7 Cara Membersihkan Sepatu Putih yang Menguning, Agar Tampak Baru

Kezia Prasetya Christvidya03 Agu 2022, 10:49 WIB
Diperbarui 03 Agu 2022, 11:41 WIB
sepatu

Fimela.com, Jakarta Sering menggunakan sepatu berwarna putih, akan menyebabkan warna sepatu berubah menjadi menguning. Sepatu putih yang menguning dapat menyebabkan rasa kepercayaan diri seseorang menjadi menurun. Sebaiknya sepatu putih harus dirawat dengan baik, agar kualitasnya tetap terjaga.

Sepatu putih bisa digunakan untuk menunjang penampilan dan cocok dipadu padankan dengan semua warna. Sayangnya, warna putih akan sangat gampang berubah warna menjadi kuning dan mudah kotor. Apalagi sepatu yang dikenakan untuk berjalan, akan mudah terkena kotoran jalanan yang menempel pada sepatu.

Cara mencuci sepatu putih harus diperhatikan dengan benar. Karena kesalahan dalam mencuci sepatu juga dapat mengubah warna putih menjadi kuning, sehingga sepatu terlihat kusut dan kusam. Untuk itu, berikut cara mencuci sepatu putih yang menguning, agar tampak seperti baru:

Cara Mencuci Sepatu Putih

sepatu
ilustrasi cara mencuci sepatu putih/Marten Bjork/unsplash

1. Gunakan Pasta Gigi

Cara mencuci sepatu putih yang pertama adalah dengan pasta gigi. Pada umumnya, pasta gigi bisa membuat gigi menjadi putih dan menghilangkan noda yang menempel pada gigi. Sahabat Fimela bisa menggunakan pasta gigi yang berwarna putih untuk mencuci sepatu. Gosokkan sikat gigi yang sudah diberi pasta gigi ke bagian sepatu yang menguning atau kotor. Kemudian bilas dengan air mengalir.

2. Gunakan Sabun Cuci Piring

Selain pasta gigi, sabun cuci piring juga bisa digunakan untuk mencuci sepatu. Karena sabun cuci piring memiliki fungsi untuk mengangkat kotoran yang membandel, dan dapat mengembalikan warna sepatu putih yang menguning. Cucilah sepatu putih menggunakan spon lembut yang sudah diberi sabun cuci piring dan bilas sampai bersih.

3. Cuci dengan Pemutih Pakaian

Jika sepatu putih sudah menguning, coba cuci sepatu dengan pemutih pakaian. Pemutih pakaian akan mengembalikan warna sepatu, sehingga sepatu putih akan tampak seperti baru. Pemutih pakaian ini dapat digosokkan ke sepatu menggunakan sikat gigi, pastikan jangan menyentuh pemutih pakaian secara langsung.

4. Rendam Tali Sepatu dengan Air Hangat

Saat mencuci sepatu, lepaskan tali sepatu dan rendam dengan air hangat. Tali sepatu dapat direndam menggunakan air hangat yang sudah dicampur sabun. Setelah direndam kurang lebih 15 menit, gosok tali sepatu hingga bersih lagi.

Cara Mencuci Sepatu Putih yang Selanjutnya

sepatu putih
ilustrasi cara mencuci sepatu/Joseph Barrientos/unsplash

5. Gunakan Cuka

Cuka adalah bahan dapur yang bisa menambahkan cita rasa pada masakan. Tak hanya itu, ternyata cuka atau vinegar memiliki fungsi lain yang mampu mengangkat kotoran. Sehingga cuka bisa digunakan untuk menggosok sepatu putih yang menguning, agar tampak seperti baru.

6. Gunakan Soda Kue

Sama seperti cuka. Soda kue yang merupakan bahan masakan ini bisa digunakan untuk mencuci sepatu putih yang menguning. Caranya dengan mencampurkan soda kue dengan air hangat hingga berbentuk pasta. Lalu oleskan soda kue ke bagian sepatu yang kotor dan biarkan hingga mengering. Maka kotoran dapat dicungkil dan hilang.

7. Gunakan Semir Sepatu

Biasanya semir sepatu digunakan untuk sepatu yang berbahan kulit, atau yang memiliki warna hitam dan cokelat. Sebenarnya ada semir sepatu yang warnanya netral dan bisa digunakan untuk sepatu putih. Namun, perhatikan bahan sepatu yang akan disemir, agar bahannya cocok dengan semir sepatu.

Tips Agar Sepatu Putih Tampak Baru

sepatu putih
ilustrasi cara mencuci sepatu putih/Maxwell Nelson/unsplash

1. Jangan Jemur di Bawah Sinar Matahari

Setelah mencuci sepatu putih, ada baiknya jangan menjemur sepatu di bawah sinar matahari. Karena sinar matahari dapat membuat warna sepatu menjadi kusam dan kusut. Kamu bisa menjemur sepatu putih hanya dengan diangin-anginkan saja.

2. Hindari Penggunaan Mesin Cuci

Penggunaan mesin cuci untuk mencuci sepatu, justru akan merusak bagian sepatu. Sahabat Fimela bisa mencuci sepatu dengan cara manual. Agar sepatu terlihat lebih bersih dan tampak baru.

3. Gunakan Penghapus

Tips terakhir agar sepatu putih tampak baru, cukup gunakan penghapus pensil untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada sepatu. Penghapus bisa digosokkan ke bagian sepatu yang kotor dan menguning. Hindari penggunaan penghapus untuk sepatu dengan bahan suede.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela