Fimelahood From Home: Bincang Online Virus Corona Bersama dr. Erni Nelwan

Cica27 Mar 2020, 12:52 WIB
Fimelahood From Home

Fimela.com, Jakarta Di tengah mewabahnya virus Corona seperti sekarang, social distancing adalah sebuah harga mati bagi siapa pun di dunia ini. Bukan hanya sekadar imbauan, social distancing harus dilakukan demi memotong rantai penyebaran virus Corona di suatu daerah. Hal tersebut disampaikan dr. Erni Juwita Nelwan di Fimelahood From Home pada Kamis (26/3).

Mengundang 20 orang Fimelahood, kegiatan online pertama Fimela ini bekerja sama dengan The Conversation Indonesia, sebuah platform yang memuat tulisan opini dari para praktisi di bidang tertentu. Pada acara Fimelahood online ini, dr. Erni menjelaskan betapa pentingnya melakukan social distancing atau jaga jarak sosial di tengah epidemi virus Corona.

[FIMELA] Fimelahood From Home: Bincang Online Virus Corona Bersama dr. Erni Nelwan
Jenis virus menular selain COVID 19 atau virus Corona. (Sumber foto: Fimela.com)

"Di rumah aja atau social distancing ini menunjukkan seberapa pentingnya dalam upaya kita berperan aktif menularkan kasus, jangan sampai kita ketularan atau malah menularkan, karena dalam proses infeksi itu ada masa inkubasi, yaitu ketika seseorang sudah tertular virus tapi tetap sehat karena imunnya baik, tapi kalau dia tidak menjaga jarak maka tetap bisa menularkan," kata dr Erni.

dr. Erni juga menjelaskan serba-serbi mengenai virus Corona yang tengah menghantui kita. Ia juga mengimbau agar kita senantiasa wasapda kendati dalam keadaan sehat. "Hati-hati juga apabila kita sering berada di luar dan sehat-sehat saja, tapi kita sering menyentuh wajah dengan keadaan tangan tidak yakin bersih, maka ini kemudian bisa menjadi sumber penularan untuk diri kita sendiri," ujar dokter lulusan Universitas Indonesia ini.

[FIMELA] Fimelahood From Home: Bincang Online Virus Corona Bersama dr. Erni Nelwan
Fimelahood From Home In Collaboration with The Conversation Indonesia. (Sumber foto: Fimela.com)

"Social distancing tidak hanya membatasi aktivitas di rumah, tapi juga menjaga kebersihan personal seperti mencuci tangan, tidak menyentuh wajah, mengisolasi diri jika ada gejala sakit," tegasnya.

Di akhir sharing session, ada sesi tanya jawab untuk para Fimelahood. Bagi Fimelahood yang mengikuti acara ini, berhak mendapat pulsa senilai Rp100 ribu di akhir acara.