5 Tips Membuat Kue yang Dioven Anti Gagal

Febi Anindya Kirana17 Sep 2021, 13:45 WIB
Diperbarui 17 Sep 2021, 13:45 WIB
memanggang kue

Fimela.com, Jakarta Bagi banyak orang yang baru saja memulai hobi membuat kue, pasti ada banyak hal yang patut dipelajari dan dicoba. Terkadang seseorang tak bisa langsung berhasil ketika pertama kali mencoba membuat kue.

Untuk kue yang dioven misalnya, ini sekian tips agar kue yang dioven tidak gagal dan bantat.

1. Gunakan bahan segar

Selalu gunakan bahan-bahan baru untuk membuat kue karena akan sangat berpengaruh pada hasil kue saat matang. Pastikan tepung, telur, baking powder dan ragi masih aktif dan dalam keadaan baik.

2. Bahan suhu ruangan

Jika sering menyimpan bahan ke dalam kulkas, seperti telur, mentega dan margarin, diamkan dulu hingga tidak dingin atau bahan-bahan kembali ke suhu ruangan. Karena suhu pencampuran yang berbeda di dalam adonan bisa menggagalkan kue yang dipanggang.

3. Panaskan oven sebelum memanggang

adonan roti
ilustrasi adonan/copyright GreenArt from Shutterstock

Pastikan juga oven dipanaskan terlebih dahulu sebelum memasukkan adonan ke dalamnya. Ini bertujuan untuk mengaktifkan baking soda, baking powder dan bahan-bahan pengembang yang lain di dalam adonan agar bekerja optimal.

4. Jangan mengaduk berlebihan

Hanya karena adonan perlu diaduk bukan berarti bisa diaduk terlalu lama atau terus-menerus karena pengaruhnya bisa berbeda-beda tergantung kue yang ingin dibuat. Mengaduk terlalu lama bisa membuat bantet karena menurunkan telur yang sudah mengembang.

5. Jangan buka tutup oven

Karena ingin memeriksa kematangan kue, mungkin kamu jadi penasaran dan sering membuka tutup oven, pada akhirnya adonan justru tidak mengembang karena suhu panasnya kurang.

Itu dia sekian tips membuat kue yang dioven tidak gagal. Happy baking, Sahaabt Fimela!

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela