Anti Minder, Berikut 6 Trik Fashion Untuk Kamu yang Memiliki Badan Plus Size

Fimela Reporter26 Jul 2021, 20:00 WIB
Diperbarui 26 Jul 2021, 20:00 WIB
Anti Minder, Berikut 6 Trik Fashion Untuk Kamu yang Memiliki Badan Plus Size

Fimela.com, Jakarta Mungkin banyak orang yang masih menganggap bahwa ukuran badan yang ideal adalah badan yang kurus dan ramping. Hal itulah yang mendasari masih banyaknya orang yang melakukan body shamming terhadap bentuk tubuh seseorang. 

Adanya realitas seperti ini juga membuat banyak orang yang memiliki badan plus size menjadi tidak percaya diri karena dianggap bentuk badannya tidak ideal seperti standar kecantikan yang berlaku.

Jangan khawatir, saat ini dunia fashion telah berubah, dan perempuan dengan ukuran plus size sudah bisa diterima dan dianggap normal seperti perempuan lainnya. 

Setiap perempuan yang percaya diri akan dirinya cantik, terlepas dari ukuran serta warna kulitnya, akan terlihat cantik dengan caranya sendiri. Ini semua tentang proporsi, keseimbangan, dan aksesori yang tepat agar bisa terlihat pasa dalam bergaya dengan baju apapun.

Maka dari itu, berikut 6 trik fashion yang bisa kamu coba bagi kamu yang memiliki ukuran badan plus size agar bisa terlihat lebih percaya diri.

1. Gunakan aksesoris atau perhiasan

Anti Minder, Berikut 6 Trik Fashion Untuk Kamu yang Memiliki Badan Plus Size
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

“If you want to highlight your strengths and hide your flaws, then take the attention away from your flaws,” ujar Susan Moses, seorang stylist dilansir dari Glamour. 

Dengan mengenakan perhiasan seperti kalung choker ataupun perhiasan lainnya yang bisa mengalihkan perhatian setiap orang yang melihatnya, maka kenakan aksesoris itu agar orang-orang teralihkan perhatiannya. 

2. Hindari pakaian yang terlalu ketat

Tipe pakaian yang terlalu ketat atau bodycon hanya akan menunjukkan sisi kamu yang salah, dan malah menimbulkan hilangnya kepercayaan dirimu.

Namun kamu bisa menggunakan tipe pakaian ketat ini sebagai pakaian pendukung saja. Seperti contohnya, jangan menggunakan legging sebagai celana. 

Susan Moses menyarankan, pemakaian legging bisa kamu kombinasikan dengan penggunaan mini dress agar badanmu yang terlihat besar, khususnya di bagian paha bisa tertutupi oleh dress yang kamu kenakan.

3. Gunakan pencil skirt

Anti Minder, Berikut 6 Trik Fashion Untuk Kamu yang Memiliki Badan Plus Size
A MONOCHROMATIC SWEATER AND PENCIL SKIRT. Sumber : purewow.com.

Walaupun kamu tidak dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang ketat seperti bodycon, namun jangan ragu untuk menggunakan pencil skirt atau rok pensil yang didesain mengecil pada bagian bawah. 

Kombinasikan dengan menggunakan blus yang longgar agar kamu terlihat lebih seimbang dalam memadukan rok tersebut. 

“Lekuk badanmu akan terlihat lebih panjang dan inilah yang memberikan kesan keseimbangan yang baik pada tubuhmu,” ujar Susan Moses dilansir dari Glamour

4. Gunakan sepatu yang cocok

No outfit is complete without the right shoes.

Jangan pernah memakai sepatu berbentuk persegi atau chunky yang bisa membuat kakimu terlihat lebih gemuk. Selain itu, hindari pula tali di sekitar pergelangan kaki karena membuat kakimu terlihat lebih pendek. 

Sebaiknya, pilihlah sepatu dengan ujung runcing dengan hak tinggi dan warna netral yang membuat kakimu terlihat lebih panjang dan penampilanmu akan jauh lebih sempurna.

5. Gunakan ikat pinggang yang lebar

Anti Minder, Berikut 6 Trik Fashion Untuk Kamu yang Memiliki Badan Plus Size
Didominasi warna putih, Jessica Chastain mengenakan dress koleksi dari Valentino Resort 2022 dengan belt cokelat lambang Valentino. (Dok. Valentino)

Dilansir dari looksgud.com, sabuk pinggang harus selalu ada di setiap pakaian yang kamu kenakan. Namun, ini akan membantumu terlihat lebih ramping.

Jika kamu perlu menekan perut dalam menyembunyikan lemak perut, maka ikat pinggang yang lebar ini akan membantumu lebih mudah dalam menyembunyikan itu. Penggunaan ikat pinggang ini juga akan menciptakan ilusi pinggangmu terlihat lebih kecil. 

6. Jangan bersembunyi dari lekuk tubuhmu

Percayalah, lekuk tubuhmu indah. Jika kamu mengenakan pakaian dengan model oversize, hal itu sebenarnya akan membuat kamu terlihat lebih besar. 

Walaupun pada penjelasan sebelumnya kamu tidak dianjurkan untuk mengenakan pakaian yang ketat karena akan memberikan efek yang membuat tubuh terlihat lebih besar, namun di sinilah triknya.

Aturannya di sini adalah selalu memperhatikan proporsi tubuhmu dan menonjolkan aset terbaikmu. Dengan menambahkan ikat pinggang ke pakaianmu akan membantu kamu menciptakan bentuk tubuh hourglass dan hal inilah yang berkontribusi untuk memamerkan lekuk tubuh yang indah. 

Yang perlu kamu tanamkan dalam pikiranmu, jangan pernah lupa bahwa kamu cantik dengan caramu sendiri. Maka dari itu, selalu tampil percaya diri, ya!

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓