Sukses

Fashion

Bikin Bangga Ilustrator Indonesia Liunic Berkolaborasi dengan H&M Global untuk Koleksi Anak Terbaru yang Ramah Lingkungan

Fimela.com, Jakarta Jika sedang berada di pusat perbelanjaan dan melihat gerai H&M  dihiasi berbagai manekin warna-warni dan ilustrasi tumbuhan dan hewan, itu menandakan jika koleksi terbaru koleksi pakaian anak sudah diluncurkan.

Menariknya, kali ini koleksi kids terbaru dari H&M berkolaborasi dengan seniman ilustrasi asal Indonesia, Martcellia Liunic sosok dibalik brand lokal clothing dan aksesoris, Liunic on Things. 

Dikenal dengan nama Liunic, ciri khas desainya memancarkan keceriaan, warna-warna colorful, dan karakter yang menggemaskan. Inilah yang menjadi alasan H&M global memilih berkolaborasi denga Liunic dalam koleksi kids spring/summer.

“Liunic memiliki desain dengan warna-warna energic , sangat cocok dengan koleksi kids spring yang. Dan dapat mengekpresikan diri dan kreativitas anak-anak dengan gambar-gambar yang ceria,” ujar Karina Soegarda selaku Communications Manager & Sustainability H&M Indonesia, saat ditemui secara virtual.

Ilustrasi Liunic ini akan diaplikasikan pada t-shirt, tank top, kaus, hoodies, celana pendek, rok, gaun, dan celana jogging. Serta ada pula aksesori seperti bucket hat, tas, dan kaus kaki.  Koleksi ini tersedia untuk bayi (khusus online) dan anak-anak hingga usia 14 tahun ke atas.  

Martcellia Liunic merasa senang dapat berkolaborasi dengan H&M apalagi koleksi ini akan dijual tidak hanya di Indonesia melainkan di oulter H&M secara global. Ia juga mengatakan, jika pihak H&M membebaskan karyanya, asalkan sesuai dengan tema. Maka untuk keseluruhan palet warna yang dipilih pink, lilac, biru laut, merah terang, dan hijau zamrud, serta adapula monokrom.

Warna-warna ini dianggap memiliki energi positif benar-benar menjadi hidup. Dengan ilustrasi seperti tanaman, bunga, hewan dan berbagai bentuk abstrak. 

“Awalnya ada e-mail masuk dari H&M global di tahun 2021 bilang mau kolaborasi untuk koleksi Spring/Summer. Dari situ lanjut, mereka tidak sama sekali batasin mau bikin apa, hanya bilang sesuai ciri khas saya saja. Akhirnya dibuat dengan warna colorful namun ada juga monokrom. Dengan detail gambar yang lebih ke lingkungan hidup,” katanya.

Koleksi dibuat dengan bahan ramah lingkungan

Tak hanya desainnya saja yang menarik perhatian, H&M Kids x Liunic ini juga dibuat sustainable. 

Misalnya dibuat menggunakan teknik cetak yang inovatif dan lebih berkelanjutan serta memiliki dampak lingkungan yang lebih rendah. Salah satu tekniknya adalah pencetakan digital, yang mengkonsumsi lebih sedikit air, lebih sedikit energi, dan lebih sedikit bahan kimia daripada pencetakan tradisional.  

Setiap bagian juga telah dibuat dari setidaknya 50% bahan yang bersumber secara berkelanjutan. Ada juga berbagai koleksi, termasuk beberapa yang dibuat dengan Bananatex ®, kain inovatif yang dibuat murni dari tanaman pisang

.Karina juga mengatakan totebag koleksi ini juga dibuat dari cacahan botol plastik yang sudah didaur ulang. 

“2020 H&M memang sudah membuat target pakaian yang lebih sustainbel dengan kapas yang digunakan lebih organik, dan tercapai. Sekarang udah 80 persen bahan yang dipakai ramah lingkungan. Dengan bahan yang nyaman apalagi untuk anak-anak,” tutup Karina. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading