Mengenal Permen Dalgona, Jajanan Kaki Lima yang Eksis Lewat Drama Squid Game

Vinsensia Dianawanti30 Sep 2021, 09:30 WIB
Diperbarui 30 Sep 2021, 09:30 WIB
Permen dalgona

Fimela.com, Jakarta Sudah nonton Squid Game? Serial drama dengan sembilan episode ini melejit dan popule di deretan drama Korea Selatan yang rilis pada bulan ini.

Drama Squid Game tidak hanya membuat penonton merasa ketegangan di setiap episode, melainkan juga mengenal dengan kultur yang ada di Korea Selatan. Mulai dari permainan lawas anak-anak hingga permen dalgona yang muncul di episode kedua.

Terlepas dari ketenaran drama Squid Game, permen dalgona sendiri merupakan permen manis yang biasa ditemukan anak-anak di Korea Selatan dan dijual oleh pedagang kaki lima. Dikutip dari Pink Villa, panganan manis ini eksis di periode 1979 dan 1980.

Menurut rumor yang beredar, permen dalgona ini muncul pertama kali setelah Perang Korea. Selama perang berlangsung, personel Angkatan Darat Amerika Serikat biasa memberikannya kepada anak-anak.

 

Eksis pada jamannya

Permen Dalgona
Permen Dalgona (instagram/fleurerbakery)

Sayangnya, orangtua di Korea Selatan pada masa itu tidak mampu membelikan anak-anak mereka permen. Sehingga dibuatlah permen versi masyarakat lokal dan dinamakan dalgona.

Ide pembuatan permen ini mirip dengan permen lolipop besar. Kemudian dibuat dalam bentuk hati, bintang, dan lingkungan. Resep dari permen dalgona terus berevolusi seiring dengan perkembangan zaman. Termasuk menjadi minuman kopi populer, kopi dalgona.

Dikutip Gwangju News, para penjual permen dalgona ini memberikan tantangan pada setiap pelanggan yang datang. Pelanggan yang sebagian besar adalah anak-anak, ditantang untuk memecah pinggiran permen tanpa merusak gambar. Persis seperti yang digambarkan dalam drama Squid Game, meski tanpa pertaruhan nyawa.

Jika berhasil memecahkan bagian permen dengan bentuk yang sempurna, pelanggan akan menerima permen gratis atau hadiah lainnya, seperti atau bingkisan. Selain itu, kamu harus memakan bagian yang dipotong saat pergi.

 

Makna kebahagiaan

Secara tradisional, tantangn ini bermakna kebahagiaan. Di mana akan banyak orang yang berkumpul di bawah tenda penjual permen dan semua orang akan menyaksikan kompetisi tersebut. Namun popularitas dari permen dalgona ini menurun sejak 1980-an. Alasannya, kualitas permen yang cenderung rendah dan produksi yang tidak higienis.

Perkembang teknologi yang cukup pesat memungkinkan masyarakat untuk membuatnya secara otomatis menggunakan alat. Namun karena kembali naik daun lewat serial Squid Game, banyak orang yang mencoba untuk membuatnya secara tradisional.

 

Cara pembuatan

Secara tradisional, kamu hanya membutuhkan gula merah dan soda kue. Tuang gula ke dalam sendok logam dan panaskan dengan api. Aduk hingga gula meleleh.

Taburkan sejumput baking soda ke dalam gula dan aduk dengan kuat hingga semua tercampur rata. Terakhir, tuang gula cair ke atas kertas roti dan tekan pemotong kue ke atas adonan. Biarkan ia mengeras dengan suhu ruangan.

Simak video berikut ini

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela