7 Makanan Khas Klaten yang Menggugah Selera

Kezia Prasetya Christvidya28 Jul 2021, 12:30 WIB
Diperbarui 28 Jul 2021, 12:30 WIB
makanan-kezo

Fimela.com, Jakarta Berbagai macam makanan khas daerah bisa menggugah selera. Klaten adalah kota yang terdapat di area Jawa Tengah, yang memiliki berbagai macam makanan khas yang lezat.

Kota Klaten adalah kota yang terdapat di jalan utama, yang menghubungkan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Solo. Saat Sahabat Fimela melewati kota Klaten, sebaiknya sempatkan untuk mampir sebentar, untuk menikmati makanan khas Klaten.

Makanan khas Klaten memiliki ciri khas dengan rasa yang sedap, gurih dan manis. Makanan khas Klaten ini mudah ditemui di Klaten dan dijual dengan harga yang ekonomis. Berikut makanan khas Klaten, yang dilansir dari Liputan6.com:

Makanan Khas Klaten yang Pertama

sop ayam klaten
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Rosdaniar

1. Sop Ayam

Sop ayam adalah salah satu makanan khas Klaten, yang paling banyak dicari orang saat pergi ke Klaten. Sop ayam yang terkenal di kota Klaten adalah sop ayam Pak Min. Sop ayam ini sangat khas dengan kuah kaldunya yang berasal dari rebusan tulang dan daging ayam. Sop ayam ini disajikan dengan potongan ayam, dengan taburan daun seledri dan bawang goreng. Ada banyak warung sop ayam Pak Min di daerah Klaten. Harga perporsinya mulai dari Rp 8ribuan.

2. Nasi Tumpang Lethok

Nasi tumpang lethok adalah makanan khas Klaten, yang sering dijual di pagi hari. Makanan ini cocok dijadikan untuk sarapan, yang disajikan dengan telur rebus, sayuran, serta lauk tambahan seperti krecek, koyor sapi dan urap. Makanan ini terlihat sangat menarik, karena disajikan dengan kuah sambal tumpang yang khas, yang terbuat dari tempe. Nasi tumpang lethok yang terkenal adalah Warung Makan Mbak Riyanti yang berada di Jalan Mayor Kusmanto. Harga perporsi nasi tumpang lethok ini sangat ekonomis.

 

3. Soto Bebek dan Bebek Goreng

Makanan khas Klaten yang selanjutnya adalah soto bebek dan bebek goreng. Salah satu yang terkenal adalah Soto Bebek dan Bebek Goreng Bu Sabar yang berlokasi Jalan Mayor Kusmanto. Bebek ini memiliki rasa yang gurih, manis dan teksturnya lembut, karena dimasak dengan cara dibacem lalu di goreng.

Makanan Khas Klaten yang Selanjutnya

ayam goreng
Ilustrasi ayam goreng/Copyright shutterstock.com/g/AriyaniTedjo

4. Ayam Panggang Khas Klaten

Selain bebek goreng, ada juga ayam panggang khas Klaten yang banyak digemari para wisatawan. Ayam panggang ini dimasak dengan bumbu rempah dan diberi santan, lalu diungkep dalam waktu lama. Ayam panggang ini disajikan dengan bumbu areh yang menggugah selera. Salah satu warung yang terkenal adalah Ayam Panggang Ny. Anggriani yang terletak di Jalan Rajawali, Gang Beruang No. 5, Klaten, Jawa Tengah.

5. Bakmi Miroso

Bakmi Miroso adalah mi yang legendaris di kota Klaten. Banyak pelanggan yang rela mengantri bakmi Miroso ini, karena rasanya yang khas dan dimasak ala Chinese food. Bakmi Miroso ini terletak di dekat alun-alun Klaten, tepatnya di Gang Kawung 5, Tegalmulyo, Klaten.

Makanan Khas Klaten yang Terakhir

keripik belut
Ilustrasi keripik belut./Copyright shutterstock.com/id/g/wisgaphotography

6. Keripik Belut, Cakar dan Paru

Kalau kamu melewati kota Klaten, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh keripik belut, cakar dan paru, yang banyak ditemui di toko oleh-oleh sepanjang jalan Klaten. Kripik-kripik ini memiliki rasa yang gurih, empuk dan tahan lama. Harganya juga sangat ramah dikantong.

7. Kepelan

Makanan khas Klaten yang terakhir adalah kepelan. Camilan ini berbentuk seperti kepalan tangan, yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu. Kepelan ini biasanya disajikan dengan saos sambal atau bumbu kacang. Kepelan sangat mudah ditemui di area alun-alun Klaten dan Kecamatan Pedan, Klaten.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela