Sukses

Fashion

3 Bahaya yang Mengintai Akibat Memakai Baju Baru Tanpa Dicuci Terlebih Dahulu

Fimela.com, Jakarta Beberapa orang memiliki kegemaran mengenakan baju baru tanpa mencucinya terlebih dahulu. Sebab, umumnya baju baru memiliki garis lipatan yang masih rapi dan aroma khas baju baru.

Padahal baju baru yang belum dicuci berisiko terhadap berbagai masalah kesehatan. Melansir dari Daily Mail, berbagai penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan mengenakan pakaian baru tanpa dicuci berdampak buruk bagi kesehatan kulit dan berisiko terkena kanker.

Lana Hogue, pakar tekstil menjelaskan jika baju yang baru dibeli dari toko dan langsung dipakai tanpa dicuci terlebih dahulu meningkatkan risiko terkena kuman dan bakteri dari pengunjung toko yang sebelumnya mencoba baju itu.

Selain itu, terdapat beberapa alasan mengapa baju baru harus dicuci terlebih dahulu. Melansir dari The Spurce berikut ini penjelasan selengkapnya.

1. Picu reaksi alergi

Salah satu alasan mengapa baju baru harus dicuci terlebih dahlu adalah untuk menghilangkan zat pewarna tambahan pada pakaian yang dapat ditransfer ke kulit atau pakaian lainnya.

Perlu diketahui, sebagian besar kain yang terbuat dari serat sintetis (poliester - akrilik) diwarnai dengan pewarna azo-anilin. Pewarna ini dapat menyebabkan reaksi kulit, terutama anak kecil yang lebih rentan terhadap masalah kulit ini.

Jika alergi semakin parah, ruam akan menyebar menyebabkan bercak kulit yang kering dan meradang. Untuk itu, segera cuci pakaian barumu setelah dari toko.

2. Berisiko terinfeksi bakteri, jamur, dan serangga

Baju baru melewati berbagai proses penyimpanan. Mulai dari pabrik, Gudang, hingga ke etalase toko. Di toko, pakaian juga dicoba oleh banyak calon pembeli dengan berbagai macam jenis kulit.

Sehingga memungkinkan untuk mentransfer kutu, kudis, bakteri, dan jamur dari satu orang ke orang lain ketika pakaian dicoba. Akibatnya, kamu akan mengalami berbagai masalah kulit, salah satunya ruam kulit.

3. Bisa sebabkan iritasi kulit

Pakaian baru memiliki lapisan kimia seperti Urea-formaldehida yang produsen pada pakaian untuk meningkatkan warna atau tekstur. Hasil akhir tidak akan mengganggu semua orang, tetapi jika kamu memiliki kulit sensitif, maka kulitmu akan mengalami iritasi.

Urea-formaldehida sering kali merupakan bahan kimia yang digunakan untuk mencegah  pembentukan jamur pada pakaian yang harus dikirim jarak jauh dalam wadah yang panas dan lembab dari Asia dan Amerika Selatan ke Amerika Serikat. Ini memiliki bau yang sangat tajam yang akan tertinggal di kain sampai pakaian dicuci.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading