Sukses

Fashion

Embracing Jakarta Muslim Fashion Week Usung Tema Keberagaman Indonesia

Fimela.com, Jakarta Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, jumlahnya mencapai 13 persen dari populasi muslim dunia. Hal inilah yang mendorong fashion muslim di Indonesia berkembang dengan sangat pesat.

Hal ini dibuktikan dari data The State of Global Islamic Economic, bahwa pertumbuhan industri fashion muslim di Indonesia adalah yang terbaik kedua di dunia, dengan konsumsi mencapai US$21 miliar dan pertumbuhan rata-rata 18,2 persen per tahun.

Berangkat dari kenyataan ini, Kementerian Perdagangan RI bersama KADIN menghadirkan event “Embracing Jakarta Muslim Fashion Week” sebagai langkah awal menetapkan posisi Indonesia sebagai pusat fashion muslim dunia.

Embracing Jakarta Muslim Fashion Week akan menjadi program annual Kemendag dan KADIN yang bertujuan membesarkan sektor-sektor usaha berorientasi domestik dan ekspor, sehingga ke depannya dapat menjadi muslim fashion event terbesar di dunia,” kata Wakil Ketua Komite Promosi Fashion Muslim Nasional Anne Patricia Sutanto dalam jumpa pers virtual, Kamis (11/11/2021).

Usung Tema Keberagaman Indonesia

Acara Embracing Jakarta Muslim Fashion Week akan berlangsung pada tanggal 18 November 2021 di Aquatic Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Di tahun pertama penyelenggaraannya ini, Jakarta Muslim Fashion Week akan fokus memperkenalkan desain fashion muslim Indonesia yang kaya keberagaman kepada pasar domestik dan dunia Internasional.

Anne mengatakan, fashion muslim Indonesia berpotensi untuk dapat bersaing di pasar global, antara lain karena Indonesia memiliki beragam desain dengan ciri khas budaya yang menampilkan wastra Indonesia. Seperti batik, tenun, border, dan aksesori.

“Yang kami embrace adalah nilaikebhinekaan. Tiap negara yang memakai muslim wear ada keunikan sendiri-sendiri, namun, Indonesia dengan segala kemajukan kita, bisa embrace karena tradisinya adalah majemuk dan plural,” kata Anne.

“Lewat inisiatif ini kita merasa dan mau nilai kebhinekakan itu hadir, karena kita adalah negara yang begitu beragam,” kata Anne.

Rangkaian acara Embracing JMFW 2021 sendiri antara lain fashion show yang menampilkan 36 jenama fashion muslim dan diskusi perkembangan fashion mode di Indonesia. Selain itu, Embracing JMFW 2021 ini merupakan langkah awal untuk memperkenalkan Jakarta Muslim Fashion Week yang akan diluncurkan tahun depan sebagai salah satu rangkaian Trade Expo ke-37.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading