Sukses

Food

5 Cara Mengatasi Makanan yang Terlalu Manis

Fimela.com, Jakarta Rasa manis memang menyenangkan di mulut. Bahkan makan makanan yang rasa manis membuat banyak orang happy. Tapi makanan yang manisnya berlebihan justru tidak akan enak, kadang justru bikin eneg. Terkadang ketika memasak makanan, tanpa sengaja kita menambahkan terlalu banyak gula atau bahan-bahan yang sudah manis sehingga makanan tersebut jatuhnya jadi terlalu manis.

Pasti tidak enak dong semisal makan rendang yang biasanya asin gurih tapi justru rasanya manis. Lalu bagaimana sih cara mengatasi makanan yang terlalu manis? Berikut Fimela coba hadirkan cara atau tipsnya untukmu.

1. Tambahkan air

Jika memasak makanan berkuah dan tidak masalah dengan kuah yang terlalu banyak, maka kamu bisa tambahkan air untuk mengurangi rasa manisnya. Secara cepat air akan menguraikan rasa manis dalam masakan sehingga tidak akan terlalu manis. Menambahkan air juga menjadi cara efektif untuk mengurangi kekentalan kuah.  

 

2. Tambahkan sedikit garam

Rasa manis selama ini identik dengan lawan dari rasa asin. Setelah menambahkan air, tambahkan pula garam secukupnya. Pastikan tidak terlalu banyak atau makanan justru akan keasinan. Selalu tes rasa setelah menambahkan sedikit garam. Jika dirasa sudah cukup proporsi manis asinnya, maka hentikan menambah garam.  

3. Tambahkan rasa asam

Rasa manis juga akan jauh berkurang jika kamu menambahkan bahan makanan dengan rasa asam ke dalamnya, seperti menambahkan potongan tomat, air cuka, perasan lemon atau belimbing wuluh. Hal ini juga berlaku untuk mengurangi rasa asin. Makanan dengan rasa pahit juga bisa mengurangi rasa kemanisan pada masakan, namun sangat jarang menemukan makanan dengan rasa pahit selain pare dan daun pepaya. Jika tidak terbiasa, justru kedua bahan itu bisa merusak cita rasa makanan.

4. Tambahkan bahan netral

Selain menambahkan air untuk mengurangi rasa manis, kamu juga bisa menambahkan bahan makanan dengan rasa netral atau tidak memiliki rasa ke dalam makanan. Beberapa bahan makanan yang bisa digunakan seperti tahu, tempe, kentang, singkong, terong, mi, tepung dan telur. Makanan-makanan tersebut mampu menyerap gula atau rasa manis yang berlebihan sehingga makanan terasa lebih seimbang. Untuk tepung dan telur, akan lebih baik jika digunakan pada masakan berkuah. Caranya, larutkan sedikit tepung dengan sedikit air dan kocok telur, lalu tuang ke dalam kuah. Kuah akan mengental sekaligus mengurangi manis yang berlebihan. 

5. Tambahkan cabai

Jika kamu pecinta pedas dan tidak masalah jika makanan jadi lebih pedas sedikit, maka akan lebih baik mengurangi rasa manis dengan menambahkan cabai. Boleh cabai segar, mau itu cabai rawit, cabai hijau, cabai merah besar, paprika atau bahkan cabai bubuk dan lada bubuk. Rasa panas dari capsaicin ampun mengurangi kepekaan terjhadap rasa manis pada makanan. 

Makanan dengan rasa yang tidak seimbang akan membuat makanan tersebut sulit dimakan. Tapi rasanya sayang jika harus membuang makanan tersebut dengan percuma. Karena itu semoga tips ini membantumu untuk memperbaiki makanan yang terlalu manis agar lebih nikmat disantap ya.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading