Sukses

Fashion

Gaun Ikonis Marilyn Monroe yang Dipakai Kim Kardashian di Met Gala 2022, Rusak

Fimela.com, Jakarta Marilyn Monroe Collection membagikan foto sebelum dan sesudah gaun "Happy Birthday" ikonis Marilyn Monroe digunakan oleh Kim Kardashian. Foto tersebut menunjukkan kristal yang hilang dan lainnya tergantung pada seutas benang.

Unggahan ini juga merujuk pada artikel sebelumnya yang merinci upaya lengkap yang dilakukan oleh Ripley's Believe It Or Not! Museum untuk melestarikan gaun tersebut. Tim keamanan mengawasi setiap gerakan Kim Kardashian dan perwakilan museum diizinkan untuk memberi perintah terkait penggunaan gaun.

Gaun rancangan Jean Louis ini terkenal setelah dikenakan oleh Marilyn Monroe saat menyanyikan lagu "Happy Birthday" untuk Presiden John F. Kennedy pada tahun 1962. Kim Kardashian sendiri sempat menceritakan bahwa dirinya menurunkan berat badan sedemikian rupa hanya agar bisa pas mengenakan gaun tersebut.

 

 

 

Perjuangan Kim Kardashian agar bisa cocok mengenakan gaun ini

"Saya mencobanya dan itu tidak cocok untuk saya. Saya meminta waktu 3 minggu agar bisa menurunkan sekitar 16 pon di hari ini," cerita Kim Kardashian.

Cara Kim Kardashian ini juga menuai banyak kontroversi. Banyak orang menganggap Kim sebagai public figure yang dilihat begitu banyak orang, tidak memberikan contoh yang baik.

Kim Kardashian akhirnya melakukan pembelaannya dalam sebuah wawancara dengan New York Times, membadingkan tujuan penurunan berat badannya dengan Christian Bale, yang pernah kehilangan 62 pon untuk perannya dalam film The Machinist tahun 2004. Kim juga mengatakan bahwa niatnya tidak pernah untuk menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama, menambahkan bahwa ia tidak melakukan sesuatu yang tidak sehat agar bisa cocok dengan gaun tersebut.

Pendapat kontra dari sang desainer gaun saat mengetahui Kim Kardashian mengenakan gaun tersebut

Desainer, sekaligus asisten Jean Louis yang bertanggung jawab atas sketsa asli gaun Marilyn Monroe, Bob Mackie mengatakan bahwa itu sebuah kesalahan besar mengizinkan Kim Kardashian mengenakan gaun tersebut sejak awal. Ia menyebut Marilyn Monroe sebagai seorang dewi, sosok yang luar biasa, yang tidak bisa dibandingkan dengan siapapun.

"Ia adalah seorang dewi. Walaupun gila, tapi dia dewi. Dia luar biasa. Tidak ada yang bisa sepertinya dan gaun ini memang diciptakan hanya untuk seorang Marilyn Monroe. Seharusnya tidak ada orang lain yang terlihat mengenakan gaun tersebut," ungkap Bob.

Sebelum Met Gala 2022, Kim Kardashan sempat berkata kepada Vogue bahwa dirinya sangat menghormati gaun tersebut dan artinya bagi sejarah Amerika. Ia bahkan berjanji tidak akan pernah duduk atau makan saat mengenakan gaun tersebut, yang mungkin berisiko menyebabkan kerusakan apapun.

Pihak museum belum merilis pernyataan terkait rusaknya gaun Marilyn Monroe yang dikenakan Kim Kardashian

Namun tampaknya hanya berpose untuk red carpet dengan Pete Davidson saja sudah menyebabkan kerusakan pada gaun termahal di dunia ini. Pihak Ripley's Believe It Or Not! Museum pernah bicara kepada New York Post tentang alasan mengapa mereka meminjamkan gaun asli Marilyn Monroe tersebut kepada Kim Kardashian.

"Ini bukan keputusan yang mudah bagi kami. Namun, Kim Kardashian terus menunjukkan rasa hormatnya untuk kesempatan dan pakaian bersejarah ini. Dari penelitian ekstensif hingga mengikuti pedoman seperti tidak ada riasan tubuh, hanya mengenakan gaun ini untuk penampilan singkat di red carpet, serta sama sekali tidak boleh membuat perubahan, Kim menyanggupi itu semua," ujar pihak Ripley's.

Pada saat itu, pihak museum mencatat bahwa tidak ada kerusakan yang terjadi pada gaun ikonis ini. Namun sampai saat ini belum ada tanggapan yang diberikan oleh perwakilan Ripley's terkait berita kerusakan gaun ikonis Marilyn Monroe.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading