Sukses

Fashion

Diary Fimela: Cerita Ame Raincoat, Jas Hujan Stylish Kreasi Anak ITB yang Bikin Presiden Jokowi Kepincut

Fimela.com, Jakarta Merintis dan membangun bisnis memang bukan perkara yang mudah. Dibutuhkan ide hingga proses jatuh bangun saat menjalankan ide tersebut. Ide berbisnis ini sebenarnya bisa datang dari mana saja, salah satunya datang dari keseharian seperti tugas kuliah.

Seperti yang dialami Bimo Atiflugeni, salah satu pendiri brand Ame Raincoat. Berawal dari tugas kuliah, ditekuni dan berujung manis. Bahkan produknya sempat membuat Presiden Jokowi kepincut.

Ame Raincoat sendiri merupakan brand lokal asal Bandung yang memproduksi jas hujan stylish agar tetap gaya saat hujan. Bimo berkisah, Ame Raincoat lahir dari tugas kuliah Desain Bisnis di Institut Teknologi Bandung (ITB) sekitar enam tahun lalu. Kala itu, ia diminta untuk mengembangkan desain suatu produk.

“Saya lulus tahun 2015, sebelum lulus ada salah satu tugas untuk membuat produk yang belum belum tersentuh desain atau belum berkembang desainnya. Dari riset yang saya lakukan bersama rekan-rekan, kami menemukan jas hujan,” Cerita Bimo pada pertemuan virtual Tokopedia, Senin (11/10/2021).

“Waktu itu kami melihat ada seseorang yang lebih memilih hujan-hujanan dari pada menggunakan jas hujan yang tidak keren. Akhirnya berangkat dari situlah kami berinovasi mulai mengembangkan jas hujan stylish ini,” lanjutnya.

Jas hujan stylish

Produk jas hujan dari Ame Raincoat memiliki banyak kelebihan. Selain warna yang bervariasi, desain jas hujan tersebut juga trendy. Karena desainnya yang kekinian inilah, produk Ame Raincoat juga cocok digunakan sehari-hari sebagai jaket.

Material yang dipilih pun mendukung untuk memenuhi kebutuhan pemakaian harian. Dengan demikian, jas hujan ini bisa dikenakan kapan saja, bahkan ketika cuaca cerah. “Semua produk Ame Raincoat terbuat dari bahan polyester terbaik dan 100% lokal,” kata Bimo.

Berangkat dengan modal Rp0 hingga dipakai Presiden Jokowi

Tak dapat dipungkiri, memulai suatu bisnis yang benar-benar baru di pasaran tidaklah mudah. Bimo bersama rekannya bahkan mulai memasarkan produknya dengan sistem pre-order. Menurut Bimo, cara tersebut jadi jalan aman untuk mengawali bisnis tanpa modal.

“Pertama kali kita berjualan justru dengan sistem pre-order. Karena kami berangkatnya dari modal Rp0, tidak punya modal sama sekali, maka dari itu kami memilih menggunakan sistem pre-order, jadi bayar dulu baru kami buat produknya,” kata Bimo.

Berangkat dari situ, akhirnya Bimo mendapatkan modal untuk diputar kembali. Secara perlahan, bisnis yang dirintisnya dari nol tersebut pun berkembang. Bahkan produk Ame Raincoat juga pernah dipakai Presiden Joko Widodo.

Sebagai pegiat usaha lokal yang merintis bisnis dari nol, Bima berpesan kepada para pelaku usaha untuk selalu yakin sebelum memulai bisnis. “Jadi kalau kita tahu mau membuat sesuatu, kita harus yakin dulu sepenuh hati dan menjalaninya sepenuh tenaga,”

“Sebenarnya waktu pertama kali saya merintis bisnis ini tak pernah terpikirkan sama sekali. Siapa sih yang terbayang memakai jas hujan untuk sehari-hari? Namun dengan hasil riset yang jelas, kami yakin untuk memasarkan produk ini. Jadi kami berusaha semaksimal mungkin mengenalkan produk kami sebagai jas hujan stylish yang waterproof bisa digunakan sehari-hari. Alhamdulillah kini bisa diterima di masyarakat. Bahkan pernah dipakai oleh presiden Jokowi,” tandasnya.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading