Kontroversi Miss World 2021 Malaysia Klaim Batik dari Negaranya

Annissa Wulan24 Okt 2021, 17:00 WIB
Diperbarui 24 Okt 2021, 17:00 WIB
Lavanya Sivaji, Miss World 2021 Malaysia

Fimela.com, Jakarta Lavanya Sivaji, Miss World 2021 asal Malaysia sedang menjadi perbincangan hangat, terutama dari masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan Lavanya Sivaji lewat akun Instagram pribadinya mengklaim batik yang sedang dikenakannya, berasal dari negaranya.

Tidak lama setelah mengunggah foto tersebut, Lavanya Sivaji langsung mendapatkan berbagai komentar yang mengkritiknya, tak sedikit netizen Indonesia yang juga mengajukan protes atas klaim yang dilakukannya. Mendapatkan begitu banyak kritik dan protes, Lavanya Sivaji langsung kembali mengunggah, permintaan maaf yang ditulisnya dalam bahasa Inggris.

"Hai semuanya! Kepada para pageant lovers tersayang khususnya di Indonesia. Saya harap kalian semua dalam keadaan sehat. Pertama-tama, saya ingin meminta maaf jika saya telah menyinggung siapa pun untuk posting ini.Saya mengakui kata Batik berasal dari Jawa serta desain dan sejarahnya.Namun, tidak sedikit negara lain yang mempraktekkan unsur budaya tersebut antara lain Malaysia, Sri Lanka, India dengan desain dan motifnya masing-masing." tulisnya, yang dilansir dari Liputan6.com.

Kontroversi Miss World 2021 Malaysia klaim batik dari negaranya

Lavanya Sivaji, Miss World 2021 Malaysia
Lavanya Sivaji, Miss World 2021 Malaysia. Foto: Instagram.

Lewat unggahan yang sama, Lavanya Sivaji juga mengungkapkan kebanggaannya bisa mengenakan batik dan berterima kasih telah diingatkan untuk terus menghormati akar budaya dan tradisi. UNESCO telah menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk lisan dan non bendawi asal Indonesia (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela