Sukses

Fashion

How To: Cara Membersihkan Noda Darah pada Pakaian dengan Cara Mudah

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti pernah berurusan dengan noda darah pada pakaian, karpet atau bahan lainnya yang disebabkan oleh luka, hidung berdarah, hingga menstruasi. Membersihkan noda darah tentu tidak semudah membersihkan noda membandel lainnya. Perlu tindakan cepat agar noda tidak meninggalkan bekas. Terkadang, noda darah yang sudah kering akan lebih susah dibersihkan. Bahkan bila noda sudah bersih, terdapat bekas seperti bentuk atau warna lebih gelap pada pakaian.

Mencuci pakaian yang terkena noda darah tidak bisa disatukan dengan pakaian lain di dalam mesin cuci. Cara ini akan membuat noda darah akan menyebar pada pakaian lain. Ada langkah yang harus dilakukan untuk menghempaskan noda sebelum mencucinya bersama pakaian lain. Melansir dari Cleanipedia, berikut langkah-langkahnya.

Barang yang Dibutuhkan

  • Air dingin
  • Sabun mandi, boleh cair maupun batangan
  • Cairan pembersih
  • Detergen

Langkah-langkah

1. Bilas Noda dengan Air Dingin

Bila noda darah pada pakaian masih baru atau segar, bilas terlebih dahulu dengan air dingin. Cara ini akan membantu noda darah lebih mudah dibersihkan. Namun, hindari menyiram dengan menyebar air ke seluruh pakaian. Hal ini akan membuat noda darah menyebar.

2. Oleskan Sabun Mandi ke Noda

Ucek letak noda yang telah dioleskan sabun mandi lalu bilas kembali dengan air dingin. Ulangi langkah ini hingga darah segar hilang.

3. Cuci Seperti Biasa

Bila noda darah segar sudah hilang, kamu boleh mencucinya dengan pakaian lain menggunakan detergen.

Bila noda darah sudah mengering, ucek dengan menggunakan detergen bubuk. Sabun mandi bekerja lebih ringan dan akan lebih sulit membersihkan noda darah yang sudah kering. Jangan gunakan air panas karena air panas dapat membuat noda darah semakin menempel pada serat pakaian.

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading