Beauty Collab: Komunitas untuk Perempuan yang Ingin Belajar Makeup

Gadis Abdul22 Mei 2019, 12:41 WIB
Beauty Collab: Komunitas untuk Perempuan yang Ingin Belajar Makeup

Fimela.com, Jakarta Perempuan dan makeup sepertinya telah menjadi dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Untuk menunjang penampilannya, perempuan pasti membutuhkan makeup, meskipun ada beberapa perempuan yang suka tampil polos tanpa makeup. Namun harus diakui kalau kini banyak perempuan yang semakin serius menggeluti dunia makeup.

Dan satu hal yang dapat dilakukan untuk kamu yang ingin serius belajar tentang makeup adalah dengan bergabung ke dalam sebuah komunitas yang diisi oleh orang-orang yang memang memiliki kesamaan minat terhadap dunia beauty. Salah satu komunitas para pencinta makeup itu adalah Beauty Collab.

Maria Octavia, founder Beauty Collab mengungkapkan komunitasnya diisi oleh orang-orang yang memang baru belajar makeup. “Sebelum membentuk Beauty Collab aku terlebih dahulu masuk berbagai komunitas, namun kurang cocok. Akhirnya aku memutuskan untuk membuat komunitas sendiri. Aku ingin memfasilitasi teman-teman yang baru belajar jadi beauty vlogger atau MUA,” ungkap Maria kepada Fimela.com.

Beauty Collab: Komunitas untuk Perempuan yang Ingin Belajar Makeup
Salah satu kegiatan offline yang diadakan oleh Beauty Collab "How to Take Video, Review Product for Instagram" yang diadakan pada akhir April lalu di Tebet, Jakarta Selatan. (Fimela.com/Nurwahyunan)

Berbagai kegiatan pun diadakan oleh Beauty Collab untuk memfasilitasi para anggotanya supaya semakin ahli dalam dunia makeup. “Project awalnya itu hanya makeup collaboration, di mana kita makeup collab bareng lewat Line dengan tema tertentu. Nah, makin lama aku juga membuat review collab, kita melakukan kerjasama dengan berbagai produk kecantikan,” jelas Maria.

Baru dibentuk pada bulan Juli 2018, Maria mengaku bahwa kini anggota Beauty Collab semakin bertambah, setidaknya kini anggotanya sudah ada 800-an orang lebih. “Kebanyakan anggotanya memang dari Jabodetabek. Tapi ada juga yang di Sumatera dan Kalimantan. Menyebar sih,” tambah Maria.

Diawal terbentuknya Beauty Collab, para anggotanya memanfaatkan salah satu aplikasi messenger untuk saling berbagi informasi tentang dunia makeup, namun belakangan ini para anggota Beauty Collab juga disibukan dengan berbegai kegiatan offline yang dibuat. “Pertemuan pertama offline itu Januari 2019. Saat itu kayak cuma kenalan aja. Tapi kalau sekarang-sekarang ini kegiatan offline itu di isi dengan berbagai tema seputar makeup juga, jadi tempat belajar,” jelas perempuan berambut panjang ini.

Makin Banyak Perempuan yang Tertarik dengan Dunia Beauty

Beauty Collab: Komunitas untuk Perempuan yang Ingin Belajar Makeup
Beauty Collab: Komunitas untuk Perempuan yang Ingin Belajar Makeup. (dok. Beauty Collab)

Berkembangnya media sosial diakui Maria Octavia menjadi salah satu penyebab mengapa saat ini makin banyak orang yang ingin serius menggeluti dunia beauty, entah itu jadi beauty vlogger atau pun MUA. “Aku sendiri terjun ke dunia beauty ini baru beberapa bulan sebelum membentuk komunitas. Memang dunia beauty itu berkembang sejak dua atau tiga tahun lalu, tapi tahun ini benar-benar membludak banget, banyak beauty influencer dan segala macamnya yang bermunculan,” terang Maria.

Berkembangnya media sosial lalu bertambahnya orang-orang yang tertarik dengan dunia makeup diakui Maria menjadi salah satu alasan mengapa sekarang ini makin banyak komunitas beauty yang bermunculan. “Semakin banyak komunitas tentu bagus, tinggal kita memilih mana komunitas yang pas buat kita.”

Beauty Collab: Komunitas untuk Perempuan yang Ingin Belajar Makeup
Para anggota Beauty Collab tengah serius mendengarkan penjelasan dari Beauty Blogger Rizka soal bagaimana caranya mengunggah foto yang bagus ke media sosial. (Fimela.com/Nurwahyunan)

Maria menjelaskan banyak manfaat yang ia dapat setelah membentuk atau bergabung dengan komunitas. “Awalnya makeup itu cuma hobi. Tapi di komunitas aku bertemu banyak orang yang memiliki keahlian yang berbeda-beda. Aku bisa bertemu dengan orang yang pintar face painting atau pintar mengedit foto supaya di-upload ke Instagram itu bagus.” Jelas Maria.

Di tahun 2019 ini banyak kegiatan seru yang akan diadakan oleh Beauty Collab dan di tahun ini Maria juga berharap komunitasnya akan semakin dikenal. “Kita pengin nggak cuma anggotanya yang semakin banyak, tetapi juga para anggotanya bisa menambah ilmu pengetahuan mereka tentang dunia makeup dan bisa membagikannya ke yang lain,” pungkas Maria.

Lanjutkan Membaca ↓