Sukses

Fashion

Kolaborasi Kim Seo Ryong dan Iwan Tirta Hasilkan Batik Modern yang Hadir di Korea Selatan

Fimela.com, Jakarta Kini masyarakat Korea Selatan bisa lebih mengenal hingga mengenakan batik lebih mudah lagi. Hal ini dikarenakan Kim Seo Ryong, desainer asal Korea berkolaborasi dengan label batik maestro Indonesia, Iwan Tirta Private Collection.

Kolaborasi ini menghasilkan koleksi Resort Collection 2022/2023 yang menghadirkan menswear dengan menggunakan kain batik Iwan Tirta dan didesain lebih modern oleh Kim Seo Ryong.

Koleksi yang sudah diluncurkan secara virtual di dua negara sekaligus, yakni Indonesia dan Korea Selatan, pada Jumat (12/8/2022) ini nantinya akan dijual di butik Kim Seo Ryong di Gangnam, Korea Selatan per Agustus tahun ini.

“Kerja sama ini berangkat dari tujuan Iwan Tirta Private Collection untuk terus membawa batik ke dunia internasional," kata Widiyana Sudirman, CEO PT Iwan Tirta, saat peluncuran eksklusif Resort Collection 2022/2023 secara daring, Jumat (12/8/2022).

Alat diplomasi Indonesia - Korea Selatan

Gandi Sulistiyanto, Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea yang resmi membuka peluncuran kolaborasi Kim Seo Ryong dengan Iwan Tirta Private Collection. Ia mengatakan peluncuran ini sebagai tanda mengawali Festival Indonesia 2022 yang mempromosikan sektor ekonomi kreatif dan budaya Tanah Air di Negeri Ginseng.

“Dalam rangka menggalakkan diplomasi ekonomi kreatif subsektor Batik, KBRI Seoul bangga memfasilitasi label batik maestro Indonesia, Iwan Tirta Private Collection (ITPC) dengan Kim Seo Ryong (KSR). Kolaborasi ini mencerminkan bahwa Batik tidak hanya sebagai warisan budaya bangsa tetapi juga wearable arts dan produk kreatif menerima sambutan hangat oleh masyarakat Korea Selatan”, ujar Sulistiyanto saat didampingi oleh istri, Susi A.

Sulistiyanto saat menghadiri konfersi pers tersebut. Sulistiyanto juga menyampaikan jika batik menjadi alat diplomasi bagi hubungan bilateral dengan Korsel. Sebab memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat Korsel, pihaknya menggunakan pendekatan struktural dan kultural.

Untuk itu, sebagai bagian dari pendekatan kultural yang diharapkan lebih mudah diterima oleh masyarakat Korea Selatan.

“Seperti saya yang selalu menggenakan batik di setiap kesempatan agar menjadi ciri khas Indonesia. Saya berharap hadirnya batik di butik Kim Seo Ryong dapat memudahkan masyarakat Korsel ingin lebih membeli kain tradisional ini,” paparnya.

Proses pembuatan dan detail koleksi

Kim Seo Ryong yang menjadi desainer favorit idola Korea Selatan dari BTS sampai Lee Min Ho ini mulanya memilih 10 dari 100 gambar batik Iwan Tirta. Dasitulah ia mengatakan mulai memotong batik menjadi pola pakaian pria. 

Menurutnya, mengolah karya dari kain Batik merupakan sebuah tantangan karena terkadang ukuran kainnya terbatas serta memiliki motif yang juga sakral misalnya motif tersebut peletakannya harus sesuai dengan pakem dan tidak boleh ada yang terbalik atau salah penempatan.

Tantangan tersebut dijawab oleh Kim Seo Ryong dengan menghadirikan motif-motif batik muncul dalam berbagai potongan, mulai dari bomber jacket, flare pants, jas hingga long coat dalam proporsi yang konseptual. 

Motif-motif Nusantara bernuansa cerah seperti menggunakan warna biru dan merah banyak dipilih oleh Kim, yang memiliki kesan timeless dan sesuai untuk kalangan mapan di Korea Selatan. Pemilihan warna terang atau motif yang ikonik, dengan siluet busana yang arsitektural dan dekonstruktif, memberi nafas baru penampilan busana pria. 

Kompleksitas motif dan esensi pakem di baliknya, dikemas effortless dalam wujud simplisitas dan modernitas.Selain di Gangnam, koleksi ini juga bisa dilihat pada situs resmi kimseoryong dan akun Instagram @kimseoryong.

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading