Makna Pin Berwarna yang Dikenakan BTS di Sidang Umum PBB

Anisha Saktian Putri21 Sep 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 21 Sep 2021, 09:42 WIB
Makna Pin Berwarna yang Dikenakan BTS di Sidang Umum PBB/dok. Instagram UNICEF

Fimela.com, Jakarta Grup idol BTS untuk ketiga kalinya hadir di sidang umum PBB. Tahun ini dampak berbeda sebab, grup yang beranggotakan tujuh orang ini menjadi perwakilan kepresidenan menemani presiden Korea Selatan, Moon Jae In.

Member BTS yang terdiri dari RM, Jin, Suga, JHope, Jimin, V, dan Jungkook ini seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap anggota BTS memberikan pidato untuk menyemangati para pemuda dan perubahan iklim.

Pidato BTS tersebut pun disiarkan langsung di Youtube PBB. Di tahun 2021, grup yang debut 2013 silam ini juga melalukan perform dengan membawakan single ‘Permission to Dance’.

Bukan BTS jika tidak menarik perhatiannya karena visual mereka, di sidang PBB kali ini pun ketujuh member tampil menawan memakai suit lengkap dengan dasinya. Beralas kakinya derby shoes hitam.

Menariknya, BTS mengenakan pin di sebelah kiri jasnya. Pin dengan berbagai warna tersebut ternyata pin Sustainable Development Goals atau yang disingkat SDG.

Kim Namjoon aka RM di sidang PBB/dok. United Nation
Kim Namjoon aka RM di sidang PBB/dok. United Nation

Makna Pin

Suga BTS di sidang PBB/dok. Twitter BTS
Suga BTS di sidang PBB/dok. Twitter BTS

Ternyata pin tersebut bukan sembarangan, sebab ada makna mendalam yang semangat perubahan dunia yang lebih baik.

Pin tersebut memiliki 17 warna yang mewakili 17 goals yang ingin diraih dan 169 Target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030.

Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.

17 tujuan tersebut diantaranya, menghapus kemiskinan, menghapus kelaparan, kesehatan yang baik dan kesejahteraan, pendidikan bermutu, kesetaraan gender, akses air bersih dan sanitasi, energi bersih dan terjangkau, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekomoni, infrastuktur, industri dan inovasi, mengurangi ketimpangan, kota dan komunitas yang berkelanjutan, konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, penangan perubahan iklim, menjaga ekosistem laut, menjaga ekosistem darat, perdamaian, keadilan, dan kelembagaan yang kuat, dan kemitraan untuk mencapai tujuan.

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela