Belajar Mobile Food Photography Bareng Komunitas Jangkrik Kuliner di Fimela Fest 2019

Gadis Abdul16 Nov 2019, 20:31 WIB
Belajar Mobile Food Photography Bareng Komunitas Jangkrik Kuliner di Fimela Fest 2019

Fimela.com, Jakarta Kamu tipe orang yang hobi memotret makanan sebelum melahapnya hingga habis? Kenapa juga tidak kamu seriusin untuk menjadi hobi yang menghasilkan uang seperti yang dilakukan oleh para anggota Komunitas Jangkrik Kuliner.

Tapi, sebelum membahas soal hobi yang menghasilkan uang, maka kamu harus terlebih dahulu belajar untuk menghasilkan foto yang bagus, meskipun diambil dengan menggunakan handphone.

Beruntungnya bagi para sahabat Fimela karena di Fimela Fest 2019 ada 'Photography Class: Mobile Food Photography Bareng Komunitas Jangkrik Kuliner'.

Kali ini materi dibawakan oleh dua food blogger terkenal, yakni Christina dengan Instagram @nanakoot dan William si empunya Instagram @jktfoodead. Soal followers jangan ditanya, Nanakoot sendiri telah memiliki 236 ribu followers, sedangkan @jktfoodead sudah memiliki 45.2 ribu followers.

Dalam materinya William dan Nana menjelaskan soal teknik-teknik mobile food photography, salah satunya adalah teknik food porn. "Saya suka dengan teknik yang satu ini," ucap Nanakoot. "Food porn intinya kita kasih lihat detail makanannya dan orang bisa lihat detail makanan itu," terang William. Menurut William tips yang paling utama adalah Lighting. "Yang paling penting adalah cahaya dalam memotret makanan. Itu merefleksikan makananya itu sedang dalam kondisi hangat atau nggak," tambah William. 

Belajar Mobile Food Photography Bareng Komunitas Jangkrik Kuliner di Fimela Fest 2019
Suasana Photography Class bareng Komunitas Jangkrik Kuliner. Fimela.com/Adrian Putra)

Satu hal yang unik dijelaskan oleh Nanakoot. "Tips foto makanan cari jendela. Jendelanya di mana kita foto di situ. Kecuali kalau malemlah ya," ujar Nanakoot sambil tertawa. Selain itu, menurut Nanakoot, hal yang tidak boleh dilupakan adalah soal menata makanan. Untuk kamu yang ingin langsung praktik memotret makanan, maka William dan Nanakoot memberikan saran sederhana. "Simple advice, ibaratnya makeupnya, cropping 4 x 5, contrast, shadow, highlight, temperature," jelas William.

Tak hanya menjelaskan soal teknik foto makanan, di 'Photography Class: Mobile Food Photography Bareng Komunitas Jangkrik Kuliner' para pesertanya diberikan kesempatan untuk bertanya kepada William dan Nanakoot. Sahabat Fimela terlihat berebut untuk bertanya kepada para speakers.

Belajar Mobile Food Photography Bareng Komunitas Jangkrik Kuliner di Fimela Fest 2019
Sahabat Fimela belajar Food Photography bareng Komunitas Jangkrik Kuliner di Fimela Fest 2019. Fimela.com/Adrian Putra)

"Bagaimana kalau foto di siang hari? Kan cahayanya kebanyakan," tanya Lina yang mendapat kesempatan pertama untuk bertanya kepada William dan Nanakoot. "Cari cahaya yang merata dan tidak kena matahari langsung. Jam 9 sampai jam 10 masih oke, tapi jangan di jam 12 aja," jelas William.

Keseruan Fimela Fest 2019 tidak hanya berakhir di 'Photography Class: Mobile Food Photography Bareng Komunitas Jangkrik Kuliner' karena Fimela Fest masih akan berlangsung hingga 17 November 2019. Buat kamu yang penasaran bagaimana kemeriahan Fimela Fest 2019 serta mengikuti berbagai macam talk show menarik dengan pembicara yang keren, maka jangan ragu untuk datang ke Gandaria City.