9 Kesalahan dalam Membuat Donat yang Perlu Diperhatikan Beserta Resep Praktisnya

Imelda Rahma14 Sep 2021, 10:29 WIB
Diperbarui 14 Sep 2021, 10:52 WIB
donat kentang lembut

Fimela.com, Jakarta Donat mungkin menjadi salah satu camilan manis yang paling disukai anak-anak. Bukan hanya rasanya yang manis tapi juga teksturnya yang empuk di dalam dan renyah di luar.

Untuk membuat donat yang empuk, nggak harus pakai mesin atau alat mahal untuk menguleninya. Kalau mau membuat donat untuk dikonsumsi sendiri atau dinikmati di rumah, kita bisa membuat donat empuk dengan cara manual atau diuleni dengan tangan.

Namun, tidak jarang juga orang-orang yang gagal dalam membuat donat karena melakukan beberapa kesalahan saat memasak yang pastinya tidak disadari. Nah, ternyata membuat donat juga perlu trik supaya tidak gagal. 

Untuk itu, Fimela.com kali ini telah merangkum 9 kesalahan dalam membuat donat yang perlu diperhatikan, lengkap beserta resep praktisnya. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Deretan Kesalahan dalam Membuat Donat

Deretan Kesalahan dalam Membuat Donat
Ilustrasi Membuat Donat Credit: pexels.com/John

Sebagai camilan favorit semua umur, donat memang sangat terkenal apalagi cara membuatnya juga tidak terlalu sulit. Sayangnya, masih ada beberapa kesalahan yang membuat tekstur dan rasa donat tak sesuai ekspektasi. Berikut beberapa kesalahan dalam membuat donat yang perlu kamu perhatikan.

1. Menggunakan tepung terlalu banyak akan membuat donatmu keras. Pastikan takarannya sesuai dengan resep yang kamu gunakan.

2. Salah menakar air saat membuat adonan akan menghasilkan donat yang keras. Saat tahu adonanmu kurang lembut, sebaiknya segera tambahkan air secukupnya.

3. Tidak menambahkan kentang karena takut hasilnya terlalu padat adalah salah besar. Kentang malah membuat tekstur lebih lembut, bahkan saat donat sudah dingin.

4. Proses farmentasi yang kurang lama bisa bikin adonan jadi tak mengembang dan bantat. Pastikan takaran ragi dan waktunya sudah pas.

5. Membuat cetakan adonan donat terlalu tebal atau sebaliknya, alhasil tingkat kematangannya juga menjadi tidak merata. Sebaiknya kamu menggunakan pencetak khusus supaya diameternya pas.

6. Menggoreng saat minyak belum panas akan membuat donat tidak renyah dan lembut. Donat pun menyerap minyak lebih banyak.

7. Menggunakan wajan yang terlalu kecil dan sedikit minyak juga berpengaruh pada tekstur. Donat tak akan mengembang sempurna, bahkan jadi bantat.

8. Menggoreng dengan api kecil akan membuat donat berminyak dan keras. Suhu minyak nyatanya berpengaruh, gunakan ukuran sedang

9. Menggoreng donat dalam jumlah banyak dalam satu wajan bukan ide yang tepat. Tingkat kematangan dan mengembangnya gak merata

 

 

Resep Membuat Donat Anti Gagal yang Praktis

Resep Membuat Donat Anti Gagal yang Praktis
Ilustrasi Donat Credit: pexels.com/Cats

Bahan-bahan:

  • 250 gr tepung terigu
  • 150 ml air hangat
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm mentega/margarin
  • 1 sdm ovalet/SP
  • 1/2 sdm ragi instan

Cara Membuat Donat yang Mudah dan Praktis: 

  1. Larutkan gula dengan air hangat. Tambahkan gula pasir 2 sdm dan 1/2 sdm ragi instan. Aduk rata, tutup dan diamkan 10 menit.
  2. Masukkan tepung terigu ke dalam wadah. Tuang air ragi dan campur uleni hingga kalis kurang lebih 5 menit.
  3. Tambahkan ovalet/SP, uleni lagi hingga tercampur rata. Terakhir tambahkan mentega dan uleni lagi hingga kalis. Jika terlalu basah, tabur sedikit tepung.
  4. Bentuk adonan menjadi bulat. Diamkan 1 jam hingga mengembang.
  5. Kempeskan adonan lalu bulatan-bulatan kecil. Diamkan lagi kurang lebih 10 menit.
  6. Panaskan minyak, goreng dengan minyak panas api kecil hingga kecoklatan. Balik sekali setelah benar-benar kecokelatan satu sisinya agar tidak menyerap banyak minyak. Angkat, tiriskan.

Donat sederhana siap sajikan dengan gula bubuk.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela