9 Makanan yang Bisa Meredakan Alergi dengan Alami

Kezia Prasetya Christvidya04 Agu 2021, 07:30 WIB
Diperbarui 04 Agu 2021, 07:30 WIB
makanan-kezo

Fimela.com, Jakarta Gejala alergi sering kali muncul dan menyerang tubuh. Alergi bisa disebabkan karena berbagai macam faktor, seperti perubahan cuaca, salah mengonsumsi makanan tertentu, bulu hewan, obat-obatan dan lain sebagainya.

Saat alergi muncul, biasanya kulit akan terasa panas atau gatal-gatal, tubuh jadi demam, muncul ruam di kulit, dan untuk beberapa kasus bisa membuat penderitanya sesak napas.

Alergi bisa disembuhkan dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi. Berikut makanan yang bisa meredakan alergi, dilansir dari Brilio.net:

Makanan yang Bisa Meredakan Alergi

makanan-kezo
ilustrasi buah/jane d./pexels

1. Lemon

Makanan yang pertama untuk meredakan alergi adalah buah lemon. Lemon memiliki kandungan vitamin C yang bersifat sebagai antioksidan. Buah ini bisa membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh, sehingga tubuh akan kebal dengan reaksi alergi. Buah lemon bisa diperas airnya dan dikonsumsi setiap pagi hari dengan campuran air hangat.

2. Buah Beri

Hampir sama dengan buah lemon yang kaya akan vitamin C, buah beri seperti stroberi, rasberi, blueberi dan buah beri lainnya juga bisa membantu meredakan alergi. Buah beri juga mengandung kalsium, magnesium, folat dan kalium, yang bisa melingungi sel imunitas tubuh.

3. Tomat

Tomat adalah jenis sayur yang bisa dikonsumsi secara mentah, dijadikan bahan sup atau diolah menjadi minuman. Tomat cocok dikonsumsi untuk meredakan alergi, karena tomat bersifat sebagai antiinflamasi yang bisa mengatasi peradangan, serta mengandung vitamin C yang sifatnya antioksidan.

Makanan yang Menyembuhkan Alergi

Menggunakan Oatmeal
Ilustrasi Oatmeal Credit: unsplash.com/Margarita

4. Oatmeal

Oatmeal merupakan gandum utuh yang biasanya dikonsumsi orang yang sedang diet. Makanan ini ternyata juga bisa menyembuhkan alergi, karena mengandung antioksidan dan antiradang. Selain bisa dikonsumsi, oatmeal bisa dijadikan alternatif untuk mandi, yaitu dengan cara berendam dalam air hangat yang dicampur oatmeal selama 30 menit.

5. Ikan Tinggi Omega-3

Makanan yang selanjutnya adalah ikan tinggi omega-3 seperti tuna, salmon, sarden dan makarel. Karena kandungan omega-3 bersifat sebagai antiinflamasi yang bisa membantu meredakan alergi.

6. Makanan Kaya Vitamin E

Makanan yang mengandung vitamin E memiliki potensi yang baik, untuk membantu meredakan alergi, khususnya alergi pada kulit. Contoh makanan kaya vitamin E adalah labu, paprika merah, selai kacang, biji bunga matahari dan kacang almond.

Rempah yang Bisa Meredakan Alergi

Merebus Daging dengan Aneka Rempah
Ilustrasi Rempah Credit: pexels.com/Karolina

7. Jahe

Jahe adalah salah satu rempah yang terkenal sebagai obat herbal, untuk menyembuhkan berbagai macam alergi dan penyakit yang menyerang tubuh. Jahe memiliki kandungan vitamin C dan magnesium, yang bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh dan membantu menangkal radikal bebas, sehingga tubuh akan kebal terhadap alergi.

8. Kunyit

Rempah-rempah yang selanjutnya adalah kunyit. Kunyit memiliki kandungan bahan aktif berupa kurkumin, yang bersifat sebagai antiinflamasi, sehingga bisa meredakan peradangan dan iritasi yang disebabkan alergi.

9. Bawang Putih

Bawang putih adalah bumbu-bumbu dapur yang juga bisa dikonsumsi untuk menyembuhkan alergi. Bawang putih mengandung mangan, vitamin B6, vitamin C, zat besi, selenium, fosfor, vitamin B1 dan kalsium, yang baik untuk meredakan alergi secara alami.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela