Scooter Bee 17, Buktikan Kesetaraan Gender dalam Hobi Otomotif

Cica20 Sep 2019, 16:09 WIB
[FIMELA] Scooter Bee 17, Buktikan Kesetaraan Gender dalam Hobi Otomotif

Fimela.com, Jakarta Di kehidupan sehari-hari, sering kali kita temui hal-hal yang dikubu-kubukan berdasarkan jenis kelamin, perempuan dan laki-laki. Sebut saja hobi otomotif kental dikaitkan pada kaum Adam. Padahal, pada kenyataannya, perempuan juga berhak untuk hobi yang sama. Setidaknya, Scooter Bee 17 telah membuktikannya.

Ya, tidak seperti komunitas otomotif yang didominasi para lelaki, Scooter Bee 17 justru diisi oleh para perempuan tangguh. Kepada FIMELA.com, Irhamna Rahmadani, inisiator komunitas tersebut, mengungkapkan latar belakang didirikannya Scooter Bee 17.

"Awal mula terbentuk nya Scooter Bee 17 itu tahun 2017 tepat nya 5 Juni, di Mitra Teras Gatot Subroto. Komunitas ini dibentuk untuk kesetaraan gender kali ya hehe, karena hoby motor biasa dimiliki laki-laki, kami di sini membuktikan nggak laki laki aja, lho, yang hobi motor, jadi komunitas ini mengumpulkan semua perempuan yang punya hobi riding pakai vespa, baik matic atau vespa kopling," jelas perempuan kelahiran Jakarta ini.

[FIMELA] Scooter Bee 17, Buktikan Kesetaraan Gender dalam Hobi Otomotif
Irhamna Rahmadani. (Sumber foto: dok. pribadi/Irhamna Rahmadani)

Meski demikian, menurut Irhamna, Scooter Bee 17 sama seperti komunitas otomotif lainnya. "Pada dasarnya kami sama dengan komunitas vespa yang lain, karena kami juga berteman baik , cuma yang lebih spesifik membedakan kami sangat terbuka untuk siapapun bergabung dengan Scooter Bee, tapi tidak mengikat anggota kami untuk stay di komunitas kami , kalau mau bergabung dengan komunitas lain pun silahkan, oiya kami biasa memakai dresscode yang seirama atau tema yang apa bila datang ke acara atau event," ungkap Irhamna. 

Sejak pertama kali dibentuk, Scooter Bee 17 telah menaungi sekitar 30 perempuan dengan ketertarikan yang sama. Untuk bergabung dengan Scooter Bee 17, tidak dibutuhkan cara yang rumit. "Cara gabung dengan ami gampang, bisa contact langsung melalui direct message di Instagram atau e-mail yang tertera di Instagram kami, syarat khusus sih harus Perempuan ya hehe dan punya Vespa, dan bisa aktif, baik di grup atau di acara kalau diundang bisa hadir," ungkap Irhamna.

Scooter Bee 17 sendiri memiliki kegiatan yang membuatnya terus eksis di dunia komunitas. Salah satunya yakni kopdar alias kopi darat tiap hari Jumat. "Kegiatan kami sama dengan komunitas lain, kami KOPDAR (kopi darat) hari Jumat malam, untuk tempat kami pindah pindah sesuai kesepakatan bersama tapi masih daerah Jakarta Selatan, paling minggu pagi kami riding atau kalo ada undangan acara kami datang," ungkap dara kelahiran 15 Januari ini.

[FIMELA] Scooter Bee 17, Buktikan Kesetaraan Gender dalam Hobi Otomotif
Scooter Bee 17. (Sumber foto: dokumentasi Scooter Bee 17)

Selain itu, Scooter Bee 17 juga kerap membuat kegiatan lain seperti touring ke luar kota yang menjadi salah satu kegiatan paling berkesan bagi Irhamna. "Kami pernah bikin riding ke puncak pas acara anniversarry 1 tahun Scooter Bee, hampir semua member hadir, kami buat acara seru-seruan seperti ada lomba, masak bersama untuk makan, bikin vidio dokumenter," ujar perempuan yang suka Vespa sejak 2014 ini.

Tidak hanya sekadar mengendarai, sebagai bentuk antusias pada Vespa Irhamna mengaku bisa melakukan perawatan kecil pada kuda besinya tersebut. "Kalo aku sendiri bisa sedikit perawatan Vespa seperti ganti lampu bila mati, lepas aki vespa untuk di-charge, dan sepertinya beberapa member yang lain juga bisa," aku Irhamna.

Di akhir pembicaraan, Irhamna mengungkapkan harapannya untuk Scooter Bee 17 dan perempuan di dunia otomotif pada umumnya. "Harapan aku semoga Scooter Bee 17 bisa memberikan contoh yang baik untuk komunitas atau pengendara motor vespa yang lain. Untuk dunia otomotif sendiri aku berharap untuk perempuan di luar sana, hobi motor itu nggak salah, kalian bebas mengekspresikan diri kalian di hobi kalian meskipun hobi otomotif, percayalahkami cewek yang keren kalo hobinya otomotif hehe," tandas Irhamna.