Ratu Elizabeth II Kenakan Rok Motif Tartan yang Dibuat Khusus Tahun 1853 Saat Penampilan Terakhirnya Sebelum Wafat

Anisha Saktian Putri12 Sep 2022, 11:30 WIB
Diperbarui 12 Sep 2022, 11:30 WIB
Sebelum wafat,  Ratu Elizabeth Kenakan Rok Motif Tartan yang Dibuat Khusus Tahun 1853

Fimela.com, Jakarta Raja terlama Inggris, Ratu Elizabeth II meninggal pada Kamis (8/9/2022) di usia 96. Hanya dua hari sebelum kematiannya, dia menunjukan penampilan terakhirnya di Kastil Balmoral, Skotlandia yang diunggah pada akun Instagram @theroyalfamily.

Saat itu, ia secara resmi menunjuk Perdana Menteri baru Inggris, Liz Truss.  Pertemuan itu menandai pertama kalinya Ratu menunjuk seorang perdana menteri di luar Istana Buckingham dalam 70 tahun pemerintahannya.

Untuk pertemuan simbolis, dia mengenakan skirt dengan motif tartan Balmoral dipadukan dengan kemeja abu-abu sederhana dan kardigan yang serasi. 

Sang Ratu melengkapi penampilannya dengan kalung mutiara yang ikonik dan anting-anting yang serasi.

Motif tartan yang tak biasa

Sebelum wafat,  Ratu Elizabeth Kenakan Rok Motif Tartan yang Dibuat Khusus Tahun 1853, @theroyalfamily
Sebelum wafat, Ratu Elizabeth Kenakan Rok Motif Tartan yang Dibuat Khusus Tahun 1853, @theroyalfamily

Melansir, Indianexpress, Ratu Elizabeth mengenakan motif Tartan Balmoral yang diyakini telah dirancang pada tahun 1853 oleh Pangeran Albert, Permaisuri Pangeran untuk Ratu Victoria dan diberi nama sesuai dengan kastil mereka di Royal Deeside, Aberdeenshire, Skotlandia.

Menurut scottishtartans.co.uk, itu adalah satu-satunya tartan yang diketahui telah dirancang oleh anggota keluarga Kerajaan dan memiliki konstruksi yang unik.  

Warnanya didominasi abu-abu dengan over-check merah dan hitam dengan latar belakang yang mengandung benang hitam dan putih yang dipilin menjadi satu dan dicampur dalam proporsi yang berbeda untuk mencapai tampilan granit kasar yang akrab dengan Royal estate. 

Tartan Balmoral telah menjadi milik pribadi Keluarga Kerajaan dan diizinkan untuk dikenakan hanya setelah izin dari Ratu.  Satu-satunya orang lain yang diizinkan untuk memakainya adalah Piper to the Sovereign dan piper dari perkebunan Balmoral.

Istana penuh kenangan

Sebelum wafat,  Ratu Elizabeth Kenakan Rok Motif Tartan yang Dibuat Khusus Tahun 1853, @theroyalfamily
Sebelum wafat, Ratu Elizabeth Kenakan Rok Motif Tartan yang Dibuat Khusus Tahun 1853, @theroyalfamily

Bukan hanya pakaiannya, istana Balmoral juga sangat disayangi Ratu karena dia menghabiskan sebagian besar musim panasnya di pedesaan bersama suaminya, anak-anak, dan anggota keluarga lainnya.

Selain menjadi tuan rumah beberapa pesta dan acara di istana, di sinilah sebagian besar tahun-tahun terakhir Pangeran Philip dihabiskan, karena mereka menghabiskan lock down di Balmoral dan merayakan ulang tahun ke-73 mereka di sini juga. 

Kastil Balmoral pertama kali dibeli dari keluarga Farquharson oleh Pangeran Albert pada tahun 1852. Namun, ternyata terlalu kecil dan Istana Balmoral yang selesai pada tahun 1856. Kastil ini juga menjadi tempat berkumpul keluarga selama kematian Putri Diana. 

#womenforwomen

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
What's On Fimela