Rahasia di Balik Kemegahan Seragam Pasukan Kerajaan Inggris, Makna Mendalam dari Prosesi Melayani Ratu Elizabeth yang Terakhir

Annissa Wulan19 Sep 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 19 Sep 2022, 21:00 WIB
Ratu Elizabeth

Fimela.com, Jakarta Ratu Elizabeth telah mengawasi sendiri detail dari setiap upacara dan ritual yang terjadi di Kerajaan Inggris, setidaknya sejak tahun 1960an. Setiap orang berpakaian sesuai peran mereka, mulai dari Divisi Pengawal Rumah Tangga, Angkatan Laut dan Angkatan Udara Kerajaan, Lord High Chamberlains, Yeoman of the Guard, hingga Uskup Agung Canterbury dan pendetanya.

Ikatan dekat antara Ratu Elizabeth dengan militer telah terkenal mulai dari tahun 1945, saat ia menjadi perempuan kerajaan pertama yang bergabung dengan Tentara Teritorial Tambahan. Tidak seperti pertunjukan ala kadarnya, Ratu Elizabeth benar-benar akan melakukan inspeksi pada setiap kunjungannya ke Kastil Windsor.

Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth yang telah berlangsung selama beberapa hari ini telah menunjukan betapa menakjubkannya tentara Inggris, yang selama ini jarang terlihat, terutama mereka dalam balutan seragam yang megah. Para perajin Inggris yang terampil telah membuat setiap aspek dari seragam bersenjata lengkap, helm berkilauan, dan pakaian upacara yang disulam dengan indah.

Ratu Elizabeth
Ratu Elizabeth melakukan inspeksi militer. Foto: Vogue.

Seragam pasukan Kerajaan Inggris

Kerajaan Inggris
Seragam pasukan Kerajaan Inggris yang penuh makna. Foto: Vogue.

Dalam momen menakjubkan saat peti mati Ratu Elizabeth dibawa ke Westminster Hall, ada sebuah gaun pengadilan yang hanya pernah dikenakan oleh 6 petugas Kantor Tinggi Negara. Gaun ini berasal dari zaman Ratu Victoria, dikenakan oleh Duke of Norfolk, Earl Marshal yang bertanggung jawab untuk mengatur pemakaman para penguasa dan aksesi, serta penobatan raja baru.

Ia adalah orang yang bertanggung jawab atas setiap detail dari aturan lambang yang misterius. Keluarga kerajaan telah memberikan surat perintah kerajaan kepada militer tentang perlengkapan upacara sejak abad ke 15.

Di antara mereka yang bertugas, ada Life Guards, mengenakan seragam merah yang khas, dengan bulu putih sepanjang 17 inci di helm mereka. Seragam ini dibuat oleh Dege & Skinner dari Savile Row, meniru desain dari seragam yang pernah dikenakan pada Pertempuran Waterloo pada tahun 1815.

Seragam pasukan Kerajaan Inggris

Kerajaan Inggris
Seragam pasukan Kerajaan Inggris yang penuh makna. Foto: Vogue.

Keseluruhan seragam yang terdiri dari tunik merah tua, celana kulit rusa berwarna putih, sepatu boot, penutup dada, pedang, dan renda emas membutuhkan setidaknya 6 bulan untuk selesai dibuat. Kain merah dari pakaian parade seremonial dibuat dari wol Melton yang dibuat selama lebih dari 200 tahun di pabrik Hainsworth, Yorkshire.

Lalu, ada sulaman emas batangan yang ditampilkan di seluruh prosesi, dalam semua detail simbolisme yang sangat kompleks. Hand & Lock didirikan pada tahun 1767, bertanggung jawab atas keindahan sulaman emas, lencana emas, tali, kepang, dan monogram.

Semua seragam pengawal Ratu penting untuk dikaitkan dengan apa yang mereka perjuangkan. Ada banyak hal yang harus dipatuhi, seperti keberlanjutan.

Goldings adalah pemasok mantel yang digunakan oleh trompet kavaleri kerajaan Inggris, sebuah jaket pendek yang diselimuti emas. Banyak dari bulu untuk helm dan topi bersumber dari Jaffe et Fils, pemasok bulu yang sudah berdiri sejak lama.

Seragam pasukan Kerajaan Inggris

Kerajaan Inggris
Seragam pasukan Kerajaan Inggris yang penuh makna. Foto: Vogue.

Sebagian besar medali, dekorasi, dan lencana berkilauan dibuat oleh Kenning & Spencer, bisnis yang telah ada selama 10 generasi. Menurut sumber, pengerjaan logam yang mereka lakukan luar biasa.

Adapun pendeta Anglikan Tinggi yang memimpin upacara terakhir Ratu juga mengenakan haute couturenya sendiri. Banyak dari pakaian berharga ini akan menjadi sejarah, seperti mantel rok Court Dress berlapis emas yang luar biasa, telah diturunkan melalui keluarga Dukes of Norfolk.

Pekerjaan yang tak terhitung banyaknya untuk menjahit, menyesuaikan, dan membentuk tampilan arak-arakan, kemegahan, dan upacara perpisahan bersejarah akhirnya akan dilihat dan dilakukan sesuai dengan kode kebijaksanaan dan kerahasiaan Inggris. Akhirnya mereka akan terlihat hari ini di parade, melakukan tugas terakhir melayani Ratu Elizabeth sebagai pelindungnya selama lebih dari 70 tahun.

Kerajaan Inggris
Seragam pasukan Kerajaan Inggris yang penuh makna. Foto: Vogue.
Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela