Let’s Adopt Indonesia Steril 100 Kucing Liar di Pasar Bekasi

Gadis Abdul18 Jan 2021, 14:04 WIB
Diperbarui 18 Jan 2021, 14:05 WIB
Let’s Adopt Indonesia Steril 100 Kucing Liar di Pasar Bekasi

Fimela.com, Jakarta TNR (Trap, Neuter, Return)—kegiatan steril kucing liar dengan cara menangkap, mensterilkan dan melepas kembali kucing ke tempat asalnya merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Let’s Adopt Indonesia (LAI). Let’s Adopt Indonesia sendiri adalah sebuah organisasi nirlaba berbadan hukum yang berfokus pada kesejahteraan hewan dengan melakukan kegiatan steril hewan.

Di masa pandemi virus Corona, dengan protokol kesehatan yang telah disesuaikan, kegiatan steril masih terus dilakukan oleh LAI. Belum lama ini LAI melakukan kegiatan TNR di Pasar Basah Cikunir Bekasi dan wilayah sekitarnya. Setidaknya ada 100 ekor kucing disteril pada periode Desember 2020 hingga Januari 2021.

“Untuk pertama kalinya kami mendapatkan bantuan sebesar USD4.000 dari Neighborhood Cats, sebuah lembaga di Amerika Serikat. Bantuan tersebut diberikan kepada LAI untuk melakukan kegiatan TNR,” jelas Head of Operation Let’s Adopt Indonesia Carolina Fajar.

Let’s Adopt Indonesia Steril 100 Kucing Liar di Pasar Bekasi
Let’s Adopt Indonesia Steril 100 Kucing Liar di Pasar Bekasi. (dok. LAI)

“Dana ini menjadi tanggung jawab dan kehormatan besar bagi kami untuk melaksanakan amanat ini dengan baik. Kepercayaan mereka kepada LAI untuk melakukan TNR harus dijaga dan dipertanggungjawabkan kepada publik. Segala bentuk dukungan dan bantuan terutama dana untuk melakukan operasional steril itu sangat diperlukan. Dengan tindakan steril, selain kita mencegah overpopulasi kucing liar, lingkungan yang sehat pun bisa direalisasikan,” tambah Carolina Fajar.

Sebelum melaksanakan sterilisasi, terlebih dahulu tim dari Let’s Adopt Indonesia mempelajari daerah yang akan menjadi tempat TNR. “Setelah survei kami menemukan fakta bahwa di wilayah tersebut terdapat banyak kucing sakit, kucing hamil dan bayi-bayi kucing. Selain itu, kesiapan Klinik Hewan Leo n Vets dan komunitas steril Koneng Cat House, serta dukungan dari Happy Pet Indonesia dan donatur adalah salah satu kunci keberhasilan kegiatan TNR ini,” jelas Carolina.

Let’s Adopt Indonesia Steril 100 Kucing Liar di Pasar Bekasi
Let’s Adopt Indonesia Steril 100 Kucing Liar di Pasar Bekasi. (dok. LAI)

Executive Director of Neighborhood Cats Susan Richmond mengatakan Neighborhood Cats dengan bangga mendukung upaya Let's Adopt Indonesia dalam mengelola populasi kucing liar Jakarta secara manusiawi dan efektif. “Metode TNR telah terbukti berhasil di Amerika Serikat dan, dengan upaya penuh dedikasi dari staf dan relawan Let’s Adopt Indonesia, kami yakin populasi kucing liar di Jakarta juga akan bisa terkontrol,” ungkap Susan Richmond.

Sampai dengan November 2020, Let’s Adopt Indonesia sukses melakukan kegiatan steril pada 2.287 ekor kucing liar dan 142 ekor anjing sejak 2018.