Asal-Usul Kalung Berlian Riviere Favorit Nagita Slavina-Ayu Ting Ting

Novi Nadya04 Jul 2021, 15:00 WIB
Diperbarui 04 Jul 2021, 15:00 WIB
Kalung Berlian

Fimela.com, Jakarta Kalung berlian riviere yang juga sering disebut listring, eternity, line dan tennis terus berevolusi. Memang tidak ada yang tahu persis kapan kalung berlian riviere ini muncul, namun naturaldiamonds.com menuliskan ada teori di baliknya.

Banyak yang percaya jika asal-usul kalung berlian berasal dari tahun 1881 saat Napoleon menghadiahkan istri keduanya Marie Louise sebuah permata yang terdiri dari 28 berlian potongan tambang yang menggantung dengan pola pikiiran berbentuk buah pir. Meski tidak ada definisi sebagai model riviere namun kalung tersebut menampilkan akar gaya desain dalam elemen kalung choker.

 

Apalagi kalung yang kini menjadi bagian dari koleksi Smithsonian itu memiliki penamaan Prancis yang secara harfiah diartikan sunga. Dalam dunia perhiasan bisa diartikan sebagai sungai permata.

Kalung yang memiliki pengucapan riv-ee-air dalam bahasa Inggris dan ree-vyer (Prancis) yang kita kenal sekarang menjadi populer setelah penemuan Tambang Kimberley tahun 1871 di Afrika Selatan saat berlian mengalir ke pasar barat. Seiring waktu, ada sedikit variasi dalam penampilannya, perbedaan besar dalam cara dan di mana ia dipakai.

 

 

Dari Bangsawan Sampai Pesohor Hollywood

Pangeran Charles diapit Ibu Suri Ratu Elizabeth dan Putri Margaret. (Instagram/ royalcollectiontrust)
Pangeran Charles diapit Ibu Suri Ratu Elizabeth dan Putri Margaret. (INP / AFP)

Ratu Mary dari Inggris memiliki set diamond riviere 100 karat yang dibuat sekitar tahun 1900 untuk melambangkan gayanya. Selaman pertengahan abad ke-20, Putri Margaret, saudara perempuan Ratu Elizabeth II mewarisi permata tersebut dan sering memakainya sebagai perhiasan tunggal atau menggabungkan dengan perhiasan lainnya. 

Di Hollywood pada era yang sama, berlian riviere dan gaun strapless menjadi formula sebagai eveningwear sempurna. Rita Hayworth menunjukkan keseksian aksesori kalung riviere saat memakai gaun satin untuk penampilannya di "Put the Blame on Mame". 

Kini kalung berlian riviere pun menjadi favorit selebritas Hollywood. Sederet bintang seperti Angelina Jolie, Zoe Kravitz, Jennifer Lawrence, sampai Dakota Johnson terlihat memakainya saat melenggang di karpet merah. Seperti kalung berlian Tiffany yang dikenakan Zoe Kravitz di Emmy 2017 dengan total harga sekitar 440.000 Dolar AS atau sekitar Rp6 miliar.

 

 

Evolusi Gaya Formal

Dakota Johnson Tampil Seksi dengan Gaun Hitam di TIFF 2019
Aktris Dakota Johnson tiba menghadiri pemutaran film "The Friend" di Toronto International Film Festival di Toronto, AS (6/9/2019). Dakota Johnson tampil seksi mengenakan gaun hitam menerawang Dior. (AFP Photo/Geoff Robin)

Namun kalung riviere pun kembali berevolusi menghilangkan reputasi gaya formalnya saat dipasangkan dengan jeans dan kaus, bahkan dipakai saat berolahraga oleh para selebritas, stylist, dan desainer perhiasan. Seperti Behati Prinsloo dan Gigi Hadid, keduanya pernah terlihat memakai berlian rivieres Jacquie Aiche dengan gaya streetwear.

Perubahan cara pakai kalung berlian riviere secara lebih modern juga ikut mengubah nama kalung itu sendiri. Sebab karena nama yang cukup sulit dan banyak yang melakukan kesalahan pengucapan, beberapa desainer perhiasan menamai ulang berlian tersebut. 

Salah satu alternatif yang populer adalah kalung berlian eternity atau keabadaian. Variasi nama lainnnya adalah kalung tenis berlian atau diamond tennis.

Tak peduli disebut apa, permata berlian adalah harta karun untuk ditambah ke koleksi apa pun. Mereka terlihat spektakuler dikenakan tunggal atau kalung berlapis.

 

Simak Video Berikut

#Elevate Women 

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela