Sukses

FimelaHood

CoYM ID, Tempatnya Para Ibu Generasi Y Berkumpul dan Berbagi Ilmu

Fimela.com, Jakarta Untuk mendukung peran mulia seorang ibu, kini banyak bermunculan support group di masyarakat. Salah satunya adalah Circle of Young Mom atau yang lebih dikenal dengan CoYM ID. Berbeda dengan parenting support group yang lain, komunitas ini diisi oleh para orangtua, khususnya ibu, yang lahir di antara tahun 1985-1993. Di mana, rentang waktu tersebut disebut sebagai Generasi Y.

Dihubungi oleh Fimela.com, Dila Meirisa, founder Circle of Young Mom, bercerita mengenai komunitas garapannya tersebut. "Komunitas ini berdiri pada 4 Mei 2015, pada saat itu tidak banyak suport group seperti sekarang, kami sebagai ibu baru butuh sharing yang real time, bareng dua temanku, kami buat CoYM, di group LINE Mesanger," jelas Dila, saat dihubungi lewat WhatsApp.

Setiap harinya, para anggota CoYM ID sharing mengenai tumbuh kembang anak dan daily life mereka. Kedekatan usia para ibu dan anak diharapkan bisa menciptakan ruang diskusi dan bertukar informasi yang luwes dan terbuka. Hal itu pula yang melatarbelakangi kategori pembatasan usia anggota Circle of Young Mom.

"Sharing tentang tumbuh kembang anak hingga daily life ibu muda kami lakukan di keseharian. Karena rentang usia kami tidak jauh berbeda, usia anak-anak kami pun tidak terpaut jauh. Itulah yang semakin mempererat diskusi ilmiah kami di dalam grup kecil ini, bertukar informasi ilmiah seputar ibu dan anak menjadi lebih menyenangkan dan terbuka," ujar Dila.

Terbukti dari aktivitas Circle of Young Mom di Instagram, yang kerap membagikan sharing kisah atau pengalaman kehidupan menjadi ibu atau istri. "Instagram CoYM sendiri awalnya untuk memfasilitasi curhatan ibu-ibu yang aku kemas jadi section CoYM Story, isinya cerita real dari ibu-ibu yang lagi melewati kisah hidup masing-masing, yang mungkin lagi dialami oleh ibu-ibu lain, yang mungkin nggak bisa cerita," ungkap Dila dihubungi lewat pesan singkat WhatsApp.

Sharing tersebut tidak hanya bisa diikuti oleh anggota Circle of Young Mom yang tergabung di grup WhatsApp, tapi juga bagi para followers Circle of Young Mom. "Konten-konten lain muncul ada juga yang terinspirasi dari curhatan teman-teman sendiri atau situasi sekarang ini. Bukan anggota CoYM di grup WhatsApp juga boleh sharing cerita, ada beberapa followers di Instagram yang cerita," kata Dila.

Lebih lanjut, Dila mengungkapkan alasan pembatasan usia anggota Circle of Young Mom. "Kenapa ada pematasan usia karena kami para pendiri kelahiran 1989, jadi kami ingin ada support group yang batasan usianya tidak terlalu jauh, jadi ketika sharing atau tukar pikiran masih relate," jelas Dila.

Hingga saat ini, Circle of Young Mom belum ingin membuka cabang di luar kota Jabodetabek dengan beberapa pertimbangan. "Masih mempertimbangkan ada cabang di luar kota, karena masih mau diskusinya genuine di tujuan awal, yaitu jadi supporting group, karena intimacy dari anggotanya tetap terjaga," jelas ibu dua anak ini.

Selain itu, Circle of Young Mom juga tidak membuka penerimaan anggota baru dengan alasan intimacy. Hanya calon anggota yang memiliki mutual friends dengan anggota Circle of Young Mom yang boleh bergabung. "Dalam perkembangannya, aku sudah tidak lagi menerima anggota baru, ini sudah jadi close group yang boleh join itu yang ada mutual friend dengan anggota yang sudah ada," tandasnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading