Sukses

Fashion

5 Fakta Menarik Met Gala 2021, Acara Galang Dana Bertabur Selebritis Top Dunia

Fimela.com, Jakarta Setelah sempat ditiadakan di tahun 2020 akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia, Metropolitan Museum of Arts’s Costume Institute Gala alias Met Gala akhirnya kembali digelar tahun ini, Senin (13/9/2021). Eksis sejak 1948, Met Gala merupakan acara amal tahunan yang rutin diselenggarakan Senin pertama di bulan Mei oleh Metropolitan Museum of Art (MET) di New York, Amerika Serikat.  

Dijuluki Oscar-nya fashion, Met Gala turut dimeriahkan oleh sederet selebriti A-List, public figur berpengaruh dunia, dan sosialita hits yang tampil sempurna dan memukau dalam balutan busana spektakuler di acara Met Gala

Hal ini tentu tak mengherankan mengingat seseorang yang berhasil mendapatkan undangan ke acara prestise nan eksklusif tersebut menjadi suatu kehormatan tersendiri bagi mereka.

Selain itu, biasanya tamu undangan yang hadir harus mengenakan dress code sesuai dengan tema yang ditentukan. Setelah melewati karpet merah, para tamu akan diajak untuk menikmati pameran sebelum formal dinner dimulai.

Mengingat kondisi dunia saat ini, tentu akan ada sejumlah penyesuaian lainnya. Lebih lanjut, berikut ini fakta menarik tentang Met Gala 2021, seperti dilansir dari laman Vogue.

 

1. Tema Met Gala 2021

Met Gala mengambil tema yang berbeda setiap tahunnya. Hal ini tentu menjadikan acara tahunan ini kian menarik di mata publik.

Kali ini, tema yang diambil adalah “fashion Amerika” dan pameran akan terbagi menjadi dua bagian. Pameran pertama bertema “In America: A Lexicon of Fashion” yang dipahami sebagai arti kemerdekaan negara ini. Pameran ini akan dibuka tanggal 8 September 2021. 

Sementara, pameran kedua bertemakan “In America: An Anthology of Fashion’ yang akan dibuka tanggal 5 Mei 2022. Pada pameran kedua ini, tim kuratorial museum akan Kerjasama dengan sutradara film Amerika untuk membuat adegan sinematik di setiap ruangan yang menggambarkan sejarah fashion Amerika. 

2. Chairs dan Co-chairs

Setiap tahun, Met gala memiliki sejumlah Co-Chairs atau wakil yang membantu menyelenggarakan acara tersebut. Sejumlah bintang muda berprestasi pun digandeng sebagai co-chair di ajang Met Gala 2021.

Seperti aktor Timothée Chalamet, penyanyi Billie Eilish, pemain tenis Naomi Osaka, dan penyair Amanda Gorman. Kabarnya, Billie Eilish akan menjadi host di Met Gala 2021. Penyanyi 19 tahun ini menjadi host termuda sejak MET Gala digelar pertama kali pada 1948.

Sementara desainer asal Amerika, Tom Ford, Head of Instagram, Adam Mosseri, dan Editor-in-Chief Majalah Vogue, Anna Wintour mendapat kehormatan sebagai Chairs atau pimpinan untuk gala kali ini.

3. Dress Code dan Red Carpet

Hal paling menarik dan ditunggu oleh semua orang dari Met Gala adalah kostum-kostum yang dikenakan para tamu undangan. Undangan telah disebarkan dengan ‘American Independence’ tertera sebagai dress code resmi yang ditentukan untuk gala. 

Harapannya, tema itu akan mengilhami pilihan item yang cerdas dan subvert, sekaligus sebagai suatu pernyataan atas isu terkini. Tujuannya tak lain adalah agar fashion memiliki makna, bukan hanya sekedar busana yang indah. Namun, aturan nomor satu adalah selalu mengharapkan yang tak terduga.

4. Protokol Kesehatan

Penyelenggaraan Met Gala 2021 menjadi pertanyaan di benak banyak orang di tengah tingginya kasus varian delta di AS. Namun, penyelenggara memastikan telah menerapkan protokol kesehatan sebagai pencegahan agar tidak terjadi penyebaran virus.

Selain itu, tamu undangan wajib telah divaksinasi sekaligus menjalankan tes Covid-19 sebelum tiba ke lokasi. Meja makan selama gala dinner akan diberi jarak agar lebih aman. Para tamu juga diharuskan selalu menggunakan masker, kecuali saat sedang makan dan minum.

Meskipun tahun ini lebih intim, Red Carpet juga masih akan digelar dengan beberapa penyesuaian berdasarkan protokol keselamatan Covid-19.

5. Tamu Undangan

Tamu undangan gelaran Met Gala tidak sembarangan dipilih dan daftarnya tidak dipublikasikan. Namun Rose BLACKPINK dikabarkan akan turut hadir di Met Gala 2021.

Rumor ini beredar setelah vokalis utama BLACKPINK terlihat keluar dari lokasi fitting rumah mode Yves Saint Laurent pada akhir pekan sebelumnya. Rose sendiri memang merupakan global ambassador untuk brand fashion mewah asal Prancis itu.

Untuk mengetahui siapa saja yang hadir secara pasti, tunggu kejutannya sampa acara tiba ya, Sahabat Fimela!

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading