Sukses

Food

Rayakan Momen 17an di Rumah dengan Kreasi Resep Khas Nusantara Ini

Fimela.com, Jakarta Kembali merayakan Hari Kemerdekaan di rumah, bukan berarti nggak ada kegiatan seru yang bisa dilakukan. Manfaatkan hari libur kali ini agar ibu bisa bebas berkreasi di dapur. Apalagi dengan memasak, ibu bisa memberikan 'sentuhan' tersendiri untuk menciptakan sajian yang khas dan beda untuk keluarga.

Berbagai bahan yang ada di rumah seperti nasi, telur, ayam, hingga sayuran yang tersimpan di kulkas ternyata bisa diolah menjadi makanan otentik khas nusantara dengan mudah, lho. Ibu bisa mengandalkan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam yang terbuat dari kandungan ayam dan rempah segar alam Indonesia yang terkunci dalam butiran granule. Memberikan aroma yang lebih sedap dan rasa gurih yang beda pada masakan ibu di rumah.

Maggi Magic Lezat Rasa Ayam bisa dibeli dengan mudah di pasar terdekat, minimarket seperti Alfamart dan Indomaret, atau Official Store Nestle Indonesia yang ada di Shopee dan Tokopedia. Jadi, apa saja resep khas nusantara yang bisa disajikan ibu menyambut momen Hari Kemerdekaan tahun ini? Simak inspirasinya, yuk!

Nasi Tumpeng Rice Cooker

Dalam kuliner nusantara, nasi tumpeng menjadi salah satu sajian yang sering muncul dalam berbagai momen perayaan. Nggak terkecuali saat menyambut Hari Kemerdekaan. Sajian yang satu ini punya makna filosofis yang mendalam, yaitu sebagai wujud syukur dan permohonan saat merayakan sesuatu.

Ibu bisa merayakan momen di rumah bersama keluarga dengan menyajikan nasi tumpeng, lho. Mumpung menyambut Hari Kemerdekaan, sajian nasi tumpeng bisa menghadirkan keceriaan tersendiri untuk keluarga. Begini resep praktisnya.

Bumbu Halus:

4 siung bawang merah

2 siung bawang putih

3 cm kunyit

1 butir kemiri

Bahan:

1 batang serai

5 cm lengkuas, memarkan

500 gr beras

500 ml air

2 lembar daun salam

2 lembar daun jeruk

200 ml santan cair

1/4 sdt merica bubuk

1 sachet Maggi Magic Lezat Rasa Ayam

Cara membuat:

1. Haluskan bumbu halus dengan ulegan, lalu tumis hingga harum.

2. Masukkan daun salam, lengkuas dan serai. Masak hingga bumbu matang.

3. Cuci bersih beras, kemudian masukkan beras ke dalam rice cooker. Beri air, bumbu tumisan, daun salam dan daun jeruk.

4. Tambahkan santan, merica, dan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam, aduk hingga merata. Lalu masak seperti memasak nasi biasa.

5. Setelah matang, aduk agar tercampur rata, lalu bentuk menggunakan loyang kerucut atau daun pisang yang dibentuk tumpeng. Sajikan dengan lauk pelengkap seperti perkedel, kering tempe, ayam goreng, telur balado, urap sayuran, serundeng, sambal serta lalapan.

Ternyata berbekal bahan-bahan yang ada di dapur dan rice cooker bisa menjadi ‘amunisi’ untuk membuat nasi tumpeng spesial untuk keluarga. Begitu masakan matang, aroma gurih santan yang tercampur dengan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam akan menggugah selera keluarga. Begitu disantap, nasi tumpeng menghadirkan kelezatan dan gurih yang beda. Tentu saja membuat si kecil makin lahap saat menikmatinya.

Ikan Tongkol Tuturuga

Tuturuga dikenal sebagai sajian istimewa, yaitu 'opor' khas masyarakat Manado. Uniknya, kuliner ini awalnya menggunakan bahan yang ekstrem yaitu daging penyu. Kini sajian yang identik dengan cita rasa rempah khas tersebut populer di berbagai daerah dengan menggunakan berbagai macam pilihan bahan utama, seperti ayam atau ikan.

Mumpung momennya merayakan Hari Kemerdekaan, ibu juga bisa memperkenalkan sajian khas daerah ini untuk si kecil. Memanfaatkan ikan tongkol dan bahan-bahan lain yang ada di kulkas, yuk ikuti resep mudah ini.

Bumbu Halus:

5 siung bawang merah

3 siung bawang putih

3 cm kunyit bakar

2 cm jahe bakar

2 butir kemiri sangrai

5 buah cabe merah keriting

5 buah cabe rawit merah

Bahan:

2 sdm minyak goreng

500 gr ikan tongkol segar

1 buah jeruk nipis

200 gr kentang, potong dadu

1 batang serai, memarkan

1 lembar daun pandan

1 lembar daun kunyit

1 batang daun bawang, iris

3 lembar daun jeruk

1 genggam daun kemangi, siangi

1 genggam daun mint (opsional)

3 lembar daun jintan (opsional), iris

8 buah cabai rawit merah utuh

200 ml susu cair

100 ml santan

1 sachet Maggi Magic Lezat Rasa Ayam

Cara membuat:

1. Haluskan bahan bumbu halus dengan ulegan atau blender, kemudian tumis dengan minyak hingga harum.

2. Masukkan serai, daun pandan, daun kunyit, dan daun jeruk. Masak hingga bumbu berubah warna dan bau langu nya hilang.

3, Masukkan potongan ikan, kentang dan cabai rawit utuh, aduk hingga terselimuti bumbu. Masukkan susu cair, aduk perlahan hingga mendidih.

4. Masukkan santan, kentang, Maggi Magic Lezat Rasa Ayam, daun kemangi, daun mint dan daun jintan, masak hingga mendidih,

5. Kemudian matikan api, taburi daun bawang. Sajikan

Tuturuga yang memiliki cita rasa khas dan kaya akan rempah dapat memberikan ‘warna’ tersendiri dalam sajian istimewa ibu di rumah. Selain itu, ikan tongkol pun termasuk bahan yang mudah didapatkan dengan harga terjangkau, tapi tetap kaya nutrisi untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga.

Sensasi rasa khas Tuturuga pun semakin mantap berkat Maggi Magic Lezat Rasa Ayam yang jadi andalan ibu di rumah. Maggi Magic Lezat Raya Ayam nggak hanya cocok untuk masak olahan ayam, tapi juga bisa melezatkan berbagai olahan ikan sehingga menjadi sajian favorit keluarga.

Telok Pindang

Lewat santapan makanan yang dibuat di rumah, ibu bisa memberikan berbagai pengetahuan baru untuk si kecil, lho. Mulai dari mana masakan tersebut berasal, tradisi di balik kehadiran makanan tersebut, hingga proses pembuatannya. Seperti sajian Telok Pindang yang satu ini.

Telok Pindang adalah telur ayam yang direbus bersama bumbu rempah khusus. Masakan ini umumnya ditemukan dengan mudah di daerah Sumatera, khususnya Palembang. Saking spesialnya, Telok Pindang menjadi menu spesial dalam perayaan Hari Kemerdekaan RI di Palembang. Yuk, coba buat sendiri sajian istimewa ini di rumah!

Bahan-bahan:

6 butir Telur ayam

4 siung bawang merah, geprek dengan kulitnya

2 siung bawang putih, geprek dengan kulitnya

4 lembar Daun salam

3 lembar Daun jambu batu

1 batang Serai

5 cm Lengkuas

2 Genggam kulit bawang merah

1 sachet Maggi Magic Lezat Rasa Ayam

1 sdm kecap manis

1 liter air

Cara membuat:

1. Masukan telur ke dalam panci berisi air.

2. Masukkan bawang merah, bawang putih, daun dalam, daun jambu, serai, lengkuas, kulit bawang, kecap manis, dan Maggi Magic Lezat Rasa Ayam.

3. Aduk merata, kemudian masak hingga mendidih, setelah itu biarkan dimasak selama 5 menit.

4. Tiriskan telur, kemudian rendam dalam air dingin, kemudian buat retakan pada kulit telur agar ada motif abstrak. Jika ingin dikupas seluruh bagian agar berwarna cokelat keseluruhan bisa dikupas kulitnya.

5. Rebus lagi selama 10 menit, matikan api kemudian diamkan selama 10 menit lagi. Kuliti telur pindang, telur pindang siap dijadikan lauk pendamping nasi tumpeng.

Telur yang menjadi bahan utama dalam Telok Pindang ini memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga bisa menjadi alternatif menu yang memenuhi kebutuhan gizi keluarga. Dengan olahan spesial ibu bersama Maggi Magic Lezat Rasa Ayam yang memiliki butiran granule yang mengunci rempah alam Indonesia, aromanya lebih sedap dan gurihnya pun terasa beda.

Ayam Bumbu Paniki

Hidangan khas Manado yang satu ini banyak disukai masyarakat karena cita rasanya yang pedas dan gurih. Ayam Bumbu Paniki bisa menjadi ide menu pilihan di tengah momen perayaan Hari Kemerdekaan saat bosan dengan olahan ayam yang itu-itu saja. Bahan-bahannya juga gampang ditemukan di dapur sendiri sehingga lebih praktis dalam proses pengolahannya. Simak dulu resep selengkapnya berikut ini.

Bumbu Halus:

5 siung bawang merah

3 buah cabai merah keriting

2 butir kemiri

3 cm jahe

2 cm kunyit

Bahan-bahan:

3 sdm minyak goreng

500 gr dada ayam, potong memanjang

1 batang serai, memarkan

3 lembar daun jeruk

1 lembar daun pandan

1 lembar daun kunyit

100 ml santan kental

1 sdt gula

1 sdt merica

1 sachet Maggi Magic Lezat Rasa Ayam

1 genggam daun kemangi

Cara Membuat:

1. Balurkan ayam dengan jeruk nipis dan 1 sdt Maggi Magic Lezat Rasa Ayam, aduk merata. Goreng dengan sedikit minyak hingga kecoklatan dan berubah warna. Tiriskan.

2. Haluskan bumbu halus, kemudian tumis dengan sisa minyak menggoreng ayam. Setelah harum, masukan serai dan daun jeruk.

3. Masukkan daun kunyit dan daun pandan, masak hingga bumbu matang.

4. Masukkan ayam yang sudah dimasak, kemudian aduk merata tambahkan sedikit air dan sedikit santan kemudian aduk merata.

5. Setelah mendidih, masukkan santan, gula, merica dan sisa Maggi Magic Lezat Rasa Ayam kemudian masak hingga kuah menguap, kemudian masukkan daun kemangi dan aduk hingga layu dan merata. Sajikan.

Kombinasi santan, bumbu rempah dan butiran granule dari Maggi Magic Lezat Rasa Ayam meresap hingga ke dalam daging ayam yang diolah. Hasilnya adalah sajian yang berhasil menciptakan aroma sedap dan sensasi rasa gurih yang beda. Pastinya langsung jadi salah satu menu pilihan yang difavoritkan keluarga nih.

See, ternyata bahan-bahan yang ada dirumah bisa dikreasikan menjadi olahan kuliner khas nusantara yang otentik dengan mudah bersama Maggi Magic Lezat Rasa Ayam. Dengan sentuhan ibu di setiap kreasi masakannya, pastinya bisa membuat momen perayaan Hari Kemerdekaan di rumah terasa makin spesial. Yuk, temukan resep spesial 17an lainnya dengan mengunjungi www.maggi.id dan Instagram @maggi.indonesia, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading