Sukses

Fashion

Heboh Paris Fashion Week, Sean Sheila dan Jewel Rocks Berbagi Tips Pentingnya Background Check sebelum Berpartisipasi dalam Sebuah Event

Fimela.com, Jakarta Beberapa waktu belakangan, masyarakat Indonesia ramai membicarakan salah satu pagelaran fashion terbesar dunia; Paris Fashion Week 2022. Dan berkaitan dengan Paris Fashion Week 2022 ini, Tim FIMELA berhasil melakukan wawancara secara tertulis, maupun live IG bersama dengan dua brand yang mendapatkan undangan resmi dan hadir di Paris.

Mereka adalah brand fashion Sean Sheila asal Purbalingga dan brand perhiasan Jewel Rocks asal Bali. Pada acara live IG FimelaTalks yang dilakukan pada hari Senin (14/3/2022) kemarin, founder kedua brand sempat menceritakan pengalaman mereka hadir di Showroom Paris Fashion Week 2022.

Awalnya, di tahun 2021, kedua brand ini mendapatkan undangan dari KBRI di Paris dan L'Adresse Paris untuk mengikuti seleksi tampil di Showroom Paris Fashion Week 2022. Di sekitar akhir tahun 2021 hingga awal tahun 2022, keduanya mendapatkan kabar lulus seleksi dan bisa hadir di Showroom Paris Fashion Week 2022.

Untuk Sean Sheila, ini adalah kesempatan kesekian kalinya bisa hadir di Showroom Paris Fashion Week, sedangkan untuk Jewel Rocks, ini merupakan pengalaman pertama. Namun, keduanya kompak mengakui mendapatkan banyak manfaat dari kehadiran mereka di Showroom Paris Fashion Week.

 

 

Pengalaman Sean Sheila dan Jewel Rocks hadir di Showroom PFW 2022

"Di Showroom, kita berkesempatan untuk bertemu langsung dengan para potential buyers dari seluruh dunia. Mereka juga bisa langsung melihat, menyentuh, dan ngobrol dengan kami mengenai koleksi yang kami hadirkan saat itu," jelas Sean Loh dan Sheila Agatha, Founder dari Sean Sheila.

"Ini adalah satu kesempatan yang sayang sekali kalau kami lewatkan. Jadi, selama proses persiapan kemarin, semua tim Jewel Rocks terlibat," cerita Imelda Widjadja, Founder Jewel Rocks tentang pengalaman pertamanya membawa brandnya hadir di Showroom Paris Fashion Week 2022.

Mendapatkan undangan resmi dan bisa hadir di Paris Fashion Week jelas akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Namun, bukannya tanpa tantangan sama sekali, kedua brand sepakat mengakui bahwa tantangan terbesar yang dihadapi untuk bisa hadir di Paris Fashion Week 2022 adalah keterbatasan waktu.

"Setelah kami mendapatkan kabar bahwa kami lulus seleksi, agency membantu kami untuk menyiapkan koleksi yang akan dihadirkan di Paris Fashion Week 2022, mulai dari mengubah desain, katalog, lookbook, hingga menyesuaikan harga," cerita Imelda.

"Iya, karena kita hadir di Showroom Paris Fashion Week itu kan berarti kita menyatakan kita siap masuk ke pasar global, sehingga produk kita juga harus disesuaikan dengan pasar internasional, khususnya Eropa," tambah Sean Loh.

Pentingnya melakukan background check untuk ikut serta di event apapun

Founder kedua brand ini tidak menyangka bahwa kabar tentang keikutsertaan mereka di Paris Fashion Week 2022 akan seramai ini. Mereka merasa sangat berterimakasih untuk dukungan dan semangat yang diberikan, menjadi motivasi membawa lebih banyak brand lokal ke kancah internasional.

Di akhir wawancara, founder kedua brand memberikan tips penting untuk melakukan background check saat ada pihak yang mengajak atau mengundang ikut event keluar negeri. Perlu diketahui bahwa background check ini selain penting sekali untuk dilakukan berulang, juga para pemilik brand harus sabar terhadap prosesnya.

"Sebenarnya untuk event apapun ya, kita harus lakukan background check benar-benar. Kemarin waktu kami terima undangan dari KBRI Paris dan L'Adresse, senang sih senang, tapi kita juga lakukan riset. Kita cari tahu semuanya, sampai benar-benar yakin," ujar Imelda.

"Betul. Dan ingat, kita itu ikut event, kita invest banyak hal; tenaga dan biaya yang nggak sedikit, jadi harus benar-benar riset ya, cari tahu. Background check itu penting sekali. Kalau kita, saat diundang ikut serta event apapun, kita akan tanyakan apapun yang buat kita penasaran. Nggak papa, tanyakan aja semuanya, selagi bisa," jelas Sheila.

Di Paris Fashion Week 2022, Sean Sheila menghadirkan 23 look yang inspirasi diambil dari film Annihilation. Sedangkan Jewel Rocks menghadirkan 10 desain baru yang belum dirilis di Indonesia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading