4 Makna Bunga Pada Kebaya Lesti Kejora di Serangkaian Acara Pernikahannya

Anisha Saktian Putri30 Agu 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 30 Agu 2021, 10:00 WIB
Makna Bunga Pada Kebaya Lesti Kejora di Serangkaian Acara Pernikahannya

Fimela.com, Jakarta Lesti dan Billar telah menyelesaikan rangkaian pernikahannya. Dalam serangkaian acara tersebut mulai dari lamaran hingga tasyakuran, Lesti kerap tampil mengenakan kebaya yang menarik perhatian.

Di balik kebaya indah Lesti ternyata dibuat oleh desainer Renzi Lazuardi. Renzi mengatakan jika kebaya ia buat untuk Lesti memiliki filosof dan makna. 

Dari baju lamaran hingga akad Renzi menggunakan filosofi keindahan beberapa bunga. Maka tak heran jika kebaya Lesti memiliki detail bunga pada setiap desainnya.

Penasaran bunga apa saja yang menjadi inspirasi dan apa makna di balik bunga tersebut? Mari kita ulas.

1. Kebaya Lamaran

Simpel namun sarat makna, dari bagian bordirnya terdapat bentuk bunga di bagian dada dan punggung.Motif bunga yang dipakai Renzi ialah Bluebell. Dengan makna bagus dan cocok untuk mereka.

Bunga Bluebell adalah simbol kerendahan hati, keteguhan, rasa syukur, dan cinta abadi.. Disebutin juga kalau kita membalikkan Bluebell tanpa merobeknya, kita akan memenangkan orang yang kita cintai.

Untuk jumlah bunganya, dibuat total 24, 12 di depan, 12 di belakang. Sesuai tanggal jadi mereka.. Di bagian sayap tile dibikin taburan bunga yang jumlahnya 24 juga, masing-masing bunga terdiri dari 7 kelopak, simbol dari tanggal 24 bulan 7.

2. Pengajian

Kebaya pengajian Lesti didominasi warna pink, detail bordir yang terdapat di kerudung, dada, menggunakan motif bunga Queen Anne’s lace.

Bunga ini memiliki arti Tempat Berlindung/Berteduh yang membuat kita merasa aman. Dimana arti itu sangat cocok dengan keluarga. Bunga ini juga sebagai penanda cinta dan komitmen yang diperlukan untuk membangun rumah yang bahagia.

3. Siraman

Saat siraman, Lesti mengenakan kebaya hijau zaitun dengan detail bunga Anggrek Cattleya di pinggang kebaya.

Makna dari bunga ini, Renzi mengatakan Anggrek dipergunakan sebagai simbol kemewahan, rasa cinta dan keindahan selama bertahun-tahun. Selain itu Anggrek memiliki banyak makna yang dalam diantaranya ‘Akhir yang indah dari sebuah penantian’.

Dimana kita diingatkan agar selalu sabar dalam mencapai tujuan dan jangan gampang menyerah karena keadaan. Dari sekian banyak jenis Anggrek, dipilihlah Cattleya, selain karena bentuknya yang indah, rumah pertama Lesti yang dibeli dari hasil keringat dan kerja kerasnya sehingga bisa seperti sekarang berada di cluster Cattleya..

4. Akad

Saat Akad Lesti mengenakan pakaian adat Sunda didominasi warna putih dengan detail peplum di bagian pinggang yang terinspirasi dari kelopak bunga Calla Lily yang sedang mekar.

Renzi mengatakan selain warna bunganya yang juga putih, makna pun bagus dan sangat dalam. Bunga ini memiliki 3 makna utama: Kemurnian, Kesucian, dan Keyakinan. Dengan motif payet bentuk padi di leher, ujung lengan, kerudung, bagian bawah, dan peplum, yang terinspirasi dari kampung halaman Lesty di Cianjur sebagai penghasil padi berkualitas.

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela