Jogja Bloggirls, Wadah Penggiat Gaya Hidup dan Kecantikan di Yogyakarta

Cica30 Agu 2019, 17:51 WIB
[FIMELA] Jogja Bloggirls, Wadah Penggiat Gaya Hidup dan Kecantikan di Yogyakarta

Fimela.com, Jakarta Bagi orang-orang yang hobi menulis, blogging adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Tidak hanya sebagai media untuk menyalurkan hobi dan passion, tetapi juga menjadi media berbagi dengan masyarakat lebih luas lagi. Selain itu, blogging juga bisa mempertemukan kita dengan orang-orang dengan hobi yang sama di berbagai belahan dunia.

Seperti yang terjadi pada Komunitas Jogja Bloggirls. Melalui blogging, mereka bisa bertemu dalam jangkauan regional Yogyakarta. Melalui pesan elektronik, Ade Kurnianingrum, inisiator Jogja Bloggirls, menceritakan bagaimana ia dan kawan-kawannya menjalankan komunitas yang terbentuk sejak Agustus 2016 ini.

Menurut perempuan yang akrab disapa Nia ini, Jogja Bloggirls bukan sekadar komunitas kecantikan, tetapi juga gaya hidup. "Jogja Bloggirls merupakan sebuah komunitas yang beranggotakan blogger perempuan di Yogyakarta, makanya namanya “Bloggirls”. Biasanya perempuan diidentikkan dengan beauty, ya. Tapi anggota kami bukan hanya beauty blogger saja, tapi banyak dari kami yang juga lifestyle blogger," jelas Nia.

Lebih lanjut, Monica, salah satu pengurus mengungkapkan berdirinya Jogja Bloggirls tidak lain karena persamaan hobi, yaitu nge-blog yang dipertemukan dalam sebuah acara. "Waktu itu ada event beauty yang diadakan di Yogyakarta dan untuk pertama kalinya kami bertemu in real life, biasanya dari Instagram saja, hahaha. Seusai event tersebut, kami buat grup Whatsapp untuk saling tukar foto event," jelas Monica.

 

 

[FIMELA] Jogja Bloggirls, Wadah Penggiat Gaya Hidup dan Kecantikan di Yogyakarta
Ade Kurnianingrum. (Sumber foto: dokumen pribadi Jogja Bloggirls)

"Berawal dari tukar foto event, pembicaraan pun melebar dan membuat kami mulai akrab dan makin sering dating ke event yang sama. Akhirnya kami berpikir, 'kenapa nggak kita buat komunitas sekalian? Ajak teman-teman blogger lain juga. Jika ada tawaran kerjasama dengan brand juga bakal lebih nyaman koordinasinya'. Lumayan untuk menjalin tali silaturahmi, juga untuk lebih memudahkan koordinasi," imbuh Monica.

Hingga tahun ketiga, Jogja Bloggirls telah menjaring setidaknya 90 anggota blogger yang ada di Yogyakarta untuk bergabung bersama mereka. Untuk bisa bergabung dengan Jogja Bloggirls, caranya cukup mudah. Nia menjelaskan, calon anggota cukup follow akun Instagram Jogja Bloggirls dan share foto dengan tagar #Jogja Bloggirls.

"Join ke Jogja Bloggirls itu mudah banget. Tinggal follow instagram Jogja Bloggirls dan gunakan hastag #JogjaBloggirls setiap share blog post terbarunya di sosial media. Soalnya kita pengen merangkul semua blogger perempuan yang ada di Jogja, baik yang niche-nya beauty, fashion dan juga lifestyle. Supaya mempermudah komunikasi kalau ada informasi terbaru, kita juga sediakan form untuk menyimpan data pribadi dan sosial media blogger yang bergabung di Jogja Bloggirls. Link form-nya udah kita pasang di bio instagram Jogja Bloggirls," jelas Nia.

Welcome untuk Vlogger Juga

[FIMELA] Jogja Bloggirls, Wadah Penggiat Gaya Hidup dan Kecantikan di Yogyakarta
Jogja Bloggirls. (Sumber foto: dokumen pribadi Jogja Bloggirls)

Seperti komunitas pada umumnya, Jogja Bloggirls juga memiliki kegiatan yang menghidupi perkumpulan tersebut. Kendati tidak rutin, tapi Nia memastikan bahwa kegiatan Jogja Bloggirls sesuai dengan tujuan mereka, yaitu berbagi ilmu. "Kalau dibilang rutin juga tidak karena memang kami punya kesibukan dan prioritas masing-masing. Kami berusaha paling tidak setiap bulan mengadakan mini gathering yang diisi dengan materi-materi tertentu, misal materi tentang bagaimana cara membangun engagement dengan brand," ujar perempuan asal Yogyakarta ini.

Selain kegiatan internal, Jogja Bloggirls juga kerap mengadakan proyek berupa workshop dengan komunitas lain. Salah satunya yakni proyek workshop SEO (Search Engine Optimization) yang paling berkesan menurut Nia.

"Project yang paling berkesan itu ketika kita pertama kali membuat workshop SEO, berkolaborasi dengan Komunitas Blogger Perempuan. Nah, itu adalah event pertama yang dibuat. Menyatukan banyak kepala untuk bisa membuat event yang sebenarnya sederhana, tapi berhubung baru pertama kali, jadinya rasanya cukup berkesan dengan sedikit drama di dalamnya. Tapi semua berjalan dengan lancar," kenangnya.

[FIMELA] Jogja Bloggirls, Wadah Penggiat Gaya Hidup dan Kecantikan di Yogyakarta
Jogja Bloggirls. (Sumber foto: dokumen pribadi Jogja Bloggirls)

Komunitas blogger di Yogyakarta mungkin tidak hanya Jogja Bloggirls. Namun Nia mengatakan jika Jogja Bloggirls memiliki sesuatu yang spesial dan membedakan dari komunitas blogger lainnya.

"Jogja Bloggirls ini ngga hanya komunitas para pecinta beauty aja, tapi para anggota nya ini punya niche yang berbeda-beda seperti beauty, fashion, travelling, dan lifestyle. Nggak hanya blog, tapi teman-temen yang punya vlog dan mau ikutan buat gabung biasanya juga bakal kita terima dengan senang hati," jelas fashion blogger ini.

Di ujung obrolan, Nia mengungkapkan harapannya untuk Jogja Bloggirls. "Harapan kami sebagai komunitas adalah bisa menjadi komunitas yang bisa merangkul lebih banyak lagi blogger dan bisa saling mendukung satu sama lain serta tumbuh dan berkembang bersama di dunia blogging. Selain itu, kami juga berharap bisa lebih sering lagi berkolaborasi dengan komunitas lain," tandasnya.

Lanjutkan Membaca ↓