6 Tips Membersihkan Sepatu Putih yang Bisa Dilakukan di Rumah

Fimela Reporter21 Sep 2022, 21:30 WIB
Diperbarui 21 Sep 2022, 21:30 WIB
6 Tips Membersihkan Sepatu Putih

Fimela.com, Jakarta Sepatu putih adalah fashion pokok utama. Mereka sangat fleksibel karena dapat dicocokkan dengan pakaian apa pun. Pada tahun delapan puluhan, menggunakan sepatu kets putih dengan denim adalah hal yang populer.

Sepatu putih memang terlihat stylish dan cerah. Alas kaki serbaguna ini cocok dengan hampir semua jenis pakaian, menjadikannya pilihan ideal untuk penggunaan sehari-hari. Namun lecet, noda, dan kotoran dapat dengan cepat membuat sepatu putih Kamu terlihat kotor dan usang hanya dalam beberapa hari.

Sepatu putih yang dapat dengan mudah kotor karena pemakaian sehari-hari. Agar sepatu Kamu terlihat bagus dan rapi, Kamu harus sering membersihkannya. Sayangnya, membersihkan sepatu putih tidak semudah menaruhnya ke mesin cuci dan pengering, karena ini bisa merusak sepatu.

Untuk membantu menjaga alas kaki favorit Kamu terlihat bagus. Kamu dapat menggunakan barang-barang pokok kecil yang mungkin sudah Kamu miliki di rumah. Dengan tips sederhana ini, Kamu dapat membersihkan sepatu kets putih Kamu dari segala jenis kotoran dan noda. Ini merupakan cara terbaik untuk membersihkan sepatu putih Kamu.

6 Tips Membersihkan Sepatu Putih

6 Tips Membersihkan Sepatu Putih
Banyak cara untuk membersihkan sepatu putih. Credits: pexels. com by Pixabay

Ada banyak cara untuk membersihkan sepatu putih. Namun, metode yang Kamu pilih tergantung pada beberapa hal. Seperti seberapa parah nodanya, karena noda berminyak, tinta, dan alkohol adalah yang terburuk. Di sisi lain, noda makanan dan keringat lebih mudah dibersihkan. Selain itu, jenis sepatu juga memengaruhi karena hacks tertentu tidak bekerja secara efisien pada beberapa material.

1. Sabun dan Air

Ini adalah cara yang paling mudah untuk melakukan pembersihan. Kemungkinan Kamu sudah mencoba ini. Namun, apakah Kamu sudah mencobanya secara efektif. Kamu dapat menggunakan hack ini untuk semua jenis sepatu putih, termasuk sepatu kets putih, sepatu kain, dan sepatu kulit putih.

2. Soda Kue dan Deterjen

Menggunakan soda kue untuk membersihkan adalah peretasan yang tak lekang oleh waktu. Soda kue menghilangkan noda pada karpet, pakaian, gorden, dan bahkan sepatu berwarna terang. Ini adalah hack yang bagus untuk sepatu kain putih. Namun, jika Kamu menggunakan alas kaki tahan air. Ada dua langkah tambahan untuk mempertahankan kualitas hidrofobik dari sepasang sepatu tersebut, ingatlah untuk melepas tali dan sol bagian dalam. Selain itu, biarkan sepatu mengering dengan sendirinya alih-alih mesin kering.

3. Pemutih untuk Noda Berat

Pemutih memiliki hasil yang sangat baik dalam membersihkan sepatu dan pakaian putih. Tapi, ingatlah untuk menggunakan pemutih dengan sangat hati-hati. Karena pemutih adalah bahan kimia yang kuat, dan terlalu banyak paparan dapat menyebabkan kulit kemerahan, terbakar, dan kesulitan bernapas. Karena itu, Kamu harus mengenakan sarung tangan, dan harus berada di ruangan yang berventilasi baik.

4. Pasta Gigi

6 Tips Membersihkan Sepatu Putih
Pasta gigi dapat membantu membersihkan sepatu putih. Credits: pexels. com by Karolina Grabowska

Kamu hanya perlu menaruh pasta gigi ke sikat gigi bekas dan mulai menggosok sepatu Kamu. Kamu harus berkonsentrasi pada area yang kotor. Pastikan semua area tertutup secara merata. Setelah selesai, biarkan sepatu mengering selama 15-20 menit. Cukup bersihkan pasta gigi dengan kain lembab yang lembut. Jangan pernah menggunakan pasta gigi berbasis gel berwarna atau meninggalkannya di sepatu lebih lama.

 

5. Micellar Water

Micellar water secara umum merupakan produk penghapus makeup. Namun, Kamu dapat menggunakannya untuk banyak tujuan kreatif lainnya, salah satunya membersihkan sepatu putih. Hanya ada dua langkah untuk metode ini. Pertama, tuangkan sedikit micellar water ke kain bersih. Kedua, gosokkan kain pada sepatu Kamu sampai bersih.

Micellar water adalah hack yang bagus untuk sepatu kulit putih, suede, atau karet. Air menyerap semua kotoran dan meninggalkan warna putih yang menakjubkan. Oleh karena itu, ini juga merupakan hack yang sangat baik untuk membersihkan sepatu putih. Namun, berhati-hatilah, hal ini tidak bekerja dengan baik untuk noda yang lebih dalam seperti minyak atau tinta.

6. Soda Kue dan Cuka Putih

Kamu dapat membersihkan sepatu kanvas putih Kamu dengan soda kue dan larutan cuka putih dengan menggosokkan cuka ke sepatu dengan kain lembut. Campur soda kue dan cuka putih secara menyeluruh untuk membentuk pasta. Oleskan pasta ke sepatu Kamu dengan bantuan sikat gigi.

Gunakan gerakan melingkar untuk menghilangkan kotoran secara menyeluruh. Biarkan sepatu selama beberapa jam. Kemudian, gunakan sikat kering untuk menghilangkan pasta kering sebelum dibilas dengan air hangat.

Tips Menjaga Sepatu Putih Agar Tetap Bersih

6 Tips Membersihkan Sepatu Putih
Tindakan untuk mencegah sepatu putih cepat kotor. Credits: pexels.com by Rodolfo Quirós

Sepatu putih lebih mudah kotor. Oleh karena itu, Kamu harus mengambil tindakan untuk mencegahnya agar tidak basah. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga sepatu putih Kamu tetap bersih.

  • Sebelum Kamu memakai sepatu putih baru Kamu, gunakan anti noda atau waterproofer. Oleskan waterproofer setiap minggu untuk melindungi sepatu Kamu dari noda lumpur. Gunakan produk yang tepat karena setiap bahan sepatu berbeda.
  • Jangan mencuci sepatu kanvas putih Kamu dengan mesin. Sepatu kanvas menggunakan bahan katun yang lembut. Jika Kamu mencuci sepatu kanvas di mesin cuci, bagian dalam sepatu akan rusak.
  • Gunakan kain lembut untuk membersihkan sepatu Kamu jika ada noda. Bersihkan sesegera mungkin untuk mencegah noda menjadi permanen
  • Pastikan untuk membersihkan noda membandel seperti minyak dan minyak. Celupkan kain lembut ke dalam larutan air hangat dan sampo. Bersihkan noda agar sepatu Kamu tetap bersih lebih lama.
  • Jika sepatu Kamu kotor karena lumpur, gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkannya. Ini akan menjaga kelebihan lumpur agar tidak menjadi keras. Maka Kamu hanya perlu menggunakan kain lembab untuk menjaga pembersih sepatu Kamu lebih lama.

 

*Penulis: Sri Widyastuti

#Women For Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela