Sukses

Fashion

Isu Keberlanjutan yang Diangkat ke Atas Panggung JFW 2022

Fimela.com, Jakarta JFW 2022 telah hadir sejak hari Kamis (25/11/2021) kemarin, hingga Minggu (28/11/2021) mendatang. Perhelatan JFW 2022 ini menampilkan koleksi dari 75 desainer dan label dalam 16 show, dengan total 760 look.

Tahun ini, JFW mengangkat isu tentang keberlanjutan atau sustainability yang sekarang sudah mulai tidak asing lagi di dunia mode. Keberlanjutan memang telah menjadi isu hangat sejak beberapa tahun lalu, termasuk di Indonesia sendiri.

Isu keberlanjutan dalam dunia mode atau fashion tak hanya sekedar mendorong pelaku industri di dalamnya untuk lebih memikirkan lingkungan, tapi juga memberikan semangat dalam menghasilkan produk yang bertanggung jawab. Bertanggung jawab di sini tidak hanya kepada bumi, tapi juga seluruh elemen yang terlibat, baik pembuat maupun konsumen.

 

Banyak desainer mengangkat konsep keberlanjutan pada koleksi yang mereka hadirkan di atas panggung JFW 2022

Beberapa desainer yang menerapkan konsep keberlanjutan di panggung JFW 2022, salah satunya desainer dalam Dewi Fashion Knights 2021, Major Minor, dan Byo, yang menerapkan konsep keberlanjutan dengan meminimalisir limbah. Rinda Salmun yang menggunakan benang dari limbah pakaian untuk dijadikan busana baru, sedangkan Toton yang berdiskusi tentang mode berkelanjutan bersama Orsola de Castro, Creative Director Fashion Revolution.

Ada juga Nurzahra yang mengeksplorasi kain bamboo jersey dan plastik daur ulang untuk koleksi terbarunya. Lalu ada Kami yang mencoba mengurangi plastik dan menggunakan plant-based bagi dari olahan singkong, mengoptimalisasi sisa kain, efisiensi pola, dan bahkan pabrik pemasok bahan-bahan mereka sudah tersertifikasi untuk mengolah limbahnya.

JFW 2022 akan hadir selama 4 hari, dari tanggal 25 hingga 28 November 2021 secara virtual lewat berbagai live streaming platform JFW.tv, YouTube Jakarta Fashion Week, dan live di Facebook Jakarta Fashion Week, Instagram, dan TikTok @jfwofficial. Penasaran, Sahabat FIMELA?

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading