Komunitas Ayo Bangun Pagi, Tanamkan Nilai-nilai Positif dalam Berolahraga

Cica29 Apr 2020, 14:00 WIB
[FIMELA] Komunitas Ayo Bangun Pagi

Fimela.com, Jakarta Selain makanan bergizi dan bernutrisi, olahraga merupakan salah satu aktivitas penunjang gaya hidup sehat. Banyak jenis olahraga yang bisa kita lakukan di tengah kesibukan sebagai masyarakat urban. Salah satunya adalah lari. Ya, olaraga lari adalah salah satu olahraga murah meriah yang siapa saja bisa lakukan.

Ditambah lagi kini banyak komunitas lari yang bisa menjadi support system para pemula. Seperti Komunitas Bangun Pagi (KBP), misalnya. Komunitas yang terbentuk 16 November 2019 ini memiliki filosofi khusus tentang nama komunitasnya tersebut. "Filosofi yang bahwasannya semua hal baik dapat dimulai di pagi hari, khususnya dengan bangun pagi," jelas Miya, salah satu pengurus Komunitas Bangun Pagi.

"Karena tujuan utama dari komunitas kami itu meningkatkan kebiasaan baik demi terciptanya kesehatan yang optimal bagi setiap individu, keluarga, atau kelompok. Intinya, menumbuhkan gaya hidup sehat," imbuh Miya.

[FIMELA] Komunitas Ayo Bangun Pagi
Komunitas Bangun Pagi (Sumber foto: Komunitas Ayo Bangun Pagi)

Tak sekadar lari, rupanya KBP juga memiliki kegiatan olahraga lain yang bisa dilakukan oleh banyak orang dan di mana saja. Ditambah lagi kegiatan amal yang mereka galakan untuk menambah nilai sebuah komunitas.

"Kalo kegiatan Komunitas Bangun Pagi sendiri sih tidak untuk hanya lari, tapi juga bisa jalan kaki, dan sepeda. Intinya olahraga yang bisa dilakukan banyak orang dengan perlengkapan minimum dan bisa dilakukan di mana saja. Selain itu juga mengembangkan konsep kegiatan kami dengan acara tambahan seperti amal. Jadi kami maunya selain ada kegiatan olahraga dan kegiatan yang bersifat menghibur, kami juga ingin saling membantu dan peduli dengan sesama," ujar Miya.

Kendati belum genap setahun eksis, tapi KBP telah membuat event yang melibatkan banyak orang di dalamnya. Kegiatan ini yang menjadi bahan bakar KBP untuk membuat event selanjutnya. "kam pernah mengadakan YAI5K tahun 2019, acara lari santai yang diadakan di Car Free Day. Acaranya sendiri sukses diadakan dengan 500 orang yang antusiasnya sangat besar. Untuk itu kami ingin mengadakan acara lari-lari lainnya dengan tema yang berbeda tentunya," ungkap Miya.

[FIMELA] Komunitas Ayo Bangun Pagi
YAI5K, salah satu kegiatan Komunitas Bangun Pagi. (Sumber foto: Komunitas Ayo Bangun Pagi)

KBP sendiri telah menjadwalkan kegiatan selanjutnya pada 5 April 2020 lalu, tapi karena pandemi virus Corona yang tengah terjadi, terpaksa kegiatan tersebut ditunda. "Next project kami akan ada lomba lari yang sebelumnya dijadwalkan 5 April, tapi karena saat ini sedang mewabahnya virus Covid-19, kami dengan berat hati mengundur untuk keamanan dan kesehatan bersama," jelas Miya.

"Acara kami nanti akan ada Charity, DJ, Zumba, dan games lainnya dengan berbagai hadiah yang akan kami sediakan. Tapi untuk jadwalnya sendiri kami masih belum bisa tentukan, menunggu kondisi kembali kondusif lagi," Miya menambahkan.

Miya berharap, supaya komunitas yang diurusnya ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat, khususnya dalam hal kesadaran hidup sehat. "Personally aku berharap ke depannya Komunitas Bangun Pagi akan selalu menjadi komunitas yang memberikan nilai-nilai positif terhadap orang lain tentang pentingnya olahraga, menjaga kesehatan dan menumbuhkan hidup sehat. Semoga nantinya masyarakat bisa aware tentang keuntungan menjaga kesehatan dan berolah raga lewat Komunitas Bangun Pagi ini dan tentunya akan menjadi lebih besar lagi komunitasnya, dengan acara-acara lari kami," tandas Miya.