Sukses

Fashion

Deretan Gaun Statement Bernafas Politik di Met Gala 2021, Apa Maknanya?

Fimela.com, Jakarta Setelah rehat tahun lalu, Met Gala 2021 resmi digelar di Metropolitan Museum of Art pada Senin (13/9/2021) waktu Amerika Serikat. Met Gala 2021 kembali dihadiri oleh sederet figur publik dengan busana yang mencuri perhatian.

Met Gala sendiri tidak hanya menjadi sebuah ajang penghargaan. Melainkan juga sebagai ajang adu busana dari sejumlah aktor, musisi, dan supermodel yang hadir. Bahkan beberapa tokoh memanfaatkan momen Met Gala sebagai kampanye dukungan sosial politik yang menjadi isu dunia.

Tahun ini, Met Gala mengambil tema In America: A Lexicon of Fashion. Tema ini diangkat pada Met Gala 2021 sebagai sebuah perayaan fashion Amerika yang menjadi tren pada masanya. Nafas Amerika yang kental di tema Met Gala 2021 menjadi inspirasi sejumlah tokoh untuk mengambil isu politik di busana yang mereka kenakan.

Ada beberapa sosok yang hadir di Met Gala 2021 dengan gaun statement dengan nafas politik. Siapa saja mereka?

 

1. Alexandria Ocasio-Cortez

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Alexandria Ocasio-Cortez (@aoc)

Alexandria Ocasio-Cortez hadir di Met Gala 2021 dengan pesan politik yang begitu jelas di gaunnya. Pertama kali hadir di Met Gala, politikus berusia 31 tahun itu hadir mengenakan strapless gown putih dari Brother Vellies. Di gaun tersebut memiliki slogan yang bertuliskan "Tax the Rich" dengan warna merah.

Tak hanya gaun, lace heels dan purse yang dikenakan pun juga bertuliskan "Tax the Rich". Menurut direktur kreatif Brother Vellies, Aurora James, outfit yang dikenakan Alexandria adalah tentang mendorong untuk lebih maju. Di gaun tersebut, Alexandria mencoba menampilkan percakapan nyata antara keadilan dan kesetaraan dalam sebuah sistem.

 

2. Carolyn Maloney

Selain Alexandria, Carolyn Maloney juga merupakan politikus yang hadir di Met Gala 2021. Anggota Kongres ini juga membuat sebuah pernyataan politik yang besar di sesi red carpet Met Gala 2021. Perempuan berusia 75 tahun ini mengenakan gaun warna-warni yang bertuliskan pesan yang kuat.

Dengan jelas, gaun yang dikenakan Carolyn Maloney ini bertuliskan "Hak yang sama untuk wanita". Statement ini digunakan sebagai penghargaan untuk Amandemen ke-19 yang memberikan hak memilih untuk perempuan Amerika.

Gaun warna-warni Maloney ini dipadukan dengan tas kecil bulat bertuliskan "Era yes". Pesan in ditujukan bagi para pemilih dan anggota Kongres yang saat itu memutuskan UU Persamaan Hak resmi menjadi undang-undang.

 

3. Cara Delevigne

Cara Delevigne hadir di Met Gala 2021 dengan mengenakan gaun rancangan Dior. Dengan atasan bergaya bib berwarna putih, Cara Delevigne menyematkan pesan yang agak provokatif, seperti "Peg The Patriarchy".

Atasan yang dikenakan Cara Delevingne merupakan Dior Haute Couture 30 Montaigne wol putih dan celana sutra dengan plastron kulit putih Dior dan sepatu Dior.

Dengan tampilan wet look, Cara tidak menjelaskan secara spesifik maksud dari pesan yang tertulis di busananya. Ia hanya berkata "Ini sangat melekat pada pria".

Simak video berikut ini

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading