Sukses

Fashion

Iwan Tirta Berkolaborasi dengan Dee Lestari Rilis Koleksi Runway Batik Filosofis tentang Ibu Pertiwi

Fimela.com, Jakarta Bertepatan dengan Hari Batik Nasional hari ini, Iwan Tirta Private Collection merilis koleksi runway terbarunya yang untuk pertama kali menggabungkan seni literasi dalam rangkaian fashion item. Dalam koleksi yang diberi tajuk "Prithvi Mata," Iwan Tirta Private Collection berkolaborasi dengan Dee Lestari untuk menuliskan cerita berjudul sama, sekaligus mengangkat sisi filosofis tentang Ibu Pertiwi yang menjadi inspirasi utama koleksi ini.

Penggabungan literasi dengan fashion ini diharap tidak hanya mampu memanjakan mata lewat keindahan motif batik yang ditampilkan, tapi juga bisa menyentuh jiwa lewat cerita yang diciptakan secara khusus. Lewat pendekatan personifikasi, Dee Lestari menceritakan setiap sequence dalam rangkaian koleksi Iwan Tirta Private Collection ini karakter dengan sifat yang unik.

Dalam cerita ini, "Prithvi Mata" digambarkan sebagai karakter seorang ibu dari 3 anak, yang memiliki perannya masing-masing dalam membangun Nusantara. Ketiga karakter ini adalah Svarnnabhumi, seorang pelaut gagah yang membangun Negeri Emas, Yavadvipa, sang raja bijaksana yang membangun Negeri Agung, dan Purvanusa, putri cantik yang beranjak menjadi ratu yang memimpin Negeri Timur.

 

Iwan Tirta Private Collection X Dee Lestari

Koleksi kolaborasi ini adalah bentuk semangat Iwan Tirta yang nyata dalam memberikan apresiasi tinggi pada seni multi dimensi secara umum dan seni Indonesia pada khususnya. Kamu juga akan melihat keragaman motif batik dari 3 bagian Nusantara, yaitu Negeri Emas (Sumatera), Nagari Agung (Jawa-Madura), dan Bhumi Tumur (Nusa Tenggara, Kalimantan, dan Papua) dengan nuansa biru, putih, hijau tua, hijau muda, kuning, oranye, dan cokelat.

Batik bermotif relief atau artefak dari Dinasti Sriwijaya, seperti Candi Muaro Jambi, motif-motif batik khas Jawa Madura, seperti Suryo Medal Majapahit, Uceng Barong, dan Tirto Tejo, tenun Nusa Tenggara dan Kalimantan, hingga stilasi Cendrawasih dan Kakatua akan banyak muncul dalam koleksi ini. Koleksi "Prithvi Mata Runway Collection 2022" ini terdiri dari 5 item kemeja lengan panjang pria dengan material sutra tenun dan katun dan 5 item pakaian perempuan dengan modern look.

Ada juga 50 kain yang bisa dijadikan ragam pakaian pria, maupun perempuan. Penasaran? Kamu bisa mengunjungi situs resmi iwantirtabatik.com, galeri resmi Iwan Tirta Private Collection, dan Whatsapp di nomor 081286930850.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading