Ulang Tahun, Jakarta Babywearers Angkat Tema Tentang Ayah

Cica20 Agu 2019, 15:52 WIB
[FIMELA] Ulang Tahun, Jakarta Babywearers Angkat Tema Tentang Ayah

Fimela.com, Jakarta Menggendong merupakana salah satu bentuk mengsuh anak yang kerap dilakukan orangtua. Bukan cuma ibu, yang dikatakan lebih banyak menghabiskan waktu bersama anak, tapi seorang ayah juga tidak ada salahnya berkontribusi dalam mengasuh anak. Hal tersebut ditunjukkan oleh komunitas Jakarta Babywearers.

Di ulang tahunnya yang ke-2, Jakarta Babywearers mencoba mengangkat peran ayah dalam kegiatan mengasuh anak. Bertajuk "Ayo Jadi Full-time Dad", Jakarta Babywearers mengundang Ivan Sujana selaku Psikolog Klinis dan Carlin Kawijaja selaku Trained Babywearing Educator sebagai narasumber talkshow. Sarah, salah satu pengurus Jakarta Babywearers dan panitia acara mengungkapkan alasan mereka mengangkat tema tersebut.

"Alasan kami mengangkat tema tersebut karena kadang ibu bekerja tapi juga harus urus anak dan ada ayah yang nggak mau tahu, jadi kami mengajak bapak-bapak dengan cara yang sederhana, mungkin nggak sempat urus anak, tapi ayah bisa membahagiakan ibu, seperti memberi kado atau kejutan kecil, dengan ibu senang maka ASI juga lancar," jelas Sarah.

[FIMELA] Ulang Tahun, Jakarta Babywearers Angkat Tema Tentang Ayah
Sarah, salah satu panitia birthday event Jakarta Babywearers. (Sumber foto: Daniel Kampua/FIMELA.com)

Berlokasi di Green Pramuka Square, Jakarta Timur, Jakarta Babywearers berhasil menghadirkan lebih dari 200 peserta yang terdiri dari orangtua dan anak. "Total peserta 124 orang, tidak termasuk pasangan jadi ibunya saja, tapi yang hadir bersama pasangan ada 50 persen, 80 persen peserta dari komunitas dan sisanya peserta dari media sosial," kata Sarah.

Dibanderol dengan harga tiket Rp150 ribu per orang, para peserta bisa mengikuti serangkaian acara berupa talkshow, sharing session, mini bazaar, dongeng dan sulap untuk anak, babywearing dance, dan lomba 'Ayah Jarik'.

 

[FIMELA] Ulang Tahun, Jakarta Babywearers Angkat Tema Tentang Ayah
Komunits Jakarta Babywearers. (Sumber foto: dok. Indonesian Babywearers)

"Acara utamanya itu talkshow dengan tema "Ayo Jadi Full-time Dad", habis itu break makan siang dan dilanjutkan dengan acara anak yaitu sulap dan dongeng," ujar Sarah.

Lebih lanjut, Sarah menceritakan persiapan Jakarta Babywearers acara ulang tahun ini."Kalau mikirin acara ini sudah dari sekitar Januari lalu, tapi baru benar-benar bergerak dari 2-3 bulan belakangan," jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Sarah juga membocorkan agenda mendatang Jakarta Babywearers. "September ini kami 'tarik nafas' dulu, kalau nggak ada halangan selanjutnya kami akan mengadakan makeup class, oiya rencananya juga nanti akan ada mini kopdar," tandas Sarah.

Fimelahood #MyGoalMatter, Tempat Perempuan Berbagi Kisah Inspiratif