Sukses

Fashion

Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat Bangka Belitung Bermakna Kerukunan di Pidato Kenegaraan 2022

Fimela.com, Jakarta Sebelum melaksanakan upacara Kemerdekaan pada 17 Agustus 2022, seperti tahun-tahun sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan dua pidato di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Hari ini, Selasa (16/08/2022).

Pertama, Presiden akan menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 yang dimulai sekitar pukul 09.30 WIB. Dalam kesempatan tersebut, Presiden akan menyampaikan pidato dalam rangka Penyampaian Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara dan pidato dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI.

Selanjutnya, akan menyampaikan pidato pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2022-2023 yang akan dimulai pada pukul 13.30 WIB dan dibuka oleh Ketua DPR RI.

“Para tamu undangan yang hadir antara lain, pimpinan lembaga negara, mantan presiden dan wakil presiden, menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI, Kapolri, duta besar negara sahabat, para mantan Pimpinan MPR/DPR/DPD RI, serta tamu undangan lainnya,” ujar Ketua MPR RI, dikutip dari laman MPR RI, Selasa (16/08/2022).

Jokowi pun tiba sekitar pukul 08.58 WIB, dengan mengenakan pakaian adat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bernuansa hijau, lengkap mengenakan masker cokelatnya.

Jokowi mengatakan ia mengenakan pakaian Adat Paksian dengan motif pucuk rebung yang melambangkan kerukunan, sementara warna hijau dipilih karena mengandung filosofi kesejukan, harapan, dan pertumbuhan.

Nampak Jokowi mengenakan jubah panjang sebatas betis untuk atasan dan dilengkapi dengan selempang yang disampirkan pada bahu sebelah kanan menandakan seorang laki-laki yang bertanggung jawab. 

Untuk bawahan, nampak Jokowi mengenakan celana panjang warna senada dan kain tenun cual khas Bangka. Orang nomer satu Indonesia ini juga lengkap mengenakan penutup kepala warna keemasan.

Sedangkan ibu Iriana tampil mengenakan atasan model kurung berpayet warna pink yang senada dengan selendang, masker dan jilbabnya. Penampilan Ibu Iriana tersebut dilengkapi dengan kain batik berwarna cokelat. Ia pun nampak mengenakan tas hitam berbentuk panjang.

Tampilan Wapres Ma'ruf Amin

Wapres Ma'ruf Amin beserta istri juga mengikuti Sidang Tahunan MPR. Terlihat Ma'ruf Amin tampil mengenakan pakaian daerah beskap hitam dengan inner putih, serta bawahan kain batik. Ia juga mengenakan blankon coklat dan keris di belakangnya.

Sementara itu, istrinya, Wury Estu Handayani tampak mendampingi Ma'ruf Amin. Dia mengenakan kebaya warna cokelat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading