7 Makanan Berbau Tidak Sedap Tetapi Menyehatkan dan Rasanya Enak

Kezia Prasetya Christvidya04 Agu 2021, 08:05 WIB
Diperbarui 04 Agu 2021, 08:05 WIB
jengkol balado

Fimela.com, Jakarta Bau tidak sedap memang sangat mengganggu. Tetapi beberapa makanan khas Indonesia yang memiliki bau tidak sedap, justru memiliki cita rasa yang lezat dan menyehatkan.

Biasanya bau yang tidak sedap pada makanan ini tercipta, bukan karena makanan tersebut sudah basi atau tak layak untuk dikonsumsi, melainkan makanan tersebut mengandung asam amino, yang aman untuk dikonsumsi, seperti sulfur dan etionin.

Walaupun makanan ini memiliki bau yang tidak sedap, tetapi makanan bau tersebut adalah ciri khas unik yang ada pada makanan itu, dan bisa menggugah selera para pecinta kuliner. Berikut makanan berbau tidak sedap tetapi menyehatkan dan rasanya enak, dilansir dari Brilio.net:

Makanan Berbau Tidak Sedap yang Menyehatkan

tips petai
Ilustrasi petai./Copyright shutterstock.com/g/BlackAkaliko

1. Petai

Makanan dengan bau tidak sedap yang pertama adalah petai. Petai merupakan makanan khas Indonesia, yang sering dikonsumsi dan banyak digemari para pecinta kuliner. Bau tidak sedap pada petai disebabkan karena kandungan hexathionine, tetrathiane, trithiolane, pentathiopane, pentathiocane, tetrathiepane, serta asam amino yang menghasilkan gas dengan bau tidak sedap.

Petai cocok diolah menjadi tumisan atau sambal, yang dihidangkan dengan nasi hangat di siang hari. Untuk menghilangkan bau tidak sedap pada petai, kamu bisa merendam biji petai ke dalam air garam sebelum mengolah menjadi masakan yang lezat.

2. Jengkol

Hampir sama dengan petai. Jengkol adalah makanan khas Indonesia, yang menghasilkan bau tidak sedap setelah memakannya. Bau tersebut disebabkan karena asam amino yang berupa sulfur. Walaupun bau tidak sedap, tetapi jengkol bisa mencegah anemia, menguatkan tulang dan bisa menyembuhkan sakit jantung.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau jengkol, yaitu mencuci bersih jengkol dengan merendam di air beras, merendam jengkol dengan kapur sirih, merebus jengkol yang sudah dibersihkan dengan jambu biji, serta merebus jengkol dengan daun salam.

Bumbu Masakan yang Berbau Tidak Sedap dan Rasanya Enak

Sambal terasi
Ilustrasi/copyright shutterstock/yogi hadijaya

3. Terasi

Bau terasi memang sangat menyengat. Tapi bau terasi ini justru menggugah selera dan banyak digemari para penikmat sambal. Terasi adalah bumbu dapur yang sering diolah menjadi sambal, karena rasanya sangat sedap, gurih dan menggiurkan lidah.

4. Petis

Petis merupakan bumbu yang berasal dari Sidoarjo, Jawa Timur. Bau bumbu petis ini sangat menyengat yang berasal dari udang dan ikan. Petis memiliki rasa yang gurih dan biasanya diolah sebagai penyedap untuk masakan rujak cingur, cocolan tahu, tahu tek dan lain sebagainya.

5. Bawang Putih

Bawang putih termasuk bumbu untuk membuat masakan yang lezat, namun bawang putih memiliki bau tidak sedap yang disebabkan karena kandungan sulfur di dalamnya. Walau begitu, makanan tidak akan terasa nikmat jika tidak diolah menggunakan bawang putih. Bahkan ada beberapa orang yang suka mengonsumsi bawang putih mentah, karena menyehatkan untuk tubuh.

Makanan yang Berbau Tidak Sedap dan Rasanya Enak

ilustrasi durian/eakasarn/shutterstock
ilustrasi durian/eakasarn/shutterstock

6. Durian

Durian adalah salah satu buah yang cukup populer dan hanya muncul saat musimnya saja, yaitu sekitar bulan Juni sampai Agustus. Buah durian terkenal dengan baunya yang sangat menyengat. Bau menyengat ini berasal dari asam amino langka di dalam durian, yang bernama etionin.

Walaupun memiliki bau menyengat dan tidak sedap, tetapi buah durian diminati banyak orang dan bisa diolah menjadi berbagai macam olahan makanan, seperti es krim, es teler, pancake durian, selai durian dan lain sebagainya.

7. Rebung

Makanan berbau tidak sedap yang terakhir adalah rebung. Rebung merupakan tunas atau anakan dari akar bambu, yang biasanya diolah menjadi lumpia, tumisan, isian tahu, gulai dan sayur lodeh khas Indonesia, karena rebung memiliki cita rasa yang enak dan menggugah selera.

Selain rasanya enak, rebung juga memiliki manfaat yang menyehatkan, karena bisa melancarkan sistem pencernaan, menurunkan kadar kolesterol jahat, meningkatkan sistem imunitas tubuh dan mencegah penyakit jantung.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela