Sukses

Fashion

Diary Fimela: Cerita Brand Lokal Sandal Sepatu Mengantongi Omzet Miliaran Hingga Mejeng di Times Square New York

Fimela.com, Jakarta Jika dahulu sandal model velco atau sandal gunung digunakan hanya untuk kegiatan mendaki, namun berkembangnya zaman sandal ini justru bisa menjadi pilihan pelengkap gayamu sehari-hari.

Tren sandal gunung ini sudah banyak digandrungi kaum millennial dan gen Z Indonesia karena memiliki model yang trendy hingga nyaman dikenakan karena memiliki konsep sandal dengan alas terbuka membuat kaki lebih mudah bernafas.

Sandal gunung terbukti lebih kuat daripada sandal flip flop atau sandal jepit pada umumnya. Selain itu, alas kaki yang satu ini pun sekarang sudah bisa digunakan dalam suasana yang kasual. 

Fakta-fakta tersebut pun dimanfaatkan Adhitia Marwan membuat sandal gunung untuk bisnis brand sandal dan sepatu yang diberi nama TVF Footwear. Bisnisnya berawal ketika ia memang gemar untuk berpetualang dan terciptalah ide membuat sandal gunung yang bisa digunakan diaktivitas apapun.

Adhitia menyampaikan pada saat itu, ia terinspirasi dari brand Jepang dan Amerika yang membuat sandal gunung lebih "youthful & fun" dan bisa dipakai "city strolling" dengan lebih fashionablel

“Berawal dari kegemaran saya yang senang untuk berpetualang ke gunung, saya merasa sandal gunung adalah alas kaki yang nyaman yang dapat digunakan dalam okasional apapun. Namun, sandal gunung yang ada di market masih terlalu kaku dari segi desain dan fungsionalnya. Di sinilah terbersit ide kenapa tidak menciptakan produk sandal gunung dengan desain yang menarik,” ujar Adhitia selaku Founder TVF Footwear,  kepada Fimela.com.

 

Kesulitan berbisnis hingga kini raup miliaran

Brand yang sudah ada sejak 2010 ini tentu memiliki lika liku proses membangun bisnis yang tidak mudah. Adhitia menyampaikan ada berbagai trial and error yang mesti dihadapinya terutama dari segi produksi. 

Misalnya, pada saat awal-awal develop lem sandal dan sepatu yang kurang baik, terdapat material yang patah, dan yang paling parah hingga solnya sobek. 

“Tapi kita tetap semangat dan optimis kita bisa membuat yang lebih baik lagi,” tambahnya.

Ia juga mengatan, sebelum produk-produk itu rilis biasanya produk akan melalui tes terlebih dahulu secara internal, seperti dipakai setiap hari, dll. Lalu setelah itu dicoba memadupadankan material dan warna.

Untuk memulai bisnis ini, ia hanya bermodal nekat dan kemauan untuk berbisnis, saat memulai bahkan memulai dengan vendor yang sistemnya pembayaran mundur. Namun berkat kesabaran dan kerja kerasnya pada Agustus 2021 sudah mengantongi omzet 8.9 miliar rupiah. 

Hingga, TVF Footwear bisa muncul di billboard New York Time Square di bulan Agustus kemarin.

“Ini merupakan benefit yang kita dapatkan setelah berpartner dengan Hypefast.  Lalu kami banyak berkolaborasi dengan berbagai partner salah satunya Hansaplast,” ungkapnya.

 

Koleksi terbaru

TVF Footwear melalui salah satu koleksi sandalnya yang bernama “Reiwal” menghadirkan konsep sandal gunung yang simple namun tetap fashionable untuk digunakan di setiap aktivitas luar ruangan.

Keunggulan sandal Reiwal yaitu safety, comfortness, dan stylish. Kaki akan terlindung dari kerikil dan ranting ketika beraktivitas di luar ruangan serta penggunaan bahan anti abrasive rubber dan EVA sole with extra sponge menjadikan sandal ini terasa empuk dan ringan ketika digunakan.

Sejak diluncurkan koleksi sandal Reiwal sudah terjual hingga 20.000 pasang. Koleksi sandal ini terbukti banyak diminati oleh pelanggan karena bukan hanya modelnya yang mengikuti tren namun memiliki kualitas yang baik. 

Koleksi sandal Reiwal hadir dalam berbagai palet warna alam seperti hijau, coklat, olive, cream, dan maroon. Modelnya yang simple membuat sandal ini cocok untuk digunakan oleh pria dan wanita. Dan mudah dipadupadankan dengan berbagai outfit, seperti kemeja flanel dan celana pendek ataupun gaun dan jaket jeans. 

 

 

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading