Sukses

Fashion

Balenciaga Jual Sepatu ‘Usang’ Nyaris Rp27 Juta, Netizen Tak Habis Pikir dengan Bentuknya

Fimela.com, Jakarta Mulai dari gelang mirip ring selang tabung gas hingga anting tutup botol, Balenciaga tiada hentinya menciptakan fashion item yang non konvensional untuk level sebuah rumah mode. Harganya yang diatas rata-rata semakin membuat orang geleng-geleng kepala.

Dan kini, Balenciaga kembali dengan gebrakan barunya yang unik. Rumah mode asal Prancis itu baru-baru ini merilis sepatu kets bernama ‘Paris Sneaker’.

Bukan sepatu kets modern dengan desain kekinian, Balenciaga justru menghadirkan sepatu kets dengan tampilan usang, kotor, dan lecet dalam koleksi terbarunya. 

Hal ini terlihat dalam potret kampanye terbaru yang diunggah oleh akun Instagram @bof dan diabadikan oleh fotografer Leopold Duchemin. Dalam potret tersebut, Paris Sneaker ditampilkan seperti sepatu yang sudah usang, lengkap dengan sobekan dan noda kekuningan yang memenuhi seluruh permukaan sepatu.

 

Dimaksudkan untuk Dipakai Seumur Hidup

Sementara dalam situs resminya, Paris Sneaker dijual dengan tampilan sedikit berbeda dengan foto kampanye. Meski secara keseluruhan desain Paris Sneaker tetap tampak seperti sepatu kets yang sudah lama digunakan. 

Pada bagian kanvas sepatu tampak sengaja dibuat sobek dengan sedikit benang yang dibiarkan terurai. Terdapat pula noda kekuningan pada permukaan dan sol sepatu agar terlihat usang dan kotor. Coretan spidol bertuliskan Balenciaga yang tercetak di sol sepatu, kian memberikan kesan lawas pada Paris Sneakers tersebut.

Menurut keterangan merek, Paris Sneaker memiliki desain klasik yang diperbarui dan menginterpretasikan atletis abad pertengahan. Sepatu ‘usang’ ini dimaksudkan untuk dipakai seumur hidup.

“Desain klasik yang diperbarui yang menginterpretasikan atletis abad pertengahan, dengan sol karet putih dan ujung kaki dengan kanvas tertekan dan tepi kasar, memengaruhi pra- tampilan usang,” demikian keterangan merek, seperti yang dilansir dari situs resminya.

Tuai Pro Kontra dari Netizen

Kreasi out of the box dari Balenciaga ini sukses membuat banyak orang geleng-geleng kepala. Banyak netizen yang bingung dengan bentuknya bahkan menyebut Paris Sneaker mirip seperti sepatu bekas yang kerap ditemukan di tempat sampah.

“Saya dapat menemukannya di tempat sampah secara gratis,” komentar netizen dikutip dari akun Instagram @bof.

“Aku tahu kamu berbohong….” Komentar netizen tak percaya.

“Membayar ribuan dolar untuk sampah mutlak? Kedengarannya seperti titik refleksi di mana sebagian besar industri berada,” timpal netizen lainnya.

Meski banyak yang mencaci, tak sedikit juga netizen yang menyukai sepatu tersebut. “Produk aslinya tidak terlihat seperti ini. Ini adalah (foto) kampanye. Namun demikian, pesannya jelas: beli dan simpan selamanya. Dia (Balenciaga) benar-benar membalikkan esensi kemewahan. Ini mengganggu saya, tapi itu jenius,” puji netizen.

“Ini kebalikan dari pola pikir sybaritic, dan sekali lagi dia mengolok-olok orang-orang yang memang akan menghabiskan upah minimum untuk barang-barang yang 1. mereka mungkin anggap sekali pakai dan 2. yang tampaknya tidak berharga,” lanjutnya.

 

Dijual Nyaris Rp27 Juta

Balenciaga Paris Sneaker hadir dengan warna hitam, putih dan merah dan dalam gaya renda, high top, dan backless. Di situs resminya, sepatu ini awalnya dijual US$ 1,250. Namun saat ini, harganya naik menjadi US$ 1,850 atau sekitar Rp26,9 juta (kurs Rp14.548).

Sepatu ‘usang’ edisi terbatas 100 pasang ini akan tersedia di seluruh dunia. Bagi kamu yang berminat bisa memesannya melalui situs resminya di Balenciaga.com mulai 9 Mei 2022. Bagaimana Sahabat Fimela, tertarik membelinya?

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading