjukkan jenis ketenangan dan keanggunan yang ingin kelak ditiru oleh putri dan rekan kerja yang lebih muda. 

Mereka mengatakan berutang pada diri sendiri dan orang lain untuk melihat masa depan dengan optimistis sehingga dapat memberikan kepercayaan diri tersebut pada orang lain. Kekuatan dan kecantikan tercermin dengan kuat di wajah dan tubuh mereka untuk dilihat semua orang. 

Simak Video Berikut

#Elevate Women 

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 23 JULI 2021