Cara Merawat Rice Cooker agar Awet dan Tetap Bersih saat Digunakan

Imelda Rahma13 Sep 2021, 09:34 WIB
Diperbarui 13 Sep 2021, 09:58 WIB
ilustrasi rice cooker/New Africa/shutterstock

Fimela.com, Jakarta Rice cooker merupakan salah satu jenis alat penanak nasi otomatis. Memang dulu, rice cooker hanya bisa digunakan untuk menanak nasi. Sangat berbeda dengan rice cooker masa kini, sudah bisa digunakan untuk menghangatkan nasi sekaligus lauknya.

Meski terbilang sebagai alat penanak nasi yang pertama kali ada, masih banyak yang bingung dengan cara membersihkan rice cooker ini. Padahal mempraktikkan cara membersihkan rice cooker sangat memengaruhi kelezatan nasi yang dimasak nantinya.

Selain memengaruhi rasa nasi, cara membersihkan rice cooker juga memengaruhi performa mesinnya. Rice cooker yang rutin dibersihkan akan minim dengan risiko kerusakan. Sementara yang jarang dibersihkan, pasti memiliki usia yang tak akan lama.

Untuk itu, berikut Fimela.com akan mengulas cara merawat rice cooker agar awet dan tetap bersih saat digunakan. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Membersihkan Tutup Rice Cooker

Membersihkan Tutup Rice Cooker
Ilustrasi Membersihkan Tutup Rice Cooker Credit: pexels.com/One

Coba lepas tutup rice cooker untuk mencucinya dengan spons dan sabun. Cara membersihkan rice cooker ini bisa diterapkan pada rice cooker yang tutupnya bisa dilepas. Pastikan menggunakan sabun cuci piring dan bilas sabun sampai bersih.

Sementara bagi yang tutup rice cooker miliknya tak bisa dilepas, cara membersihkan rice cooker ini tetap bisa dipraktikkan. Tetap gunakan sabun cuci piring dan spons. Bersihkan tutupnya dengan spons sabun, tetapi jangan dibilas. Hanya perlu membasahi spons bersih dan usap perlahan untuk menghilangkan sabun.

Membersihkan tutup rice cooker ini sangat perting dilakukan. Kebersihannya sangat memengaruhi rasa dan performa rice cooker saat digunakan. Tutup ini biasanya digunakan untuk menampung air penguapan setiap memasak.

Membersihkan Panci Rice Cooker

Membersihkan Panci Rice Cooker
Ilustrasi Membersihkan Panci Rice Cooker Credit: pexels.com/cooker

Tak hanya membersihkan tutupnya, bagian inti seperti panci juga wajib dibersihkan. Cara membersihkan rice cooker bagian panci ini mudah sekali. Hanya perlu merendamnya secara rutin, tepat setelah digunakan.

Cara membersihkan rice cooker bagian panci ini sangat efektif dilakukan. Bisa gunakan air panas atau air dingin. Perendaman ini membuat kerak nasi yang menempel dalam pancinya terangkat sempurna.

Jika menggunakan air panas, pastikan hanya merendam panci kurang lebih 15 menit. Sementara bagi yang menggunakan air dingin, paling tidak rendam kurang lebih 30 menit. Cara menghilangkan kerak nasi ini mungkin akan membutuhkan waktu lebih lama bagi kerak membandel.

Pastikan merendamnya semalaman agar kerak nasi lebih mudah terangkat. Jika sudah selesai merendam dan kerak bisa diangkat, barulah gunakan spons. Beri spon sabun pencuci piring untuk mengusap lembut bagian panci rice cooker. Lalu bilas dengan air bersih agar tak menyisakan sabun.

Membersihkan Bagian Dalam Rice Cooker

Membersihkan Bagian Dalam Rice Cooker
Ilusrasi Bagian Dalam Rice Cooker Credit: pexels.com/Monstera

Setelah selesai membersihkan bagian panci, lanjut dengan bagian dalam rice cooker. Sementara, singkirkan panci dari dalam rice cooker. Cara membersihkan rice cooker yang ini membutuhkan sedikit kecermatan agar tak terjadi korsleting.

Pastikan untuk menyiapkan lap yang mudah dilembapkan dan mudah diperas. Lap ini nantinya akan digunakan untuk mengusap dan mengangkat kotoran dari dalam rice cooker. Lembapkan lap dengan air dan usapkan.

Sementara untuk kotoran yang sulit dihilangkan dan kering, bisa gunakan kertas amplas. Kertas ini akan memudahkan pengangkatan kotorannya. Pastikan untuk menggosoknya secara perlahan dan tak membuat bagian dalam rice cooker lecet. Setelah gunakan kertas, lanjutkan gunakan lap lembap.

Menghindari Bau pada Rice Cooker

Menghindari Bau pada Rice Cooker
Ilustrasi Bau pada Rice Cooker Credit: pexels.com/Moose

Banyak sekali pengguna rice cooker yang mengeluhkan bau. Selain bau pada rice cookernya, juga bau pada nasi yang sebenarnya belum terlalu lama dipanasi. Bagi yang mengalami, coba praktikkan cara membersihkan rice cooker ini.

Siapkan air cuka dan air biasa. Lalu campuran cuka dan air dengan perbandingan 1:3. Aduk secara merata dan tuangkan dalam panci rice cooker sambil dinyalakan. Jika sudah mendidih, matikan dan tunggu sampai dingin.

Setelah itu cucilah panci dan tutupnya dengan sabun pencuci piring. Pastikan menggunakan spons yang lembut. Lalu usap menggunakan kain yang lembap, terutama untuk tutup rice cooker yang tak bisa dilepas.

Tips Perawatan Ringkas Rice Cooker

Tips Perawatan Ringkas Rice Cooker
Ilustrasi Perawatan Ringkas Rice Cooker Credit: pexels.com/Kath

1. Cabut listriknya dan biarkan rice cooker dingin terlebih dahulu.

2. Bersihkan seluruh permukaan dan bagian dalam rice cooker dari sisa-sisa nasi. Angkat baskom bagian dalamnya dan bersihkan dengan cara dicuci seperti biasanya.

3. Angkat tombol uap dan bersihkan air sisa-sisa uapnya dengan air bersih. Keringkan dengan cara diangin-anginkan.

4. Lepaskan pemanasnya (jika bisa). Lap dengan kain setengah basah dan pastikan kering sebelum dipasang kembali.

5. Cuci rice cooker di bawah air hangat yang mengalir dengan sedikit sabun di sponge. Lap dengan kain kering dan angin-anginkan hingga kering sempurna sebelum digunakan.

Tips Memasak Nasi di Rice Cooker

Tips Memasak Nasi di Rice Cooker
Ilustrasi Memasak Nasi di Rice Cooker Credit: pexels.com/Sandy

Nasi dipercaya bakal jadi lebih pulen dan tahan lama bila ditaruh di penghangat. Tapi, nasi yang ditaruk di rice cooker, biasanya akan lebih cepat kering, bahkan berubah warna jadi kuning, kemudian basi.

Supaya tetap bisa mendapatkan nasi pulen, tapi tidak cepat basi, Anda bisa menambahkan air perasan jeruk nipis pada beras yang akan di masak dalam alat pemasak nasi.

Caranya, pastikan beras sudah dicuci bersih dan sudah dalam takaran air yang pas, lalu masukan perasan air jeruk nipis kira-kira 2 sdt, lalu diamkan hingga matang.

Cara ini bisa diterapkan oleh kamu yang terbiasa menaruh nasi di rice cooker maupun tidak. Lihat sendiri bagaimana rasa dan waktu ketahanan nasi berubah setelah Anda menerapkan trik sederhana ini.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela