Sukses

Food

Ternyata Ini 4 Fungsi Daun Salam dalam Masakan dan Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Ketika memasak dan membaca resep masakan, mungkin banyak orang menemukan daun salam sebagai salah satu bumbu masakan. Daun salam sendiri merupakan bumbu pelengkap kategori herbs yang sering digunakan di dalam berbagai menu makanan tumis, sup, rebus, dan bahkan kukus.

Daun salam juga hampir mirip dengan bay leaves di luar negeri meski kemungkinan jenisnya berbeda meski masih satu keluarga. Seringnya menggunakan daun salam sebagai bumbu saat memasak pasti membuat banyak orang penasaran, sebenarnya apa fungsi daun salam di dalam masakan? Ini sekian fungsi daun salam. 

 

1. Penyedap aroma makanan

Dilansir dari WebMD, daun salam dalam dunia kuliner umumnya digunakan sebagai penyedap alami atau penambah aroma masakan. Kuliner Indonesia seringkali menggunakan banyak rempah untuk memperkaya cita rasa makanan. Jika lidah dan hidung kita peka, seringkali sedapnya aroma dan rasa makanan yang ada tambahan daun salamnya akan terasa berbeda dengan yang tidak menggunakan daun salam. 

 

2. Penghilang bau amis

Untuk bahan makanan yang amis atau berbau khas kurang sedap, penggunaan daun salam memiliki fungsi mengurangi bau tak sedap atau menetralkan aromanya. Umumnya daun salam menjadi salah satu rempah yang dimasukkan ketika merebus daging untuk mengurangi bau amis atau menghilangkan bau tak sedap. 

 

3. Obat alami diabetes dan kolesterol

Secara kesehatan, daun salam bisa direbus untuk diambil airnya sebagai obat diabetes karena dipercaya mampu menjaga kadar gula darah. Selain itu juga dipercaya mampu mengurangi risiko terkena kanker bahkan menyembuhkan kanker. Dilansir dari WebMD, sebuah penelitian menemukan bahwa minum teh daun salam mampu membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan mencegah penyumbatan pembuluh darah.

 

4. Pewangi alami

Untuk fungsi selain untuk keperluan memasak, daun salam bisa menjadi pewangi ruangan dan pengusir serangga. Aromanya yang wangi membuat serangga kabur. Bahkan bukan hanya aromanya saja yang bisa dijadikan bahan parfum atau wewangian, kandungan di dalamnya dipercaya juga mampu mengatasi ketombe. Dalam industri kecantikan, daun salam diketahui dapat digunakan sebagai penambah aroma sabun, sampo, dan detergen.

Jadi, itu dia fungsi daun salam di dalam masakan dan juga untuk kesehatan. Daun salam bukan hanya memiliki aroma kuat namun juga rasa yang khas di lidah ya Sahabat Fimela. 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading