7 Cara Membedakan Sepatu Original dan KW yang Mudah

Kezia Prasetya Christvidya07 Jul 2022, 10:46 WIB
Diperbarui 07 Jul 2022, 11:48 WIB
sepatu

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela pernah merasa bingung saat memilih sepatu? Sering kali kita menjumpai berbagai macam model sepatu di toko offline maupun online. Namun, sebaiknya berhati-hati saat memilih sepatu di toko. Karena ada produk sepatu dengan merek original dan KW.

Sepatu yang original diproduksi oleh pabrik yang resmi. Sedangkan sepatu KW diproduksi dengan bahan dan kualitas yang lebih rendah, tetapi menyerupai sepatu yang original. Dalam menjual sepatu KW, beberapa penjual memberikan istilah premium, kw super, replika original, grade ori, import standard authentic, dan standar original.

Sebaiknya jangan bingung dengan istilah-istilah yang digunakan penjual sepatu. Karena sepatu yang asli hanya dijual di toko resmi. Agar tidak salah membeli sepatu, cek cara membedakan sepatu ori dan kw berikut ini:

Cara Membedakan Sepatu Ori dan KW

sepatu
ilustrasi cara membedakan sepatu/Camila Damásio/unsplash

1. Lihat Kode Sepatu

Saat hendak membeli sepatu, perhatikan terlebih dahulu pada bagian kode sepatu. Sepatu yang original memiliki tag atau kode yang terdapat di bagian lidah sepatu. Kode sepatu ini juga terdapat pada bagian kotak atau box sepatu. Kode produksi memiliki perbedaan dan kotak sepatu yang digunakan untuk sepatu original biasanya berbeda-beda bentuknya, tergantung dari jenis sepatunya.

2. Aroma Sepatu

Perbedaan sepatu original dan KW bisa terdeteksi dari aroma sepatu. Sepatu yang original memiliki aroma khas dari karet yang berkualita. Sedangkan sepatu KW akan beraroma menyengat dari lem. Berhati-hatilah dalam memilih sepatu.

3. Jahitan Sepatu Lebih Rapi

Sepatu original adalah sepatu yang sudah lulus pabrik atau lulus produksi. Sehingga jahitan pada sepatu akan terlihat lebih rapi, teksturnya lembut dan menggunakan warna benang yang sama. Sedangkan sepatu KW akan memiliki jahitan yang kurang rapi dan kasar, bahkan ada juga yang menggunakan benang dengan warna berbeda.

Cara Membedakan Sepatu Ori dan KW

sepatu
ilustrasi cara membedakan sepatu/Joseph Barrientos/unsplash

4. Cek Bagian Sol Sepatu

Sol sepatu yang original akan memiliki bahan yang berkualitas. Sehingga membuat kaki terasa nyaman dan tidak bau. Sol sepatu original memiliki busa yang empuk dan kain yang lembut. Bahkan terdapat detail-detail khusus dari merek sepatu tersebut. Sedangkan sepatu yang KW, biasanya sol sepatu akan terasa lebih keras dan kain pada insole mudah lepas.

5. Logo Sepatu

Mungkin pembeli akan sangat susah membedakan bagian logo sepatu yang original dan KW. Karena logo sepatu yang digunakan memang hampir mirip. Namun jika diperhatikan lebih detail, logo sepatu original akan lebih rapi daripada yang KW.

 

Cara Membedakan Sepatu Ori dan KW

sepatu
ilustrasi sepatu/Maksim Larin/unsplash

6. Membandingkan Harga

Sepatu dengan merek original memang memiliki harga yang relatif lebih mahal daripada sepatu KW. Ada kemungkinan sepatu dengan merek original dijual dengan harga di atas 500ribu hingga jutaan, tergantung dari jenis sepatu dan teknologi yang dimiliki sepatu. Sedangkan sepatu KW akan dijual dengan harga yang jauh lebih murah, dan semua jenis sepatu dipatok dengan harga yang sama.

7. Reputasi Penjual

Jika ingin membeli sepatu yang original, sebaiknya beli di toko resmi milik merek sepatu tersebut, baik secara online maupun offline. Sahabat Fimela juga bisa membeli di toko yang memberikan garansi, jika sepatu yang dibeli bukan sepatu original. Perhatikan juga review dari pembeli lainnya dalam memilih toko sepatu.

Lanjutkan Membaca ↓