Fimelahood From Home: Menyebarkan 'Virus' Self Love Bersama Dian Sastrowardoyo

Cica16 Apr 2020, 18:30 WIB
[FIMELA] Fimelahood From Home: Self Love versi Dian Sastrowardoyo

Fimela.com, Jakarta Siang ini, Kamis (16/4), Fimela baru saja melangsungkan Fimelahood From Home, kegiatan sharing session bulanan Fimela yang dilakukan secara online selama masa karantina pandemi virus Corona. Mengundang Dian Sastrowardoyo sebagai narasumber, Fimelahood From Home kali ini mengangkat tema Social Distancing=Self Love.

Dari judulnya, kita bisa menyimpulkan bahwa tema sharing session kali ini adalah tentang cinta terhadap diri sendiri di tengah social distancing seperti ini. Bersama 60 orang Fimelahood dari berbagai kota di Indonesia, Fimelahood From ini berjalan sekitar 90 menit melalui konferensi video Zoom.

Selain Dian Sastrowardoyo, dalam perbincangan online kali ini juga ada Amelia Ayu Kinanti, Editor In Chief Fimela.com. Ditunjuknya Dian sebagai narasumber bukan tanpa alasan. Amelia Ayu Kinanti memiliki alasan tersendiri untuk itu.

[Fimela] Dian Sastro
Dian Sastro (Adrian Putra/Fimela.com)

"Menurutku pribadi, Dian Sastrowardoyo adalah salah satu perempuan yang self love-nya tinggi sehingga membuat karakternya jadi sangat kuat, karena kebanyakan perempuan saat ini menilai self love itu hanya sekadar me time, pergi ke salon, padahal self love luas banget dan nggak gampang, tapi Dian berani menjadi dirinya sendiri, salah satunya yakni dengan mengatakan "tidak"," kata Amelia Ayu.

Ya, Dian merupakan salah satu public figure yang sudah menerapkan konsep self love dalam dirinya. Ia menyadari bahwa konsep tersebut tidak mudah karena budaya parenting yang terbawa sejak kecil. "Sebagai perempuan di budaya Indonesia kita sering banget dididik untuk bilang "iya" dan nurut. Aku nggak bilang budaya kita buruk. Kadang-kadang untuk bisa sayang sama diri sendiri harus bikin boundaries," jelas Dian.

Menurut ibu dua anak ini, boundaries atau batasan untuk orang lain ini penting. Semisal contoh ketika ia menolak ajakan berfoto oleh seorang penggemar ketika dirinya sedang repot membawa barang belanjaan. Tentunya dengan kata-kata yang sopan dan tetap berpikir positif bahwa orang lain akan mengerti asalannya menolak.

Yuk Gabung ke Komunitas Fimela.com, Fimelahood dengan Mendaftar ke Sini
Editor in Chief Fimela.com Amelia Ayu Kinanti tengah memberi kata sambutan dalam kegiatan Fimelahood yang diadakan di kantor KLY. (Fimela.com)

Di tengah sharing session, ada sesi tanya jawab dengan peserta. Salah satu peserta bertanya mengenai perbedaan self love dengan selfish. "Self love itu bukan egois, bukan selfish, self love itu adalah dengan baik mengurus diri sendiri sehingga kita itu full dan lengkap sehingga kita nggak bergantung kepada orang lain, karena kita sudah lengkap," jelas Dian.

Di lain sisi, Ayu mengatakan bahwa di saat social distancing ini adalah waktu yang tepat untuk mencintai diri sendiri dan mengenal diri sendiri lebih dalam untuk menjadikannya lebih baik.

"Saat social distancing ini saat yang bagus untuk self love juga, betapa kita belajar memaklumi diri sendiri, betapa kita nggak perlu sama dengan orang lain karena tingkat stres kita yang beda, mungkin ada blessing in disguise. Ini saatnya kita mengenal diri sendiri karena pengaruh dari luar berkurang, semoga setelah ini kita bisa jadi pribadi yang lebih positif," ujar Ayu.

Ingin tahu obrolan lengkapnya? Tunggu update-nya di video Fimela.com ya!