Diary Fimela: Brand Sepatu asal Bandung Buka Ratusan Lapangan Kerja Baru

Anisha Saktian Putri02 Des 2021, 18:30 WIB
Diperbarui 02 Des 2021, 18:30 WIB
Tak hanya berkualitas, brand sepatu lokal Geoffmax buka lapangan kerja baru untuk banyak orang

Fimela.com, Jakarta Sudah banyak pilihan brand sepatu lokal yang berkualitas dengan model-model yang tidak kalah dengan brand luar negeri. Bukan hanya berkualitas, brand lokal juga mampu membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat.

Geoffmax pun menjadi salah satu brand sepatu lokal yang membantu banyak orang mendapatkan pekerjaan. Didirikan oleh tiga orang sahabat, salah satunya bernama Muhammad Shidiq di tahun 2012.

Saat dibangun, mereka ingin menampilkan brand sepatu yang berbeda dengan mengusung konsep old school sebagai ciri khas produknya. 

Berawal dari perasaan miris sebab melihat banyaknya anak muda yang lebih senang membeli produk luar bahkan sampai membeli replikanya, trio pengusaha asal Bandung ini menghadirkan sepatu Geoffmax.

“Bisnis Geoffmax kita mulai dari sebuah toko kecil di Bandung dan sekarang meluas ke berbagai daerah di Jabodetabek. Setelah beberapa tahun, kita lihat belanja online semakin trending, dan akhirnya mulai jualan di media sosial dan sekarang di e-commerce Shopee. Selama pandemi jadi tumpuan banget, bahkan 80% pesanan sekarang juga dari Shopee,” jelas Shidiq.

Harga sepatunya pun dijual berkisar Rp200-500 yang sangat terjangkau. Dengan berbagai sepatu pilihan seperti sepatu model high, slip on, low, dan sepatu olahraga. Hingga sandal pun tersedia.

Geoffmax juga menjual berbagai item fashion lainnya misalnya tshirt, tote bag, bucket hat, jaket, hingga jam tangan. 

Dijual hingga luar negeri

Tak hanya berkualitas, brand sepatu lokal Geoffmax buka lapangan kerja baru untuk banyak orang/Instagram @Geoffmax
Tak hanya berkualitas, brand sepatu lokal Geoffmax buka lapangan kerja baru untuk banyak orang/Instagram @Geoffmax

Bisnis Geoffmax pun tidak hanya dikembangkan di daerah Bandung saja, Geoffmaxx seringkali melakukan kolaborasi dengan brand-brand lokal lain di luar Bandung seperti Malang, Batu, Bogor, Banjarbaru, Bali dan masih banyak lagi. 

Lewat ecommerce seperti Shopee, Geoffmax berhasil mencapai salah satu cita-citanya untuk menjual produknya ke luar negeri.

“Gak nyangka juga sekarang bisa ekspor ke Malaysia, Singapura dan Filipina. Setiap bulannya, ada ratusan produk yang udah bisa kita ekspor. Jualan ke luar negeri segampang jualan di Indonesia. Dibantu sama Shopee semuanya,” tambahnya.

Bermanfaat bagi banyak orang

Tak hanya berkualitas, brand sepatu lokal Geoffmax buka lapangan kerja baru untuk banyak orang/Instagram @Geoffmax
Tak hanya berkualitas, brand sepatu lokal Geoffmax buka lapangan kerja baru untuk banyak orang/Instagram @Geoffmax

Bisnis Shidiq kini tidak hanya bermanfaat bagi dirinya sendiri, tapi juga komunitas sekitarnya. 

“Kita bersyukur banget karena digitalisasi bisnis, usaha kita jadi bisa berkembang. Awalnya kita hanya memiliki 6 karyawan, setelah berjalan selama 9 tahun sekarang sudah bisa pekerjakan 150 karyawan. Bukan cuma, buat di kantor saja, komunitas sekitar kami juga diberdayakan melalui pabrik kecil Geoffmax yang menyerap ratusan karyawan dari masyarakat lokal,” jelas Shidiq

Menurut Shidiq, karyawan yang ia terima berasal dari berbagai macam daerah dan latar belakang. Ada anak yang putus sekolah dan juga yang tidak lulus SMA.

Ia percaya bahwa jika memang memiliki etos kerja baik, semua berhak mendapatkan kesempatan untuk bekerja terlepas dari apapun latar belakangnya. Untuk produk Geoffmax sendiri, Shidiq juga mengambil bahan dari penjual kain lokal dan penjahit di sekitaran tempat produksi Geoffmax.

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela